Guru Tidak Harus Kagetan dengan Kebijakan Baru dari Pemerintah

 on Saturday, June 14, 2014  

Guru Tidak Harus Kagetan dengan Kebijakan Baru dari Pemerintah - Dunia peandidikan indonesia selalu mengalami pembaharuan setiap tahunnya. Itu adalah hal yang wajar untuk mencapai suatu hasil pendidikan yang berkualitas. Pemerintah akan selalu membuat perubahan baru untuk menuju kesempurnaan sistem pendidikan nasional dengan mengadopsi berbagai model pendidikan negara maju. Penemuan baru dibidang pendidikan selalu diupayakan oleh pemerintah.

Kesemua itu dilakukan demi satu tujuan pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, sebagai seorang guru, kita harus siap menghadapi semua perubahan itu. Jika kita merasa kewalahan dan keberatan, maka hasil yang kita dapatkan ya kuwalahan dan berat dalam menjalankan misi pendidikan ini untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sebagai seorang guru, tentu telah tertempa jiwa dan mentalnya ketika menempuh pendidikan dulu, baik SPG, S1, maupun  S2. Semua tergantung pemikiran para guru, jika mereka ingin maju, maka segala kebijakan dan inovasi baru akan diterimanya dengan lapang dada dan berbesar hati. Toh kita memiliki motto yang sering kita sampaikan kepada peserta didik, yaitu belajar sepanjang hayat.

Guru Tidak Harus Kagetan dengan Kebijakan Baru dari Pemerintah

Kata bijak tersebut jangan hanya diterapkan ke anak didik, melainkan guru juga harus menjalankannya agar seimbang antara guru dengan murid. Jangan JARKONI istilah Jawa yang artinya, mengajarkan tapi tidak melakukan.

Mengapa guru harus selalu belajar dan belajar menghadapi pembaharuan pendidikan. Jika guru pasif dan tidak mau menerima inovasi baru, maka ia akan kalah dan tersaingi oleh muridnya.

Sebagai contoh, perkembangan IT yang telah masuk ke dunia pendidikan. Jika guru tidak mau belajar tentang IT, maka ia akan kalah dengan siswanya. Mereka siswa yang berasal dari kalangan menengah ke atas, akan diberi fasilitas modern oelh orang tuanya untuk menunjang pendidikan anaknya, misalnya laptop dengan fasilitas internet.

Apa yang akan terjadi jika siswa lebih mengerti internet dari pada gurunya?

Berdasarkan alasan di atas, maka guru harus menyingsingkan lengan baju, membuka pikiran untuk menerima segala perubahan dan pembaharuan di dunia pendidikan kita.

Kesimpulannya adalah:
  1. Guru siap dengan Kebijakan Baru dari Pemerintah
  2. Guru harus selalu membuka pikirannya untuk belajar kembali tentang segala macam pembaharuan di bidang pendidikan
Guru Tidak Harus Kagetan dengan Kebijakan Baru dari Pemerintah 4.5 5 Unknown Saturday, June 14, 2014 Guru Tidak Harus Kagetan dengan Kebijakan Baru dari Pemerintah - Dunia peandidikan indonesia selalu mengalami pembaharuan setiap tahunnya. ...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar