Apa Perbedaan Kurikulum KTSP dengan Kurikulum 2013 saat ini

 on Saturday, June 14, 2014  

Apa Perbedaan Kurikulum KTSP dengan Kurikulum 2013 saat ini -Hampir setiap tahun kurikulum diadakan perbaikan bahkan penggantian dengan yang baru. Hal ini dilakukan demi penyempurnaan sistem pendidikan nasional yang tujuan akhirnya demi meningkatnya mutu pendidikan di Indonesia tercinta ini. Kurikulum 2013 merupakan penyempurnaan dari kurikulum KTSP, sehingga terdapat perbedaan di sana sini. Kurikulum 2013 penerapannya dilakukan secara bertahap. Sebagai tahap awal, yaitu tahap uji coba dilakukan di beberapa sekolah pilihan yang telah ditentukan sebagai percontohan. Sedangkan sekolah lainnya menunggu giliran untuk mendapatkan sosialisasi dan pelaksanaanya.

Seperti misalnya di daerah Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, sosialisai kurikulum 2013 sudah mulai dilaksanakan secara bertahap. Lokasi sosialisasi di tempatkan di beberapa titik kecamatan, yaitu di Kecamatan Sruweng, Karanggayam, Petanahan, dan Kuwarasan. Sosialisasi dilaksanakan dengan tujuan agar penerapan kurikulum 2013 nantinya di sekolah tidak mengalami kendala, karena memang kurikulum baru ini berbeda dengan kurikulum sebelumnya, yaitu KTSP.

Apa Perbedaan Kurikulum KTSP dengan Kurikulum 2013 saat ini

Berikut ini Perbedaan Kurikulum KTSP dengan Kurikulum 2013 saat ini:
  1. Kurikulum 2013, SKL (Standar Kompetensi Lulusan) ditentukan terlebih dahulu, melalui Permendikbud No 54 Tahun 2013. Setelah itu baru ditentukan Standar Isi, yang bebentuk Kerangka Dasar Kurikulum, yang dituangkan dalam Permendikbud No 67, 68, 69, dan 70 Tahun 2013. Sedangkan KTSP, Standar Isi ditentukan terlebih dahulu melaui Permendiknas No 22 Tahun 2006. Setelah itu ditentukan SKL (Standar Kompetensi Lulusan) melalui Permendiknas No 23 Tahun 2006.
  2. Kurikulum 2013, Aspek kompetensi lulusan ada keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Sedangkan KTSP, lebih menekankan pada aspek pengetahuan.
  3. Kurikulum 2013, di jenjang SD Tematik Terpadu untuk kelas I-VI. Sedangkan KTSP, di jenjang SD Tematik Terpadu untuk kelas I-III.
  4. Kurikulum 2013, Jumlah jam pelajaran per minggu lebih banyak dan jumlah mata pelajaran lebih sedikit dibanding KTSP. Sedangkan KTSP, Jumlah jam pelajaran lebih sedikit dan jumlah mata pelajaran lebih banyak dibanding Kurikulum 2013.
  5. Kurikulum 2013, Proses pembelajaran setiap tema di jenjang SD dan semua mata pelajaran di jenjang SMP/SMA/SMK dilakukan dengan pendekatan ilmiah (saintific approach), yaitu standar proses dalam pembelajaran terdiri dari Mengamati, Menanya, Mengolah, Menyajikan, Menyimpulkan, dan Mencipta. Sedangkan KTSP, Standar proses dalam pembelajaran terdiri dari Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi.
  6. Kurikulum 2013, TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) bukan sebagai mata pelajaran, melainkan sebagai media pembelajaran. Sedangkan KTSP, TIK sebagai mata pelajaran.
  7. Kurikulum 2013, Standar penilaian menggunakan penilaian otentik, yaitu mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil. Sedangkan KTSP, Penilaiannya lebih dominan pada aspek pengetahuan.
  8. Kurikulum 2013, Pramuka menjadi ekstrakuler wajib. Sedangkan KTSP, Pramuka bukan ekstrakurikuler wajib.
  9. Kurikulum 2013, Pemintan (Penjurusan) mulai kelas X untuk jenjang SMA/MA. Sedangkan KTSP, Penjurusan mulai kelas XI.
  10. Kurikulum 2013, BK lebih menekankan mengembangkan potensi siswa    BK lebih pada menyelesaikan masalah siswa.
Apa Perbedaan Kurikulum KTSP dengan Kurikulum 2013 saat ini 4.5 5 Unknown Saturday, June 14, 2014 Apa Perbedaan Kurikulum KTSP dengan Kurikulum 2013 saat ini -Hampir setiap tahun kurikulum diadakan perbaikan bahkan penggantian dengan yan...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar