Pengertian Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013

 on Monday, June 23, 2014  

Pengertian Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 - Apakah Pembelajaran Tematik? Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang dilakukan melalui tema sebagai pemersatu, sebagai pusat perhatian yang dipergunakan untuk memahami gejala dan konsep.

Model pembelajaran tematik terpadu (PTP) atau integrated thematic instruction (ITI) pertama kali dikembangkan pada awal tahun 1970-an. PTP diyakini sebagai salah satu model pengajaran yang efektif (highly effective teaching model). Pembelajaran Tematik Terpadu mampu mewadahi dan menyentuh secara terpadu dimensi emosi, fisik, dan akademik.

Secara empirik berhasil memacu percepatan dan meningkatkan kapasitas memori peserta didik (enhance learning and increase long-term memory capabilities of learners) untuk waktu yang panjang.

Pengertian Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013

Mengapa diperlukan pembelajaran tematik terpadu? Alasannya adalah bahwa kecenderungan belajar anak usia sekolah dasar memiliki tiga ciri, yaitu belajar konkret, belajar integratif atau holistik, dan belajar hierarkis.
  1. Konkrit. Konkret adalah cara belajar melalui hal-hal yang dapat dilihat, didengar, dibaui, diraba, dan diotak atik oleh semua panca indera.
  2. Integratif/holistik. Integratif/holistik adalah cara berpikir dari hal umum dulu, baru ke bagian demi bagian.
  3. Hierarkis. Hierarkis adalah cara belajar berkembang secara bertahap.
Model Pembelajaran Tematik Terpadu atau Tematik Integratif adalah pembelajaran dengan model jaring laba-laba (webbed model). Model Pembelajaran Tematik Terpadu berangkat dari pendekatan tematis sebagai acuan dasar bahan dan kegiatan pembelajaran (Robin Fogarty  1991).

Prinsip dan tujuan pemilihan tema bisa kita baca pada:
Prinsip dan Tujuan Pemilihan Tema pada Pembelajaran Tematik Terpadu Integratif
Pengertian Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 4.5 5 Unknown Monday, June 23, 2014 Pengertian Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 - Apakah Pembelajaran Tematik? Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang dila...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar