Kemauan Guru Adalah Kunci Sukses Pendidikan Indonesia

 on Friday, June 13, 2014  

Kemauan Guru Adalah Kunci Sukses Pendidikan Indonesia - Pemerintah telah banyak memberikan banayk bantuan sarana dan prasarana termasuk alat peraga dan media pembelajaran kepada semua sekolah, tinggal bagaimana sekolah tersebut dalam menggunakan semua bantuan fasilitas tersebut. Pembelajaran akan berkesan pada siswa ketika dilakukan dengan menggunakan alat peraga dan media pembelajaran yang sesuai.

Namun kenyataan di lapangan, seorang guru biasanya dalam mengajar masih menggunakan sistem lama, yaitu ceramah dan tugas semata. Memang tidak semua guru, ada guru yang dengan terampil menggunakan fasilitas itu. Pemanfaatan fasilitas yang tersedia sangat mendukung keberhasilan pendidikan.

Alasan mengapa guru enggan menggunakan fasilitas tersebut adalah repot alias ribet. Di sini dituntut keikhlasan guru untuk meluangkan sedikit waktu dan tenaganya dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dan media pembelajaran yang cocok.

Kemauan Guru Adalah Kunci Sukses Pendidikan Indonesia

Contoh nyata di lapangan, ketika guru membelajarkan tentang anatomi tubuh manusia. Guru lebih memilih menggunakan gambar yang terdapat di dalam buku teks dan memberikan penjelasan melalui ceramah ketimbang menggunakan torso yang telah tersedia di sekolah masing-masing.

Padahal tidak semua siswa mampu menangkap dan memahami apa yang disampaikan oleh guru melalui ceramah dan penjelasan gambar saja. Dengan menggunakan torso, siswa akan lebih faham karena torso mewakili wujud aslinya, dengan demikian materi yang disampaikan oleh guru akan berkesan pada siswa.

Selain penggunaan fasilitas berupa alat peraga dan media pembelajaran, lingkungan sekitar juga sangat bermanfaat dalam mendukung keberhasilan pendidikan. Sekali lagi tinggal bagaiman gurunya, maukah menggunakan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran.

Penggunaan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran itu sesuai dengan model pembelajaran CTL (Contactual Teaching and Learning), yaitu pembelajaran yang menghubungkan materi pembelajaran dengan dunia nyata siswa di lapangan/lingkungan.

Model pembelajaran CTL telah terbukti dapat mendukung keberhasilan pembelajaran. Sebagai contoh, jika seorang guru menyampaikan materi tentang mencangkok hanya dengan bantuan gambar dan penjelasan saja, sudah bisa dipastikan ketika pembelajaran usai, maka anak akan lupa cara mencangkok. Akan berbeda hasilnya jika guru mengajak siswa keluar kelas dan praktek mencangkok langsung pada tumbuhan di sekitar sekolah.

Lagi-lagi repot dan ribet menjadi alasannya.

Kesimpulannya adalah kemauan guru sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan pada umumnya.
Kemauan Guru Adalah Kunci Sukses Pendidikan Indonesia 4.5 5 Unknown Friday, June 13, 2014 Kemauan Guru Adalah Kunci Sukses Pendidikan Indonesia - Pemerintah telah banyak memberikan banayk bantuan sarana dan prasarana termasuk ala...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar