Apa Latar Belakang Pengembangan Kurikulum 2013

 on Monday, June 16, 2014  

Apa Latar Belakang Pengembangan Kurikulum 2013 - Kurikulum adalah nyawanya pendidikan. Kurikulum yang berkualitas adalah syarat mutlak keberhasilan pendidikan. Untuk memperoleh kurikulum yang berkualitas, maka perlu dilakukan pengembangan agar sesuai dengan perkembangan jaman saat ini. Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu. Kurikulum merupakan salah satu unsur yang memberikan sumbangan dalam mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi siswa. Kurikulum 2013 dikembangkan berbasis pada kompetensi yang sangat diperlukan sebagai instrumen untuk mengarahkan siswa menjadi lebih baik.

Tujuan pengembangan kurikulum 2013 ini di antaranya adalah agar siswa menjadi:

Apa Latar Belakang Pengembangan Kurikulum 2013
  1. Manusia yang bermutu yang mampu dan proaktif dalam menjawab tantangan jaman yang akan dan selalu berubah.
  2. Agar siswa menjadi manusia terdidik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, berilmu cakap kreatif, dan mandiri dalam segala hal.
  3. Agar siswa menjadi warga negara yang demokratis dan lebih bertanggung jawab.
Latar belakang perlunya pengembangan kurikulum 2013 adalah karena adanya berbagai tantangan jaman yang dihadapi, baik tantangan internal ataupun tantangan eksternal.

Tantangan internal berupa pemenuhan 8 standar nasional pendidikan dan perkembangan penduduk Indonesia.

Tantangan eksternal berupa tantangan masa depan, kompetensi yang diperlukan di masa depan, persepsi masyarakat, perkembangan pengetahuan dan pedagogi, dan fenomena buruk yang terjadi sekarang ini.
Apa Latar Belakang Pengembangan Kurikulum 2013 4.5 5 Unknown Monday, June 16, 2014 Apa Latar Belakang Pengembangan Kurikulum 2013 - Kurikulum adalah nyawanya pendidikan. Kurikulum yang berkualitas adalah syarat mutlak kebe...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar