RPP Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun ST 1 Hidup Rukun di Rumah PB 3 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan : SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester : II/1 - Tema/ST/PB : 1. Hidup Rukun/1. Hidup Rukun di Rumah/3 - Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (5 x 35 menit)
A. Kempetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Muatan Pelajaran SBdP
KD:
1. 1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2. 2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3. 3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4. 4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
5. 3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
6. 4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda.
Indikator:
1. 3.1.1 Mengidentifikasi bahanbahan dalam membuat karya seni rupa.
2. 4.3.1 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
3. 3.2.2 Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
4. 4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
Muatan Pelajaran Matematika
KD:
1. 1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. 2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3. 3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4. 4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
Indikator:
1. 3.1.3 Membaca lambang bilangan sampai 500.
2. 3.1.8 Membilang loncat.
3. 4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4. 4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100.
Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD:
1. 1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2. 2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3. 3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4. 4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
1. 3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
2. 3.5.2 Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
3. 4.5.1 Membaca teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1. 1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2. 2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
Muatan Pelajaran PJOK
KD
1. 1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2. 2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan menyanyikan lagu “Main Ayunan”, siswa dapat menunjukkan berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis secara teliti.
2. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
3. Dengan bimbingan guru, siswa dapat mengubah syair lagu “Main Ayunan” menjadi sebuah cerita dengan menggunakan bahasa yang santun.
4. Dengan mengamati alam sekitar, siswa dapat mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa dengan teleti.
5. Dari teks cerita yang telah dibuat, siswa dapat menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar dengan teliti.
6. Dengan menggunakan teks percakapan “Buku Kakak Sobek”, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan santun dan percaya diri.
7. 7. Dengan membaca teks percakapan “Buku Kakak Sobek”, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
8. Dengan beberapa contoh sikap yang dikemukakan guru, siswa dapat membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
9. Dengan berdiskusi sesama teman sebangku, siswa dapat membaca membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
10. Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
11. Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
12. Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.
D. Materi Pembelajaran
1. Bahan-bahan membuat karya seni rupa
2. Menggambar imajinatif
3. Pola irama lagu
4. Bilangan sampai 500
5. Membilang loncat
6. Pola bilangan sederhana
7. Contoh sikap hidup rukun dalam keluarga
8. Teks permintaan maaf
E. Metode Pembelajaran
1. Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2. Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3. Model: DL, PBL
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Teks lagu “Main Ayunan”.
b. Gambar Udin dan Mutiara bermain ayunan.
c. Teks bermain peran “Buku Kakak Sobek”.
d. Gambar kartu bilangan yang ditempelkan pada ayunan.
2. Alat: -
3. Sumber belajar:
- Irene Maria J. Astuti, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahukuan (10 menit)
1. Mengucapkan salam
2. Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
3. Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
4. Mengkondisikan siswa agar siap belajar.
- Siapa yang tidak masuk hari ini?
- Sebelum mulai belajar, coba kalian duduk yang rapi ya!
5. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
- Selain belajar, apa kegiatanmu di rumah?
- Dengan siapa kalian melakukan kegiatan di rumah?
6. Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
- Jika melakukan kesalahan di rumah, apa yang akan kalian lakukan?
A. Kempetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Muatan Pelajaran SBdP
KD:
1. 1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2. 2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3. 3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4. 4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
5. 3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
6. 4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda.
Indikator:
1. 3.1.1 Mengidentifikasi bahanbahan dalam membuat karya seni rupa.
2. 4.3.1 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
3. 3.2.2 Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
4. 4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
Muatan Pelajaran Matematika
KD:
1. 1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. 2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3. 3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4. 4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
Indikator:
1. 3.1.3 Membaca lambang bilangan sampai 500.
2. 3.1.8 Membilang loncat.
3. 4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4. 4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100.
Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD:
1. 1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2. 2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3. 3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4. 4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
1. 3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
2. 3.5.2 Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
3. 4.5.1 Membaca teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1. 1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2. 2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
Muatan Pelajaran PJOK
KD
1. 1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2. 2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan menyanyikan lagu “Main Ayunan”, siswa dapat menunjukkan berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis secara teliti.
2. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
3. Dengan bimbingan guru, siswa dapat mengubah syair lagu “Main Ayunan” menjadi sebuah cerita dengan menggunakan bahasa yang santun.
4. Dengan mengamati alam sekitar, siswa dapat mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa dengan teleti.
5. Dari teks cerita yang telah dibuat, siswa dapat menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar dengan teliti.
6. Dengan menggunakan teks percakapan “Buku Kakak Sobek”, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan santun dan percaya diri.
7. 7. Dengan membaca teks percakapan “Buku Kakak Sobek”, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
8. Dengan beberapa contoh sikap yang dikemukakan guru, siswa dapat membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
9. Dengan berdiskusi sesama teman sebangku, siswa dapat membaca membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
10. Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
11. Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
12. Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.
D. Materi Pembelajaran
1. Bahan-bahan membuat karya seni rupa
2. Menggambar imajinatif
3. Pola irama lagu
4. Bilangan sampai 500
5. Membilang loncat
6. Pola bilangan sederhana
7. Contoh sikap hidup rukun dalam keluarga
8. Teks permintaan maaf
E. Metode Pembelajaran
1. Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2. Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3. Model: DL, PBL
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Teks lagu “Main Ayunan”.
b. Gambar Udin dan Mutiara bermain ayunan.
c. Teks bermain peran “Buku Kakak Sobek”.
d. Gambar kartu bilangan yang ditempelkan pada ayunan.
2. Alat: -
3. Sumber belajar:
- Irene Maria J. Astuti, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahukuan (10 menit)
1. Mengucapkan salam
2. Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
3. Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
4. Mengkondisikan siswa agar siap belajar.
- Siapa yang tidak masuk hari ini?
- Sebelum mulai belajar, coba kalian duduk yang rapi ya!
5. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
- Selain belajar, apa kegiatanmu di rumah?
- Dengan siapa kalian melakukan kegiatan di rumah?
6. Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
- Jika melakukan kesalahan di rumah, apa yang akan kalian lakukan?
Kegiatan Inti (150 menit)
1. Siswa diperkenalkan dengan lagu “Main Ayunan” (mengamati).
2. Siswa menyanyikan lagu “Main Ayunan” secara bersamasama dengan percaya diri (mencoba).
3. Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Main Ayunan” sesuai ketukan menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
4. Siswa dibimbing memainkan pola irama lagu “Main Ayunan” dengan menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
5. Siswa memainkan pola irama bervariasi pada lagu “Main Ayunan” dengan menggunakan dua alat musik ritmik yang berbeda (mencoba).
6. Guru membacakan syair lagu seperti membaca puisi, siswa diminta menyimak (mengamati).
7. Siswa membaca syair lagu seperti yang telah dicontohkan guru (mencoba).
8. Siswa membuat pertanyaan yang berkaitan dengan teks lagu “Main Ayunan” (menanya).
9. Siswa menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dengan teman.
10. Siswa menjawab pertanyaan yang ditukarkan (menalar).
11. Siswa mengubah syair lagu “Main Ayunan” menjadi sebuah cerita menggunakan bahasa yang santun (menalar).
Contoh:
Ada kakak beradik sedangn bermain ayunan.
Kakak mengayun adiknya di atas ayunan.
Ayunan bergerak meninggi dan menurun.
Adik senang bermain ayunan bersama kakak.
12. Siswa mengamati alam sekitar (mengamati).
13. Siswa mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa berdasarkan pengamatan (mencoba).
14. Siswa menyebutkan alat dan bahan yang biasa digunakan dalam menggambar. (mengomunikasikan).
15. Siswa menghias cerita yang telah ditulis dengan menggambar imajinatif menggunakan pensil warna atau krayon (mencoba).
16. Siswa bermain peran berdasarkan teks percakapan “Buku Kakak Sobek” dengan percaya diri (mencoba).
17. Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga (menalar).
18. Siswa membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga berdasarkan beberapa contoh yang dikemukakan guru (mencoba).
19. Siswa berdiskusi dengan teman sebangku tentang cara membaca lambang bilangan yang ada pada gambar dengan santun (menanya).
20. Siswa secara bergantian membaca lambang bilangan yang pada gambar tersebut (mengomunikasikan).
21. Siswa mengamati sebuah barisan bilangan (mangamati).
22. Siswa menyebutkan pola bilangan pada barisan bilangan yang diamati (menalar).
23. Siswa melengkapi barisan bilangan berpola +3 (menalar).
PENGAYAAN
1. Siswa kembali menyanyikan lagu “Main Ayunan” menggunakan alat musik ritmis.
2. Siswa ditugaskan menuliskan kalimat permohonan maaf yang santun.
3. Siswa ditugaskan menentukan pola bilangan dari beberapa deret bilangan yang dikemukakan guru.
REMEDIAL
1. Guru membimbing siswa yang kesulitan memainkan pola irama menggunakan alat music ritmis.
2. Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan menulis kalimat permohonan maaf.
3. Bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam menentukan pola bilangan pada deret bilangan diberikan bimbingan dan latihan tambahan.
Kegiatan Akhir (15 menit)
1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3. Melakukan penilaian.
4. Mengajak siswa berdo’a bersama.
5. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6. Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.
H. Pemilaian
1. Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
2. Pengetahuan: tes tertulis
Tes tertulis: Skor
a. Membuat pertanyaan berdasarkan teks lagu
Banyak soal : 1 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 100
Jawaban disesaikan dengan pendapat siswa.
b. Melengkapi deret bilangan berpola +3
Banyak soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor jawaban: 20
Kunci Jawaban:
1. 27, 30, 33, 36, 39
2. 29, 32, 35, 38, 41
3. 38, 41, 44, 47, 50
4. 42, 45, 48, 51, 54
5. 42, 45, 48, 51, 54
3. Keterampilan
c. Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
d. Mengubah syair lagu menjadi cerita dengan berkreasi
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian mengubah syair lagu menjadi cerita dengan berkreasi
e. Bermain peran
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik bermain peran
f. Membaca lambang bilangan
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik membaca lambang bilangan
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar