RPP TEMA 1 Hidup Rukun ST 1 Hidup Rukun di Rumah PB 1 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan: SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester: II/1 - Tema/ST/PB: 1. Hidup Rukun/1. Hidup Rukun di Rumah/1 - Alokasi Waktu: 1 x pertemuan (5 x 35 menit).
A. Kempetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Muatan Pelajaran PJOK
KD
1. 1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2. 2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
Muatan Pelajaran Matematika
KD:
1. 1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. 2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3. 3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4. 4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
Indikator:
1. 3.1.1 Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
2. 3.1.2 Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
3. 4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4. 4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100
Muatan Pelajaran SBdP
KD:
1. 1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2. 2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3. 3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat music ritmis.
4. 4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
Indikator:
1. 3.2.1 Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
2. 4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD:
1. 1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2. 2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3. 3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4. 4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
5. 3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
6. 4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
1. 3.3.1 Menentukan karakter setiap individu di rumah.
2. 3.3.2 Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
3. 3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4. 4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
5. 4.5.1 Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1. 1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2. 2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3. 3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4. 4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator:
1. 3.3.1 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
2. 4.3.1 Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin
C. Tujuan Pembelajaran
A. Kempetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Muatan Pelajaran PJOK
KD
1. 1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2. 2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
Muatan Pelajaran Matematika
KD:
1. 1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. 2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3. 3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4. 4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
Indikator:
1. 3.1.1 Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
2. 3.1.2 Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
3. 4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4. 4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100
Muatan Pelajaran SBdP
KD:
1. 1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2. 2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3. 3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat music ritmis.
4. 4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
Indikator:
1. 3.2.1 Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
2. 4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD:
1. 1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2. 2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3. 3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4. 4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
5. 3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
6. 4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
1. 3.3.1 Menentukan karakter setiap individu di rumah.
2. 3.3.2 Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
3. 3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4. 4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
5. 4.5.1 Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1. 1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2. 2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3. 3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4. 4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator:
1. 3.3.1 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
2. 4.3.1 Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin
C. Tujuan Pembelajaran
- Dengan menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis secara teliti.
- Dengan menggunakan alat musik ritmis, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
- Dengan menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan, siswa dapat menentukan karakter setiap individu di rumah dengan teliti.
- Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.
- Dengan teks buku harian Udin, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
- Dengan menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.
- Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.
- Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda dengan teliti.
- Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
- Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.
- Dengan mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan guru, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
- Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
- Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.
D. Materi Pembelajaran
1. Membilang sampai 500
2. Pola irama lagu
3. Karakter setiap individu dan teks bacaan
4. Keberagaman anggota keluarga
E. Metode Pembelajaran
1. Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2. Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3. Model: DL, PBL
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Teks lagu “Ruri Abangku”.
b. Contoh teks buku harian Udin.
c. Gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan.
d. Gambar beberapa rak buku yang berkaitan dengan barisan bilangan +1.
2. Alat: -
3. Sumber belajar:
- Irene Maria J. Astuti, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahukuan (10 menit)
1. Mengucapkan salam
2. Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
3. Salah satu siswa maju memimpin do’a
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
4. Mengkondisikan siswa agar siap belajar.
- Siapa yang tidak masuk hari ini?
- Sebelum mulai belajar, coba kalian duduk yang rapi ya!
5. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
- Bagaimana liburan kalian kemarin?
- Kalian berlibur dengan siapa?
- Bagaimana sikap kalian saat berlibur bersama kakak atau adik?
- Nah anak-anak, sekarang kita akan belajar tentang hidup rukun di rumah.
6. Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
- Apa ada yang hanya bermain di rumah ketika liburan?
- Bermain dengan siapa?
- Jika bermain dengan kakak atau adik kita harus?
Kegiatan Inti (150 menit)
1. Guru menunjukkan dan menempelkan gambar Udin dan Mutiara sedang membaca buku di papan tulis.
1. Membilang sampai 500
2. Pola irama lagu
3. Karakter setiap individu dan teks bacaan
4. Keberagaman anggota keluarga
E. Metode Pembelajaran
1. Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2. Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3. Model: DL, PBL
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Teks lagu “Ruri Abangku”.
b. Contoh teks buku harian Udin.
c. Gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan.
d. Gambar beberapa rak buku yang berkaitan dengan barisan bilangan +1.
2. Alat: -
3. Sumber belajar:
- Irene Maria J. Astuti, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahukuan (10 menit)
1. Mengucapkan salam
2. Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
3. Salah satu siswa maju memimpin do’a
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
4. Mengkondisikan siswa agar siap belajar.
- Siapa yang tidak masuk hari ini?
- Sebelum mulai belajar, coba kalian duduk yang rapi ya!
5. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
- Bagaimana liburan kalian kemarin?
- Kalian berlibur dengan siapa?
- Bagaimana sikap kalian saat berlibur bersama kakak atau adik?
- Nah anak-anak, sekarang kita akan belajar tentang hidup rukun di rumah.
6. Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
- Apa ada yang hanya bermain di rumah ketika liburan?
- Bermain dengan siapa?
- Jika bermain dengan kakak atau adik kita harus?
Kegiatan Inti (150 menit)
1. Guru menunjukkan dan menempelkan gambar Udin dan Mutiara sedang membaca buku di papan tulis.
2. Siswa menuliskan pertanyaan beserta jawaban berdasarkan gambar pada buku siswa. Contoh: Pertanyaan: Apa yang sedang dilakukan Udin dan Mutiara? Jawab: Mutiara dan Udin sedang membaca buku.
Pertanyaan: ................................................................................................
Jawaban: ....................................................................................................
Catatan:
a. Kalimat tanya dibuat dengan menggunakan kata tanya.
b. Kalimat tanya diakhiri dengan tanda tanya (?).
c. Awal kalimat menggunakan huruf besar dan diakhiri dengan tanda titik.
d. Nama orang diawali dengan huruf besar.
3. Guru memperkenalkan alat musik ritmis kepada siswa (mengamati).
a. Alat musik ritmis adalah alat musik tak bernada. Alat musik ritmis digunakan untuk keteraturan irama lagu.
b. Cara memainkan alat musik ritmis dengan dipukul, baik dipukul dengan tangan maupun dengan alat, atau dikocok. Contoh alat musik ritmis di antaranya: rebana, drum, talempong, gendang, tamborin, marakas, dan lain sebagainya.
c. Pola irama yaitu panjang pendeknya bunyi. Panjang pendeknya bunyi dapat dihitung berdasarkan ketukan. Ketukan merupakan bunyi yang teratur yang dapat diibaratkan seperti bunyi detak jarum jam.
d. Pola irama berjalan menurut birama. Birama yaitu kuat lemahnya bunnyi dalam lagu. Kuat lemahnya bunyi dibatasi garis yang disebut garis birama. Birama ditandai dengan tanda birama. Contoh tanda birama yaitu 4/4. Birama 4/4 artinya setiap birama ada empat ketukan.
e. Perhatikan contoh irama berikut!
Penulisan pola irama digambarkan dengan t
- - - | - - - | - - - | - - - || birama
t t t t | t . t t | t . t . | t . . . || pola irama
1 1 1 1 | 2 1 1 | 2 2 | 3 1 || ketukan
4. Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” secara bersamasama dengan percaya diri (mencoba).
5. Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Ruri Abangku” sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
6. Siswa dibimbing memainkan alat musik ritmis (mengamati).
7. Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dengan memainkan alat musik ritimis (mencoba).
8. Siswa diajak menyanyikan lagu lain yang mempunyai birama 2/4 (mencoba).
9. Siswa mengidentifikasi pola irama pada lagu yang dinyanyikan tersebut menggunakan alat musik ritmis (menalar).
10. Siswa memainkan pola irama pada lagu berbirama 2/4 menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
11. Siswa membedakan pola irama pada lagu “Ruri Abangku” dengan lagu lain berbirama 2/4 yang telah dinyanyikan tersebut (menalar).
12. Siswa membaca nyaring syair lagu (mengamati).
13. Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa (menalar).
Apakah sebutan kakak laki-laki di daerahmu?
Apakah sebutan kakak perempuan di daerahmu?
14. Siswa dan guru melakukan tanya jawab sebutan kakak laki-laki dan perempuan di daerah setempat (menanya).
Beberapa contoh sebutan kakak laki-laki dan perempuan di beberapa daerah:
Uda adalah sebutan kakak laki-laki dalam bahasa Minang.
Uni adalah sebutan kakak perempuan dalam bahasa Minang.
Mas atau Raka adalah sebutan kakak laki-laki dalam bahasa Jawa.
Mbak atau Mbakyu adalah sebutan kakak perempuan dalam bahasa Jawa.
Aa atau Akang adalah sebutan kakak laki-laki dalam bahasa Sunda.
Teteh atau Ceuceu adalah sebutan kakak perempuan dalam bahasa Sunda.
Mpok adalah sebutan kakak perempuan dalam bahasa Betawi.
Daeng adalah sebutan kakak laki-laki dalam bahasa Makassar, Bali.
15. Siswa menyebutkan sebutan kakak laki-laki dan perempuan yang ada dalam keluarganya (mengomunikasikan).
16. Siswa membaca teks buku harian Udin (mengamati).
17. Siswa menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin (menalar).
18. Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga (menalar).
19. Siswa membaca contoh ucapan permohonan maaf yang ada pada buku siswa (mengamati).
20. Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang ucapan permohonan maaf yang santun (menanya).
21. Guru menjelaskan kalimat permohonan maaf yang santun kepada siswa, kemudian siswa dibimbing memperagakan ucapan permohonan maaf (mengamati).
22. Siswa memperagakan ucapan permohonan maaf di depan kelas (mencoba).
23. Siswa diajak mengamati rak buku yang ada di dalam kelas atau perpustakaan sekolah (mengamati).
24. Siswa menghitung jumlah buku pada rak yang diamati (menalar).
25. Siswa mengamati gambar susunan buku yang ada pada buku siswa (mengamati).
26. Siswa mengamati gambar cara menghitung jumlah buku dengan menggunakan sistem blok dienes (mengamati).
27. Siswa bertanya tentang gambar yang telah diamati (menanya).
28. Siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan pengamatan (mengomunikasikan).
29. Siswa membilang banyak benda berdasarkan gambar kubus satuan pada buku siswa (menalar).
30. Dari kegiatan membilang yang telah dilakukan, siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
31. Siswa membuat kalimat dengan menggunakan salah satu lambang bilangan dari lima bilangan pada kegiatan membilang yang telah dilakukan sebelumnya (menalar).
32. Siswa menyalin kalimat yang telah dibuat dalam huruf tegak bersambung (mencoba).
33. Siswa mengamati gambar tumpukan buku pada beberapa rak (mengamati).
34. Siswa membandingkan banyak buku yang ada pada masing-masing rak (menalar).
35. Siswa mengamati sebuah barisan bilangan yang ada pada buku siswa (mengamati).
36. Siswa menyebutkan pola bilangan pada barisan bilangan yang diamati (mengomunikasikan).
37. Siswa melengkapi barisan bilangan berpola +1 (menalar).
38. Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan bersama anggota keluarga dengan menggunakan EYD yang tepat (mencoba).
39. Siswa menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin pada teks buku harian yang ditulis (mencoba).
40. Siswa menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin pada teks buku harian yang ditulis (mengomunikasikan).
PENGAYAAN
1. Siswa menyanyikan kembali lagu Ruri Abangku sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis.
2. Guru menugaskan siswa menulis contoh kalimat permohonan maaf.
3. Siswa diminta menceritakan kembali keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
4. Siswa diberikan latihan tentang membilang dengan menggunakan kubus satuan.
REMEDIAL
5. Bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam memainkan alat musik ritmis diberikan bimbingan, bimbingan dapat diberikan di luar jam pelajaran.
6. Bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis kalimat permohonan maaf diberikan bimbingan berupa latihan dan contoh-contoh kalimat permohonan maaf yang lebih beragam.
7. Bagi siswa yang kesulitan dalam menulis teks buku harian tentang kebersamaan dengan anggota keluarga diberikan bimbingan secara berkala.
8. Bagi siswa yang kesulitan dalam membilang dengan menggunakan kubus satuan diberikan latihan tambahan.
Kegiatan Akhir (15 menit)
1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3. Melakukan penilaian.
4. Mengajak siswa berdo’a bersama.
5. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6. Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.
H. Pemilaian
1. Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
2. Pengetahuan: tes tertulis
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin
Jumlah Soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 25
Kunci jawaban:
1. Udin meminta maaf karena menyobek buku kakak.
2. Karena tidak sengaja membuat buku kakak sobek.
3. Iya, kakak memaafkan Udin.
4. Udin akan sedih, mereka bisa bertengkar.
5. Peragaan ucapan permohonan maaf (penilaian pada aspek keterampilan).
b. Membilang dengan menggunakan balok dienes atau
kubus satuan
Jumlah soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci jawaban:
Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa.
c. Melengkapi barisan bilangan +1
Jumlah soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci jawaban:
1. 38, 39, 40, 41, 42
2. 40, 41, 42, 43, 44
3. 44, 45, 46, 47, 48
4. 44, 45, 46, 47, 48
5. 45, 46, 47, 48, 49
3. Keterampilan
a. Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
b. Memperagakan ucapan permohonan maaf
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian memperagakan ucapan permohonan maaf
c. Menulis teks buku harian
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis teks buku harian
Pertanyaan: ................................................................................................
Jawaban: ....................................................................................................
Catatan:
a. Kalimat tanya dibuat dengan menggunakan kata tanya.
b. Kalimat tanya diakhiri dengan tanda tanya (?).
c. Awal kalimat menggunakan huruf besar dan diakhiri dengan tanda titik.
d. Nama orang diawali dengan huruf besar.
3. Guru memperkenalkan alat musik ritmis kepada siswa (mengamati).
a. Alat musik ritmis adalah alat musik tak bernada. Alat musik ritmis digunakan untuk keteraturan irama lagu.
b. Cara memainkan alat musik ritmis dengan dipukul, baik dipukul dengan tangan maupun dengan alat, atau dikocok. Contoh alat musik ritmis di antaranya: rebana, drum, talempong, gendang, tamborin, marakas, dan lain sebagainya.
c. Pola irama yaitu panjang pendeknya bunyi. Panjang pendeknya bunyi dapat dihitung berdasarkan ketukan. Ketukan merupakan bunyi yang teratur yang dapat diibaratkan seperti bunyi detak jarum jam.
d. Pola irama berjalan menurut birama. Birama yaitu kuat lemahnya bunnyi dalam lagu. Kuat lemahnya bunyi dibatasi garis yang disebut garis birama. Birama ditandai dengan tanda birama. Contoh tanda birama yaitu 4/4. Birama 4/4 artinya setiap birama ada empat ketukan.
e. Perhatikan contoh irama berikut!
Penulisan pola irama digambarkan dengan t
- - - | - - - | - - - | - - - || birama
t t t t | t . t t | t . t . | t . . . || pola irama
1 1 1 1 | 2 1 1 | 2 2 | 3 1 || ketukan
4. Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” secara bersamasama dengan percaya diri (mencoba).
5. Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Ruri Abangku” sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
6. Siswa dibimbing memainkan alat musik ritmis (mengamati).
7. Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dengan memainkan alat musik ritimis (mencoba).
8. Siswa diajak menyanyikan lagu lain yang mempunyai birama 2/4 (mencoba).
9. Siswa mengidentifikasi pola irama pada lagu yang dinyanyikan tersebut menggunakan alat musik ritmis (menalar).
10. Siswa memainkan pola irama pada lagu berbirama 2/4 menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
11. Siswa membedakan pola irama pada lagu “Ruri Abangku” dengan lagu lain berbirama 2/4 yang telah dinyanyikan tersebut (menalar).
12. Siswa membaca nyaring syair lagu (mengamati).
13. Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa (menalar).
Apakah sebutan kakak laki-laki di daerahmu?
Apakah sebutan kakak perempuan di daerahmu?
14. Siswa dan guru melakukan tanya jawab sebutan kakak laki-laki dan perempuan di daerah setempat (menanya).
Beberapa contoh sebutan kakak laki-laki dan perempuan di beberapa daerah:
Uda adalah sebutan kakak laki-laki dalam bahasa Minang.
Uni adalah sebutan kakak perempuan dalam bahasa Minang.
Mas atau Raka adalah sebutan kakak laki-laki dalam bahasa Jawa.
Mbak atau Mbakyu adalah sebutan kakak perempuan dalam bahasa Jawa.
Aa atau Akang adalah sebutan kakak laki-laki dalam bahasa Sunda.
Teteh atau Ceuceu adalah sebutan kakak perempuan dalam bahasa Sunda.
Mpok adalah sebutan kakak perempuan dalam bahasa Betawi.
Daeng adalah sebutan kakak laki-laki dalam bahasa Makassar, Bali.
15. Siswa menyebutkan sebutan kakak laki-laki dan perempuan yang ada dalam keluarganya (mengomunikasikan).
16. Siswa membaca teks buku harian Udin (mengamati).
17. Siswa menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin (menalar).
18. Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga (menalar).
19. Siswa membaca contoh ucapan permohonan maaf yang ada pada buku siswa (mengamati).
20. Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang ucapan permohonan maaf yang santun (menanya).
21. Guru menjelaskan kalimat permohonan maaf yang santun kepada siswa, kemudian siswa dibimbing memperagakan ucapan permohonan maaf (mengamati).
22. Siswa memperagakan ucapan permohonan maaf di depan kelas (mencoba).
23. Siswa diajak mengamati rak buku yang ada di dalam kelas atau perpustakaan sekolah (mengamati).
24. Siswa menghitung jumlah buku pada rak yang diamati (menalar).
25. Siswa mengamati gambar susunan buku yang ada pada buku siswa (mengamati).
26. Siswa mengamati gambar cara menghitung jumlah buku dengan menggunakan sistem blok dienes (mengamati).
27. Siswa bertanya tentang gambar yang telah diamati (menanya).
28. Siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan pengamatan (mengomunikasikan).
29. Siswa membilang banyak benda berdasarkan gambar kubus satuan pada buku siswa (menalar).
30. Dari kegiatan membilang yang telah dilakukan, siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
31. Siswa membuat kalimat dengan menggunakan salah satu lambang bilangan dari lima bilangan pada kegiatan membilang yang telah dilakukan sebelumnya (menalar).
32. Siswa menyalin kalimat yang telah dibuat dalam huruf tegak bersambung (mencoba).
33. Siswa mengamati gambar tumpukan buku pada beberapa rak (mengamati).
34. Siswa membandingkan banyak buku yang ada pada masing-masing rak (menalar).
35. Siswa mengamati sebuah barisan bilangan yang ada pada buku siswa (mengamati).
36. Siswa menyebutkan pola bilangan pada barisan bilangan yang diamati (mengomunikasikan).
37. Siswa melengkapi barisan bilangan berpola +1 (menalar).
38. Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan bersama anggota keluarga dengan menggunakan EYD yang tepat (mencoba).
39. Siswa menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin pada teks buku harian yang ditulis (mencoba).
40. Siswa menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin pada teks buku harian yang ditulis (mengomunikasikan).
PENGAYAAN
1. Siswa menyanyikan kembali lagu Ruri Abangku sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis.
2. Guru menugaskan siswa menulis contoh kalimat permohonan maaf.
3. Siswa diminta menceritakan kembali keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
4. Siswa diberikan latihan tentang membilang dengan menggunakan kubus satuan.
REMEDIAL
5. Bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam memainkan alat musik ritmis diberikan bimbingan, bimbingan dapat diberikan di luar jam pelajaran.
6. Bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis kalimat permohonan maaf diberikan bimbingan berupa latihan dan contoh-contoh kalimat permohonan maaf yang lebih beragam.
7. Bagi siswa yang kesulitan dalam menulis teks buku harian tentang kebersamaan dengan anggota keluarga diberikan bimbingan secara berkala.
8. Bagi siswa yang kesulitan dalam membilang dengan menggunakan kubus satuan diberikan latihan tambahan.
Kegiatan Akhir (15 menit)
1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3. Melakukan penilaian.
4. Mengajak siswa berdo’a bersama.
5. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6. Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.
H. Pemilaian
1. Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
2. Pengetahuan: tes tertulis
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin
Jumlah Soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 25
Kunci jawaban:
1. Udin meminta maaf karena menyobek buku kakak.
2. Karena tidak sengaja membuat buku kakak sobek.
3. Iya, kakak memaafkan Udin.
4. Udin akan sedih, mereka bisa bertengkar.
5. Peragaan ucapan permohonan maaf (penilaian pada aspek keterampilan).
b. Membilang dengan menggunakan balok dienes atau
kubus satuan
Jumlah soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci jawaban:
Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa.
c. Melengkapi barisan bilangan +1
Jumlah soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci jawaban:
1. 38, 39, 40, 41, 42
2. 40, 41, 42, 43, 44
3. 44, 45, 46, 47, 48
4. 44, 45, 46, 47, 48
5. 45, 46, 47, 48, 49
3. Keterampilan
a. Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
b. Memperagakan ucapan permohonan maaf
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian memperagakan ucapan permohonan maaf
c. Menulis teks buku harian
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis teks buku harian
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar