RPP Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah PB 4

 on Thursday, July 10, 2014  

RPP Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah PB 4 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan    :    SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester    :    II/1 - Tema/ST/PB    :    1. Hidup Rukun/1. Hidup Rukun di Rumah/4 - Alokasi Waktu    :    1 x pertemuan (5 x 35 menit).

A.    Kempetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator

Muatan Pelajaran PPKn
KD:
  1. 1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
  2. 2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
  3. 3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah. Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
  4. 4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah
Indokator:
  1. 3.3.2 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi
  2. 3.3.3 Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
  3. 4.3.3 Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/ karakter
Muatan Pelajaran SBdP
KD:
1.    1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.    2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3.    3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.    4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.

Indikator:

1.    3.3.2 Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
2.    4.11.2 Menirukan gerakan berkebun melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung atau media yang lain.

Muatan Pelajaran Matematika
KD:
1.    1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD:
1.    1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.    2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.    3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa
4.    4.3 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media.
5.    3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
6.    4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

Indikator:
1.    3.1.1 Mengidentifikasi bahanbahan dalam membuat karya seni rupa.
2.    4.3.1 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
3.    3.2.3 Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat music ritmis.
4.    4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

C.    Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan mengamati beberapa gambar tentang hidup rukun, siswa dapat mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
  2. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan percaya diri.
  3. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan bahasa yang santun.
  4. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan bahasa yang santun.
  5. Dengan mengisi kolom pernyataan, siswa dapat menyimpulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga yang telah dibaca dengan teliti.
  6. Dengan menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan”, siswa dapat menunjukkan pola irama bervariasi pada alat music ritmis dengan percaya diri.
  7. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga menggunakan alat musik ritmis dengan percaya diri.
  8. Dengan menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan”, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan bahasa yang santun.
  9. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri.
  10. Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahanbahan dalam membuat karya seni rupa dengan teliti.
  11. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar. dengan percaya diri.
D.    Materi Pembelajaran
1.    Kegemaran/hobi anggota keluarga
2.    Sifat-sifat anggota keluarga
3.    Kegiatan keluarga
4.    Tempo gerak
5.    Gerak badan
6.    Bahan karya seni rupa
7.    Menggambar imajinatif
8.    Pola irama bervariasi

E.    Metode Pembelajaran
1.    Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2.    Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3.    Model: DL, PBL

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media:
a.    Gambar sikap hidup rukun dan tidak rukun.
b.    Teks lagu Peramah dan Sopan.
2.    Alat: -
3.    Sumber belajar:
-    Irene Maria J. Astuti, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahukuan (10 menit)
1.    Guru mengucapkan salam
2.    Siswa menjawab salam
3.    Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4.    Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
Berdo’a selesai!
5.    Selamat pagi anak-anak, apa kabar?
6.    Mengkondisikan siswa agar siap belajar.
-    Siapa yang tidak masuk hari ini?
-    Sebelum mulai belajar, kalian harus duduk yang rapi terlebih dahulu agar lebih nyaman dalam belajar!
7.    Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
-    Apa saja kegemaranmu di rumah?
-    Jika bermain di rumah dengan kakak atau adik, kalian harus bagaimana?
8.    Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
-    Coba berikan contoh hidup rukun dan tidak rukun di rumah!
-    Ya, bagus!

Kegiatan Inti (150 menit)
1.    Siswa mengamati beberapa gambar tentang contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun yang ada pada buku siswa (mengamati).
2.    Siswa menunjukkan gambar yang mencerminkan sikap hidup rukun dan tidak rukun (menalar).

RPP Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah PB 4

3.    Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan tentang beragam kegemaran dalam keluarga dengan santun (menalar).
4.    Siswa menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi (mencoba).
5.    Siswa mengisi kolom pernyataan tentang kegemaran anggota keluarga dengan memberi tanda centang pada pernyataan yang benar menurut siswa (mengomunikasikan).
6.    Siswa diberi penguatan tentang pentingnya menjaga sikap hidup rukun kemajemukan keluarga (mengomunikasikan).
7.    Siswa menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan” dengan percaya diri (mencoba).

Peramah dan Sopan
2/4 Ciptaan: Pak Dal

|| : 0 5 6 7 | 1 . 5 . | 6 5 4 3 | 5 . 2 . |
Bu kan yang cong kak bu kan yang som bong
| 0 2 3 4 | 5 . 5 . | 6 1 7 6 | 5 . |
yang di sa yang i han dai dan tau lan
| 0 5 6 7 | 1 . 5 . | 3 3 4 5 | 6 . |
ha nya a nak yang tak per nah bo hong
| 0 1 7 6 | 5 . 1 3 | 5 4 3 2 | 1 . |
ra jin be ker ja pe ra mah dan so pan
| 0 1 7 6 | 5 . 2 3 | 4 4 3 2 | 1 . :||
ra jin be ker ja pe ra mah dan so pan

8.    Siswa menunjukkan pola irama bervariasi pada lagu “Peramah dan Sopan” dengan menggunakan alat music ritmis di bawah bimbingan guru (mencoba).
9.    Siswa menuliskan sifat-sifat baik yang ada pada syair lagu “Peramah dan Sopan” (menalar).
10.    Siswa menjelaskan keberagaman anggota keluarganya berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki (menalar).
11.    Siswa menceritakan kebersamaan dalam keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri (mengomunikasikan).
12.    Siswa mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa (menalar).
13.    Siswa menyebutkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam membuat karya kreasi menempel gambar alat music (mengomunikasikan).
14.    Siswa menempel gambar alat musik ritmis yang ada pada koran atau majalah pada kolom yang telah tersedia di buku siswa (mencoba).
15.    Siswa menghias gambar yang telah ditempel dengan gambar-gambar imajinatif menggunakan pensil warna atau krayon. (mencoba).

PENGAYAAN

1.    Siswa ditugaskan menuliskan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun.
2.    Siswa ditugaskan menuliskan sifat-sifat baik yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
3.    Siswa ditugaskan membuat karya kreasi gambar imajinatif.

REMEDIAL

1.    Guru memberikan latihan bagi siswa yang masih keliru dalam membedakan sikap rukun dan tidak rukun.
2.    Guru memberikan latihan bagi siswa yang masih keliru dalam menuliskan sifat-sifat baik yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
3.    Guru membimbing siswa yang kesulitan dalam membuat karya kreasi gambar imajinatif.

Kegiatan Akhir (15 menit)
1.    Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2.    Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3.    Melakukan penilaian.
4.    Mengajak siswa berdo’a bersama.
5.    Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6.    Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.

H.    Pemilaian
1.    Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
2.    Pengetahuan
3.    Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar tentang kegemaran
Jumlah Soal: 3 soal Skor maksimal: 3 Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1. Tidak, karena mainan yang mereka mainkan berbeda.
2. Disesuaikan dengan jawaban siswa.

b. Menuliskan sifat-sifat baik dan buruk yang terdapat pada syair lagu “Peramah dan Sopan”.
Jumlah Soal: 2 soal Skor maksimal: 100 Skor setiap jawaban: 50
Kunci Jawaban
1. peramah, sopan, tak pernah bohong, rajin bekerja.
2. Congkak, sombong.

c. Menjawab pertanyaan tentang keberagaman dalam keluarga.
Jumlah Soal: 3 soal Skor maksimal: 3 Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
2. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
3. Disesuaikan dengan jawaban siswa.

3. Keterampilan
a. Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun.
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun

b. Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menyanyi sambil memainkan alat musik ritmis

c. Menempel gambar alat musik ritmis dari majalah atau koran
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian menempel gambar alat musik ritmis dari majalah atau koran
RPP Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah PB 4 4.5 5 Unknown Thursday, July 10, 2014 RPP Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah PB 4 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan    :    SD Neger...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar