Kelebihan dan Manfaat Pembelajaran Tematik Terpadu Integratif Kurikulum 2013

 on Monday, June 23, 2014  

Kelebihan dan Manfaat Pembelajaran Tematik Terpadu Integratif Kurikulum 2013 - Pembelajaran Tematik Terpadu atau Tematik Integratif telah dicanangkan oleh pemerintah sejak 2013 dan bertahap dilaksanakan di seluruh sekolah di Indonesia hingga 2015. Pembelajaran tematik terpadu atau integratif atau terintegrasi (integrated thematic instruction, ITI) pada awalnya dikonseptualisasikan tahun 1970-an. Pendekatan pembelajaran tematik terpadu atau integratif pada awalnya dikembangkan untuk anak-anak berbakat dan bertalenta (gifted and talented), cerdas, pada  program perluasan belajar, dan yang belajar cepat.

Pembelajaran Tematik Integratif memiliki banyak kelebihan dibanding pembelajaran sebelumnya. Pembelajaran Tematik Integratif juga memberikan banyak manfaat secara langsung, baik bagi siswa maupun bagi sekolah pada umumnya.

Kelebihan Pembelajaran Tematik Integratif adalah:

Kelebihan dan Manfaat Pembelajaran Tematik Terpadu Integratif Kurikulum 2013
  1. Pada Pembelajaran tematik integratif, premis utama PTP bahwa peserta didik memerlukan peluang tambahan (additional opportunities) untuk menggunakan talentanya.
  2. Pembelajaran tematik integratif menyediakan waktu bersama yang lain untuk secara cepat mengkonseptualisasi dan mensintesis.
  3. Pembelajaran tematik integratif relevan untuk mengakomodasi kualitatif lingkungan belajar.
  4. Pembelajaran tematik integratif menginspirasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar.
  5. Pembelajaran tematik integratif memiliki perbedaan kualitatif (qualitatively different) dengan model pembelajaran lain, karena sifatnya memandu peserta didik mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher levels of thinking) atau keterampilan berpikir dengan mengoptimasi kecerdasan ganda (multiple thinking skills), sebuah proses inovatif bagi pengembangan dimensi sikap, keterampilan dan pengetahuan.
Kekuatan pembelajaran tematik terpadu dapat kita baca pada:
Kekuatan Pembelajaran Tematik Terpadu Dibanding Pembelajaran Lainnya

Manfaat Pendekatan Tematik Terpadu adalah:
  1. Suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan.
  2. Menggunakan kelompok kerjasama, kolaborasi, kelompok belajar, dan strategi pemecahan konflik yang mendorong peserta didik untuk memecahkan masalah.
  3. Mengoptimasi lingkungan belajar sebagai kunci kelas yang ramah otak (brain-friendly classroom).
  4. Peserta didik secara cepat dan tepat waktu mampu memproses informasi. Proses itu tidak hanya menyentuh dimensi kuantitas dan kualitas mengeksplorasi konsep-konsep baru dan membantu peserta didik mengembangkan pengetahuan secara siap.
  5. Proses pembelajaran di kelas mendorong peserta didik berada dalam format ramah otak.
  6. Materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru dapat diaplikasikan langsung oleh peserta didik dalam kehidupannya sehari-hari.
  7. Peserta didik yang relatif mengalami keterlambatan untuk menuntaskan program belajar dapat dibantu oleh guru dengan cara memberikan bimbingan khusus dan menerapkan prinsip belajar tuntas.
  8. Program pembelajaran yang bersifat ramah otak memungkinkan guru untuk mewujudkan ketuntasan belajar dengan menerapkan variasi cara penilaian.
Tahapan pembelajaran tematik bisa kita baca pada:
Tahapan Pembelajaran Tematik Terpadu Integratif dan Ciri Cirinya
Kelebihan dan Manfaat Pembelajaran Tematik Terpadu Integratif Kurikulum 2013 4.5 5 Unknown Monday, June 23, 2014 Kelebihan dan Manfaat Pembelajaran Tematik Terpadu Integratif Kurikulum 2013 - Pembelajaran Tematik Terpadu atau Tematik Integratif telah d...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar