RPP TEMA 1 hidup rukun ST 1 hidup rukun di rumah PB 2

 on Sunday, June 29, 2014  

RPP TEMA 1 hidup rukun ST 1 hidup rukun di rumah PB 2 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan    :    SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester    :    II/1 - Tema/ST/PB    :    1. Hidup Rukun/1. Hidup Rukun di Rumah/2 - Alokasi Waktu    :    1 x pertemuan (5 x 35 menit).

A.    Kempetensi Inti
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator

Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1.    1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.    2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.    3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.    4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

Indikator:
1.    3.3.2 Menyebutkkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi.
2.    4.3.2 Menceritakan kebersamaan keluarga dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi.

Muatan Pelajaran Matematika
KD:
1.    1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.    3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.    4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.

Indikator:
1.    3.1.2 Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
2.    3.1.3 Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.    3.1.8 Membilang loncat.
4.    4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
5.    4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100.

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD:
1.    1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.    2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.    3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.    4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator:
1.    3.3.3 Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga.
2.    3.3.4 Mencatat peran masing-masing anggota keluarga.
3.    4.3.2 Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
4.    4.3.3 Menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis.

Muatan Pelajaran PJOK
KD
1.    1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.    2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
3.    3.2 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.    4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.

Indikator:
1.    3.2.1 Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk permainan sederhana.
2.    4.2.1 Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana.

Muatan Pelajaran SBdP
KD:
1.    1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.    2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mengamati gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan Mutiara, siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan teliti.
2.    Dengan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil, siswa dapat melakukan gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dengan percaya diri.
3.    Dengan membaca teks tentang kegemaran, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan percaya diri.
4.    Dengan mengamati gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati dengan teliti.
5.    Dengan mengamati contoh dan tabel cara membaca lambang bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
6.    Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
7.    Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
8.    Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.
9.    Dengan kegiatan bertanya dan mengamati contoh cerita tentang kegemaran, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi dengan bahasa santun dan percaya diri.
10.    Dengan mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
11.    Setelah membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mencatat peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
12.    Dengan bimbingan guru, siswa dapat menulis buku harian tentang kegiatan hari ini dengan teliti.
13.    Dengan menggunakan teks buku harian yang telah ditulis, siswa dapat membaca teks buku harian kegiatan keluarga dengan teliti dan percaya diri.
14.    Dengan menjawab pertanyaan dan mengamati contoh membuat kesimpulan teks buku harian, siswa dapat menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis dengan teliti.

D.    Materi Pembelajaran
1.    Keberagaman anggota keluarga dan kebersamaan keluarga
2.    Menyebutkan banyak benda, bilangan sampai 500, membilang loncat, dan pola bilangan sederhana.
3.    Karakter setiap individu dan teks bacaan
4.    Kegiatan anggota keluarga dan teks bacaan tentang buku harian

E.    Metode Pembelajaran
1.    Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2.    Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3.    Model: DL, PBL

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media:
a.    Gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan Mutiara.
b.    Gambar permainan lingkaran kecil dan lingkaran besar.
c.    Gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan.
d.    Tabel cara membaca lambang bilangan.
e.    Gambar sisi halaman buku yang berkaitan dengan barisan bilangan.
f.    Gambar kegiatan Udin dan Mutiara yang saling membantu.
2.    Alat: -
3.    Sumber belajar:
-    Irene Maria J. Astuti, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahukuan (10 menit)
1.    Mengucapkan salam
2.    Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
3.    Salah satu siswa maju memimpin do’a
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
4.    Mengkondisikan siswa agar siap belajar.
-    Siapa yang tidak masuk hari ini?
-    Sebelum mulai belajar, coba kalian duduk yang rapi ya!
5.    Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
-    Siapa yang membantu kamu mengerjakan PR di rumah?
6.    Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
-    Selain belajar, apa kegiatanmu di rumah?
-    Dengan siapa kalian melakukan kegiatan di rumah?

Kegiatan Inti (150 menit)
1.    Siswa mengamati gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan Mutiara, meliputi gambar gerak jalan di tempat, gerak mengayunkan kaki, gerak memutar lengan. (mengamati).

RPP TEMA 1 hidup rukun ST 1 hidup rukun di rumah PB 2
2.    Siswa bertanya tentang gambar yang diamati (menanya).
3.    Siswa menjelaskan gambar yang telah diamati (mengomunikasikan).
4.    Siswa dibimbing menirukan gerakan berdasarkan gambar yang telah diamati (mencoba).

Petunjuk Guru:
Gerak Jalan di Tempat
Siswa diminta untuk melakukan gerak jalan di tempat. Siswa berjalan biasa di tempat dengan mengangkat paha. Gerakan bisa divariasikan dengan menghadap ke semua arah. Biarkan siswa bereksplorasi secara bebas.
Gerak Mengayunkan Kaki
Siswa melakukan gerakan ayunan kaki kanan ke depan dan ke belakang. Kaki dalam keadaan lurus. Setelah itu siswa melakukan gerakan yang sama untuk kaki kiri. Gerakan bisa divariasikan dengan kaki ditekuk, kemudian kaki diluruskan. Biarkan siswa bereksplorasi secara bebas.
Gerak Memutar Lengan
Siswa melakukan gerakan membuka lengan ke samping kanan dan kiri. Lengan digerakkan ke atas dan ke bawah. Variasikan gerakan dengan memutar lengan, mula-mula putaran lengan kecil sampai putaran lingkaran besar. Variasikan gerakan dengan memutar lengan bersama badan ke kiri dan ke kanan.

5.    Siswa mengamati gambar permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil dengan teliti (mengamati).
6.    Siswa diberi penjelasan tentang permainan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil yang akan dilakukan (mengamati).

Petunjuk Permainan Lingkaran Besar dan Lingkaran Kecil
a.    Guru membagi siswa menjadi dua kelompok. Kelompok yang satu lebih sedikit dari kelompok yang lain. Kelompok yang lebih kecil membentuk lingkaran di dalam. Kelompok yang besar membentuk lingkaran lebih besar.
1)    Kelompok lingkaran kecil diberi nama kelompok Mangga.
2)    Kelompok lingkaran besar diberi nama kelompok Manggis.
b.    Kelompok yang disebut guru, melakukan gerakan yang sudah ditentukan. Sedangkan kelompok yang tidak disebut guru, berdiam di tempat sambil mendengarkan aba-aba guru selanjutnya.
c.    Gerakan pertama: Jalan di Tempat.
d.    Gerakan kedua: Mengayunkan Kaki.
e.    Gerakan ketiga: Memutar Lengan.

Contoh aba-aba guru
“Gerakan Pertama, Mang….(agak panjang menyebutkan) gis.”
Kelompok Manggis segera melakukan gerakan sesuai perintah.
Kelompok Mangga berdiam. Bila ada yang salah mendengarkan perintah, maka siswa tersebut harus menyanyi.

7.    Siswa melakukan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil di bawah bimbingan guru (mencoba).
8.    Siswa membaca teks tentang kegemaran (mengamati).
9.    Siswa menyebutkan berbagai kegemaran/hobi berdasarkan teks yang telah dibaca (mengomunikasikan).
10.    Siswa menyebutkan kegemaran/hobi anggota keluarganya (mengomunikasikan).
11.    Siswa mengamati gambar cara menghitung benda dengan menggunakan kubus satuan (mengamati).
12.    Siswa menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati (mengomunikasikan).
13.    Siswa mengamati contoh dan tabel cara membaca lambang bilangan (mengamati).
14.    Siswa membaca lambang bilangan berdasarkan tabel. (mengamati).
15.    Siswa membaca lambang bilangan dari beberapa bilangan yang dikemukakan guru (mengomunikasikan).
16.    Siswa mengamati gambar sisi halaman buku yang berkaitan dengan barisan bilangan (mengamati).
17.    Siswa dan guru melakukan tanya jawab terkait gambar yang diamati (menanya).
18.    Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan gambar (mangamati).
19.    Siswa menyebutkan pola bilangan dari barisan bilangan yang telah diamati (menalar).
20.    Siswa dibimbing membuat barisan bilangan dengan pola +2 (mengamati).
21.    Siswa berlatih membuat barisan bilangan dengan pola +2 (menalar).
22.    Siswa diminta bertanya kepada teman tentang kegemarannya dan kegemaran anggota keluarganya yang lain dengan teliti (menanya).
23.    Siswa membaca contoh cerita tentang kegemaran (mengamati).

Contoh Cerita
Aku mempunyai kakak perempuan bernama Mutiara.
Aku dan kakakku berbeda kegemaran.
Aku gemar berolahraga
Kakakku gemar membaca
Aku sering membantu kakakku merapikan bukunya.
Kakakku menermani aku berolahraga setiap pagi.

24.    Siswa bercerita kepada teman tentang cara menjaga kebersamaan dalam keluarga yang berbeda kegemaran (mengomunikasikan).
25.    Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan dalam keluarga (mengamati).
26.    Siswa mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga (menalar).
27.    Siswa mencatat peran masing-masing anggota keluarga (menalar).
28.    Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan hari ini (mencoba).
29.    Siswa membaca teks yang telah ditulis pada buku harian dengan teliti (mengomunikasikan).

Contoh:
a. Buku harianku tentang buku kakak yang sobek.
b. Orang yang aku ceritakan pada buku harianku adalah kakak, teman
kakak, dan diriku sendiri.
c. Kegiatan itu berlangsung pada 12 Juli 2013.

30.    Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teks buku harian yang telah ditulis (menalar).
31.    Siswa mengamati contoh membuat kesimpulan dari teks buku harian (mengamati).
32.    Siswa menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis (mengomunikasikan).

PENGAYAAN
1.    Siswa secara bersama-sama kembali melakukan berbagai gerak nonlokomotor (gerak jalan di tempat, gerak mengayunkan kaki, dan gerak memutar lengan).
2.    Siswa ditugaskan menulis peran masing-masing anggota keluarga di rumah.
3.    Siswa kembali diminta menyebutkan keberagaman kegemaran dalam keluarga.
4.    Siswa diberi tugas tambahan dalam membuat deret bilangan menggunakan pola-pola bilangan sederhana.

REMEDIAL
1.    Bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam melakukan gerak nonlokomotor diberikan bimbingan dan latihan secara berkala.
2.    Bagi siswa yang belum paham dalam menulis peran masing-masing anggota keluarga di rumah, diberikan bimbingan berupa tanya jawab tentang peran-peran anggota keluarga di rumah.
3.    Guru memberikan latihan tambahan bagi siswa yang belum mampu membuat teks buku harian tentang keberagaman kegemaran dalam keluarga.
4.    Guru membimbing siswa yang kesulitan dalam membaca lambang bilangan dan membuat barisan bilangan menggunakan pola-pola bilangan sederhana.

Kegiatan Akhir (15 menit)
1.    Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2.    Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3.    Melakukan penilaian.
4.    Mengajak siswa berdo’a bersama.
5.    Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6.    Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.

H.    Pemilaian
1.    Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
2.    Pengetahuan: tes tertulis
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks buku harian yang ditulis
Jumlah Soal: 3 buah
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
Disesuaikan dengan teks buku harian yang ditulis siswa.

b. Melengkapi deret bilangan berpola +2
Jumlah soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci jawaban
1. 34, 36, 38, 40, 42
2. 25, 27, 29, 31, 33
3. 44, 46, 48, 50, 52
4. 16, 18, 20, 22, 24
5. 33. 35, 37, 39, 41

3. Keterampilan

a. Bermain lingkaran besar dan lingkaran kecil
penilaian: observasi (pengamatan)
Lembar pengamatan bermain lingkaran besar dan lingkaran kecil

b. Membaca lambang bilangan
penilaian: unjuk kerja
Rubrik membaca lambang bilangan

c. Menulis teks buku harian
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis teks buku harian

d. Membaca dan menyimpulkan teks buku harian
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik membaca dan menyimpulkan teks buku harian
RPP TEMA 1 hidup rukun ST 1 hidup rukun di rumah PB 2 4.5 5 Unknown Sunday, June 29, 2014 RPP TEMA 1 hidup rukun ST 1 hidup rukun di rumah PB 2 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan    :    SD Negeri Tambaharjo -...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar