Penyempurnaan Pola Pikir sebagai Hasil Pengembangan Kurikulum 2013 - Pendidikan yang berkualitas salah satunya adalah yang sesuai dengan kebutuhan di masa yang akan datang. Pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan di masa mendatang hanya akan dapat tercapai apabila adanya perubahan dan pergeseran pola pikir di dalam proses kegiatan pembelajaran.
Penyempurnaan dan perubahan pola pikir dalam proses pembelajaran yang diharapkan dalam pengembangan Kurikulum 2013 ini mencakup beberapa hal yang sangat penting dan mendasar. Penyempurnaan dan perubahan pola pikir yang sangat medasar tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
- Perubahan pola pikir dari pembelajaran yang awalnya berpusat pada guru menuju ke pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
- Perubahan pola pikir dari pembelajaran yang awalnya satu arah menuju ke pembelajaran yang interaktif.
- Perubahan pola pikir dari isolasi menuju ke lingkungan jejaring.
- Perubahan pola pikir dari pembelajaran yang awalnya pasif menuju ke pembelajaran yang aktif menyelidiki.
- Perubahan pola pikir dari pembelajaran yang awalnya abstrak menuju ke pembelajaran yang nyata atau konkret.
- Perubahan pola pikir dari pembelajaran yang awalnya bersifat pribadi ke pembelajaran yang berbasis tim.
- Perubahan pola pikir dari luas menuju ke perilaku khas memberdayakan kaidah keterikatan.
- Dari stimulasi rasa tunggal menuju stimulasi ke segala penjuru.
- Dari alat tunggal menuju alat multi media.
- Dari hubungan satu arah bergeser menuju kooperatif.
- Dari produksi massa bergeser menuju kebutuhan pelanggan.
- Dari usaha sadar tunggal bergeser menuju jamak.
- Dari satu ilmu pengetahuan bergeser menuju pengetahuan disiplin jamak.
- Dari kontrol terpusat bergeser menuju otonomi dan kepercayaan.
- Dari pemikiran faktual bergeser menuju ke pemikiran yang kritis.
- Dari penyampaian pengetahuan bergeser menuju ke pertukaran pengetahuan.
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar