RPP Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Pembelajaran 1

 on Monday, June 23, 2014  

RPP Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Pembelajaran 1 - Berikut ini rencana pembelajaran tematik terpadu integrasi kelas 2 semester 1 tema 1, yaitu hidup rukun dengan sub tema 1 (satu) dan pembelajaran 1 (satu).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan:  Sekolah Dasar Negeri Tambaharjo Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen
Kelas/Semester: II (dua)/1 (satu)
Tahun Pelajaran 2014/2015
Tema:  Hidup Rukun
Alokasi Waktu: 5 x 35 menit.

A.     KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
RPP Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Pembelajaran 1

B.    KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.3  Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan  di sekolah.
3.3.1 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
4.3  Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
4.3.1 Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.
Bahasa Indonesia
3.3  Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Menentukan karakter setiap individu di rumah.
3.3.2 Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
4.3  Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan
dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5.1Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.5.1 Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.SBDP
Matematika
3.1  Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.1 Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.2 Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan  blok dienes (kubus satuan).
4.1  Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan bilangan yang kurang dari 100
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan
kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100
Seni, Budaya, dan Prakarya
3.2  Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama
rata dengan alat musik ritmis.
3.2.1  Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.8  Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
4.8.1  Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga. 

D.    TUJUAN
  1. Dengan mengamati gambar tentang berbagai gerakan aktivitas jasmani, siswa dapat mengidentifikasi gerakan  variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan teliti.
  2. Dengan “Permainan Sutradara”, siswa dapat melakukan gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan percaya diri.
  3. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
  4. Dengan membaca teks percakapan dan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri.
  5. Dengan tanya jawab dan penugasan, siswa dapat menyebutkan cara menjaga sikap kerukunan dalam keberagaman dengan bahasa yang santun.
  6. Dengan penugasan dan diskusi, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri.
  7. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri.
D. MATERI
  1. Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
  2. Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
  3. Menentukan karakter setiap individu di rumah.
  4. Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
  5. Membaca teks permintaan maaf.
  6. Memperagakan contoh ucapan permohonan maaf.
  7. Membilang sampai 500.
  8. Melengkapi deret bilangan berpola +1.
  9. Menulis teks buku harian.
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan     : Scientific
Strategi        : Cooperative Learning
Teknik        : Example Non Example
Metode        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

F. MEDIA , ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
G. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
 
1. Kegiatan Awal  (10 menit)
  1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
  2. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
  3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
  4. Mengajak Semua Siswa menyanyi  “ SAYANG SEMUA”
  5. Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang gambar
  6. Menuliskan pertanyaan beserta jawaban berdasarkan gambar pada buku siswa.
Contoh:
Pertanyaan  : Apa yang sedang dilakukan Udin dan Mutiara?
Jawab  :  Mutiara dan Udin sedang membaca buku.
Pertanyaan  :................................................................
Jawaban  :  ................................................................

2. Kegiatan Inti (150 menit)

  1. Guru memperkenalkan alat musik ritmis kepada siswa (mengamati).
  2. Alat musik ritmis adalah alat musik tak bernada. Alat musik ritmis digunakan untuk keteraturan irama lagu. Cara memainkan alat musik ritmis dengan dipukul, baik dipukul dengan tangan maupun dengan alat, atau dikocok. Contoh alat musik ritmis di antaranya: rebana, drum, talempong, gendang, tamborin, marakas, dan lain sebagainya.
  3. Pola irama yaitu panjang pendeknya bunyi. Panjang pendeknya bunyi dapat dihitung berdasarkan ketukan. Ketukan merupakan bunyi yang teratur yang dapat diibaratkan seperti bunyi detak jarum jam.
  4. Pola irama berjalan menurut birama. Birama yaitu kuat lemahnya bunnyi dalam lagu. Kuat lemahnya bunyi dibatasi garis yang disebut garis birama. Birama ditandai dengan tanda birama. Contoh tanda birama yaitu 4/4. Birama 4/4 artinya setiap birama ada empat ketukan.
  5. Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” secara bersamasama dengan percaya diri (mencoba).
  6. Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Ruri Abangku” sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
  7. Siswa dibimbing memainkan alat musik ritmis (mengamati).
  8. Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dengan memainkan alat musik ritimis (mencoba).
  9. Siswa diajak menyanyikan lagu lain yang mempunyai birama 2/4 (mencoba).
  10. Siswa mengidentifikasi pola irama pada lagu yang dinyanyikan tersebut menggunakan alat musik ritmis (menalar).
  11. Siswa memainkan pola irama pada lagu berbirama 2/4 menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
  12. Siswa membedakan pola irama pada lagu “Ruri Abangku” dengan lagu lain berbirama 2/4 yang telah dinyanyikan tersebut (menalar).
  13. Siswa membaca nyaring syair lagu (mengamati).
  14. Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
  15. Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi).
  16. Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya.
  17. Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”  untuk mencairkan suasana dan kepenatan setelah belajar beberapa jam.
  18. Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu.
  19. Memberi contoh sikap yang benar dalam menyanyi.
  20. Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
  21. Menggunakan format pengamatan.
  22. Guru mengajak bertanya jawab tentang makna lagu.  Bahwa salah satu dampak dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit.
  23. Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan).
  24. Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses).
  25. Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang rumah yang bersih dan sehat.
  26. Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang.
  27. Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan hidup sehat.
3. Kegiatan Akhir (15 menit)
  1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari.
  2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
  3. Melakukan penilaian hasil belajar.
  4. Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran).
  5. Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb).
  6. Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan.
H.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Diri anak
  2. Lingkungan keluarga
  3. Lingkungan sekolah
  4. Buku Tematik Kelas 2
  5. Buku Pengembangan Diri Anak
  6. Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
  7. Gambar/contoh langsung karya cetak  dengan berbagai bahan alam dan bentuk
  8. Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan alur sederhana
  9. Buku kirigami (seni mengunting)
  10. Buku Pengembangan Diri Anak
I.    PENILAIAN
1.     Prosedur Penilaian
a.     Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.    Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

2.    Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses
•    Penilaian Kinerja
•    Penilaian Produk

b.    Penilaian Hasil Belajar
•    Pilihan ganda
•    Isian singkat
•    Esai atau uraian
 
Guru Kelas 2
RPP Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Pembelajaran 1 4.5 5 Unknown Monday, June 23, 2014 RPP Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Pembelajaran 1 - Berikut ini rencana pembelajaran tematik terpadu integrasi kelas 2 semester 1 tema 1, ya...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar