Hasil yang Diharapkan atas Pengembangan Kurikulum 2013

 on Monday, June 16, 2014  

Hasil yang Diharapkan atas Pengembangan Kurikulum 2013 - Setiap pengembangan pasti memiliki dampak yang baik, demikian juga dengan pengembangan Kurikulum 2013. Pengembangan Kurikulum 2013 mengacu pada beberapa hal, khususnya perubahan pada output, yaitu kompetensi peserta didik, yang berupa menjadi peserta didik yang bermutu yang mampu dan proaktif dalam menjawab tantangan jaman yang akan dan selalu berubah. Selain itu juga agar peserta didik menjadi manusia terdidik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, berilmu cakap kreatif, dan mandiri dalam segala hal. Dan juga agar siswa menjadi warga negara yang demokratis dan lebih bertanggung jawab.

Berikut ini perubahan yang diharapkan atas pengembangan Kurikulum 2013:

Hasil yang Diharapkan atas Pengembangan Kurikulum 2013
  1. Perubahan pada kompetensi peserta didik supaya lebih produktif, kreatif, inovatif, afektif, lebih bergairah dan senang di sekolah dan senang belajar.
  2. Perubahan pada pendidik dan tenaga kependidikan yang berupa, pendidik dan tenaga kependidikan lebih bergairah dalam mengajar dan lebih mudah dalam memenuhi ketentuan 24 jam per minggu.
  3. Perubahan pada manajemen satuan pendidikan, yaitu lebih mengedepankan pada layanan pembelajaran, termasuk juga bimbingan dan penyuluhan. Juga perubahan sebagai antisipasi atas semaraknya variasi kegiatan pembelajaran.
  4. Perubahan pada masyarakat umum, yaitu untuk memperoleh lulusan sekolah yang kompeten, kebutuhan pendidikan dapat dipenuhi oleh sekolah, dan dapat meningkatkan kesejahteraannya.
  5. Perubahan terhadap negara dan bangsa yang meliputi meningkatkan reputasi internasional dalam bidang pendidkan, meningkatkan daya saing, dan berkembangnya Peradaban Bangsa.
Perubahan yang diharapkan ini dapat tercapai jika pengembangan Kurikulum 2013 ini diimplementasikan oleh guru dalam pembelajaran secara tepat dan konsisten.

Agar implementasi terhadap Kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru dapat tepat dan konsisten, maka guuru perlu ditingkatkan kompetensinya, khusunya supaya mengenal dan mengetahui secara mendalam tentang Kurikulum 2013 ini dengan segala pengembangannya.
Hasil yang Diharapkan atas Pengembangan Kurikulum 2013 4.5 5 Unknown Monday, June 16, 2014 Hasil yang Diharapkan atas Pengembangan Kurikulum 2013 - Setiap pengembangan pasti memiliki dampak yang baik, demikian juga dengan pengemba...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar