RPP Tematik Terpadu Kurikulum 2013 SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 5

 on Sunday, September 7, 2014  

RPP Tematik Terpadu Kurikulum 2013, SD Kelas 2, Tema 1 Hidup Rukun, Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain, Pembelajaran 5 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan    :    SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester    :    II (dua) /1 (satu) - Tema/ST/PB    :    1. Hidup Rukun/2. Hidup Rukun dengan Teman Bermain/5 (lima) - Alokasi Waktu    :    1 x pertemuan (5 x 35 menit).

A.    Kempetensi Inti
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
RPP Tematik Terpadu Kurikulum 2013 SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 5
 
B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
Muatan Pelajaran PJOK
KD:
1.    3.1 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
2.    4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

Indikator:
1.    3.1.2 Mengidentifikasi konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
2.    4.1.2 Mempraktekan konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan.

Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1.    3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
2.    4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingku.

Indikator:
1.    3.3.9 Mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran
2.    3.3.11 Mengidentifkasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan suku bangsa
3.    4.3.8 Menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah

Muatan Pelajaran SBDP
KD
1.    3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak
2.    4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam

Indikator:
1.    3.3.1 Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak
2.    4.11.1 Menirukan gerakan bermain melalui koordinasi gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan
3.    menggunakan media rekam.

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD:
1.    3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
2.    4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator:
1.    3.5.11 Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan teman.
2.    4.5.10 Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan teman.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mengamati gambar menirukan gerakan bebek berjalan, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui koordinasi gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan dengan percaya diri.
2.    Dengan menirukan gerakan, siswa dapat mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak dengan teliti.
3.    Dengan menirukan gerakan itik berjalan, siswa dapat mengidentifikasi konsep gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan dengan teliti.
4.    Dengan instruksi guru, siswa dapat mempraktekkan konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan dengan percaya diri.
5.    Dengan mengamati gambar dan balon percakapan tentang permintaan maaf, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan bahasa yang santun.
6.    Dengan memaknai isi teks percakapan, siswa dapat menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan teman dengan bahasa yang santun.
7.    Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran dengan teliti.
8.    Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan suku bangsa dengan teliti.
9.    Dengan menuliskan pengalaman, siswa dapat menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah dengan percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran
1.    Pola gerak dasar lokomotor
2.    Keberagaman teman bermain.
3.    Manfaat hidup rukun
4.    Berbagai gerak

E.    Metode Pembelajaran
1.    Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2.    Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3.    Model: DL, PBL

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media:
a.    Gambar berbagai gerakan tari
b.    Teks percakapan disertai gambar
c.    Teks bacaan “Berlatih Menari”
2.    Alat: -
3.    Sumber belajar:
-    Irene Maria J. Astuti, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1.    Guru mengucapkan salam Siswa menjawab salam
2.    Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
3.    Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini: Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
4.    Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
5.    Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
6.    Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
-    Pernahkan kalian menolong teman?
-    Monolong teman itu termasuk hidup rukun apa bukan?
7.    Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
-    Siapa yang tahu manfaat hidup rukun?
8.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti (150 menit)
MENGMATI
1.    Siswa mengamati gambar anak menirukan gerakan bebek dengan teliti (mengamati).
2.    Bertanya jawab tentang gambar yang diamati (menalar dan mengomunikasikan).
3.    Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (menalar).
4.    Guru memberikan contoh menirukan gerakan bebek berjalan.
5.    Siswa diajak melakukan gerakan-gerakan yang sudah diajarkan pada pembelajaran 2, yaitu gerakan langkah ke depan, langkah ke belakang, lari ke depan, ke belakang, ke samping (mencoba).
6.    Selain itu, dibimbing gerakan lompat ke depan, ke belakang, dan ke samping (mencoba).
7.    Setelah gerakan dapat dilakukan dengan baik, siswa diajak untuk melakukan gerakan menirukan bebek berjalan (mencoba).
8.    Siswa diajak melakukan gerakan dengan memperhatikan koordinasi gerakan kepala, kaki, tangan, dan badan. Gerakan dipandu hitungan ritmik (mencoba).
9.    Bila sudah kompak, gerakan dapat dilakukan dengan iringan musik atau dengan menyanyikan lagu “Potong Bebek Angsa”.
10.    Setelah beraktivitas, tanyakan kepada siswa:
a.    Bagaimana jika gerakan tidak kompak?
b.    Bagaimana jika ada yang salah geraknnya?
11.    Siswa mengamati gambar percakapan tentang permintaan maaf (mengamati).
12.    Siswa diarahkan membaca dan menemukan makna yang terkandung dalam teks percakapan (menalar).
13.    Bertanya jawab tentang teks percakapan.
14.    Siswa memberikan tanggapan terhadap teks percakapan dengan bahasa yang santun (mengomunikasikan).
15.    Siswa mengamati gambar tentang permohonan maaf dengan teliti (mengamati).
16.    Siswa membuat pertanyaan dari gambar yang diamati (mencoba).
17.    Siswa menukar pertanyaan yang dibuat kepada temannya (menanya).
18.    Siswa menjawab pertanyaan yang ditukarkan (menalar).

MEMBACA
19.    Siswa mengidentifikasi perilaku yang mengharuskan seseorang meminta maaf (menalar).
20.    Siswa menjelaskan manfaat meminta maaf dari perilaku yang salah (mengomunikasikan)
21.    Siswa membaca teks bacaan tentang berlatih menari yang mencangkup materi permintaan maaf dan keberagaman suku bangsa (mengumpulkan informasi)
22.    Siswa bertanya kepada teman tentang keberagaman suku bangsa (menanya).
23.    Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan temannya (mengomunikasikan).

MENULIS
24.    Siswa diajak menulis nama teman dan suku bangsanya
25.    Siswa membaca tulisan yang telah dibuat.
26.    Bertanya jawab tentang pengalaman dalam permintaan maaf kepada teman.
27.    Siswa menuliskan pengalaman masing-masing dengan huruf lepas.
28.    Setelah menulis dengan huruf lepas, diarahkan untuk menulis dengan huruf tegak bersambung pada kolom yang disediakan.
29.    Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.
30.    Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri.

PENGAYAAN
1.    Guru menugaskan siswa mengembangkan gerak yang dilakukan sebelumnya dalam bentuk tarian sederhana secara berkelompok.
2.    Guru menugaskan siswa mengembangkan pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai aktivitas bermain yang lain dengan berbagai gerakan langkah ke depan, ke belakang, dan ke samping.
3.    Guru menugaskan siswa menemukan contoh-contoh perilaku yang menunjukkan sikap permintaan maaf dalam kehidupan sehari-hari.
4.    Guru menugaskan siswa menemukan keberagaman teman di lingkungan sekitar berdasarkan kegemaran dan suku bangsa.

REMEDIAL
1.    Guru membimbing siswa kembali menirukan gerakan bebek berjalan bagi siswa yang belum mampu menirukannya dengan baik.
2.    Guru membimbing siswa mengembangkan pola gerak dasar lokomotor pada gerakan sebelumnya bagi siswa yang belum mampu menirukannya pada pembelajaran sebelumnya.
3.    Guru mengulas kembali materi tentang menemukan contoh-contoh perilaku yang menunjukkan permintaan maaf dalam kehidupan sehari-hari.
4.    Guru mengulas kembali materi tentang menemukan keberagaman teman berdasarkan kegemaran dan suku bangsa.

Penutup (15 menit)
1.    Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2.    Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3.    Melakukan penilaian.
4.    Mengajak siswa berdo’a bersama.
5.    Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6.    Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.

H.    Pemilaian
1.    Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan

2.    Pengetahuan
a. Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
Hasil Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
(Tabel dan rubric ada pada buku guru)

3.    Keterampilan
a. Menirukan Berbagai Gerakan dengan Iringan Musik
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Menirukan Berbagai Gerakan dengan Iringan Musik
Hasil Pengamatan Menirukan Berbagai Gerakan dengan Iringan Musik
(Tabel dan rubric ada pada buku guru)

b. Menulis Kalimat Sesuai Gambar
Rubrik Menulis Kalimat Sesuai Gambar
(Tabel dan rubric ada pada buku guru)

c. Membaca Teks Berlatih Menari
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Membaca Teks Berlatih Menari
(Tabel dan rubric ada pada buku guru)

d. Menulis Pengalaman tentang Berbuat Salah kepada Teman Menggunakan Huruf Tegak Bersambung
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Menulis Pengalaman tentang Berbuat Salah kepada Teman Menggunakan Huruf Tegak Bersambung
(Tabel dan rubric ada pada buku guru)

Tambaharjo, 16 Juli 2014
Guru Kelas II

RINOTO

Mengetahui,
Kepala Sekolah

RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
RPP Tematik Terpadu Kurikulum 2013 SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 5 4.5 5 Unknown Sunday, September 7, 2014 RPP Tematik Terpadu Kurikulum 2013, SD Kelas 2, Tema 1 Hidup Rukun, Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain, Pembelajaran 5 - RENCANA P...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar