Prinsip dan Tujuan Pemilihan Tema pada Pembelajaran Tematik Terpadu Integratif - Tema merupakan pemersatu dalam model pembelajaran tematik terpadu integratif yang dikembangkan dalam kurikulum 2013. Untuk dapat memilih tema yang tepat, guru harus memiliki pengetahuan dan wawasan tentang pembelajaran tematik.
Guru juga harus memiliki pemahaman yang luas tentang pembelajaran tematik yang sesuai dengan perkembangan peserta didik kelas awal Sekolah Dasar. Selain itu guru harus memiliki keterampilan dalam menyusun perencanaan, melaksanakan dan, melakukan penilaian dalam pembelajaran tematik.
Berikut ini adalah Prinsip-Prinsip dalam Pemilihan Tema pada model pembelajaran tematik terpadu integratif:
Berikut ini adalah Prinsip-Prinsip dalam Pemilihan Tema pada model pembelajaran tematik terpadu integratif:
- Tema tidak terlalu luas.
- Tema bermakna.
- Harus sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
- Mampu mewadahi sebag. besar minat anak.
- Mempertimbangkan peristiwa otentik.
- Mempertimbangkan kurikulum yang berlaku dan harapan masyarakat.
- Mempertimbangkan ketersediaan sumber belajar
Berikut ini adalah tujuan pemilihan tema pada model pembelajaran tematik terpadu atau tematik integratif pada kurikulum 2013:
- Agar mudah dalam memusatkan perhatian pada satu topik.
- Mempelajari dan mengembangkan berbagai mata pelajaran dalam tema yg sama.
- Pemahaman terhadap materi lebih mendalam dan berkesan.
- Mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dg mengaitkan berbagai mata pelajaran dg pengalaman pribadi anak.
- Belajar lebih bergairah karena dapat berkomunikasi dalam situasi nyata.
- Lebih merasakan manfaat dan makna belajar.
- Guru dapat menghemat waktu.
- Budi pekerti dan moral anak dapat ditumbuhkan.
Pengertian Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar