Bagaimana Rancangan Kompetensi untuk Kurikulum 2013

 on Tuesday, June 17, 2014  

Bagaimana Rancangan Kompetensi untuk Kurikulum 2013 - Salah satu karakteristik Kurikulum 2013 adalah terletak pada rancangan kompetensinya. Karekteristik Kurikulum 2013 ini menitik beratkan pengembangannya pada 4 aspek, yaitu religius, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Masing-masing aspek tersebut harus terintegrasi dan dijabarkan pada setiap pembelajaran. Pada jenjang sekolah dasar, model pembelajaran yang diterapkan adalah model tematik terpadu.

Kompetensi untuk Kurikulum 2013 ini didesain sedemikian rupa agar mencakup 4 aspek tersebut di atas. Berikut ini 8 rancangan kompetensi untuk Kurikulum 2013 sebagai karakteristiknya:

Bagaimana Rancangan Kompetensi untuk Kurikulum 2013
  1. Isi kurikulum 2013 yakni kompetensi dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti (KI) kelas dan dirinci lebih lanjut dalam Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran.
  2. Kompetensi Inti merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yaitu kognitif dan psikomotorik yang harus dipelajari siswa untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran. Kompetensi Inti adalah kualitas yang harus dimiliki oleh seorang siswa untuk setiap kelas melalui pembelajaran kompetensi dasar yang diorganisasikan dalam proses pembelajaran siswa aktif.
  3. KD merupakan kompetensi yang harus dipelajari siswa untuk suatu tema untuk SD/MI, dan untuk mata pelajaran di kelas tertentu untuk SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK.
  4. KI dan KD di jenjang pendidikan dasar diutamakan pada ranah sikap, sedangkan pada jenjang pendidikan menengah diutamakan pada kemampuan intelektual atau kemampuan kognitif yang tinggi.
  5. KI menjadi unsur organisatoris atau organizing elements KD, yaitu semua KD dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi dalam KI.
  6. Kompetensi Dasar yang dikembangkan didasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat, dan memperkaya antar mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).
  7. Silabus dikembangkan sebagai rancangan belajar untuk suatu tema (SD/MI) atau satu kelas dan satu mata pelajaran (SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK). Dalam silabus tercantum seluruh KD untuk tema atau mata pelajaran di kelas tersebut.
  8. RPP dikembangkan dari setiap Kompetensi Dasar yang untuk mata pelajaran dan kelas tersebut.
Bagaimana Rancangan Kompetensi untuk Kurikulum 2013 4.5 5 Unknown Tuesday, June 17, 2014 Bagaimana Rancangan Kompetensi untuk Kurikulum 2013 - Salah satu karakteristik Kurikulum 2013 adalah terletak pada rancangan kompetensinya....


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar