RPP SD Kelas 2 Tema 2 Bermain di Lingkunganku Sub Tema 1 Bermain di Lingkungan Rumah Pembelajaran 6

 on Saturday, September 6, 2014  

RPP Tematik Terpadu Kurikulum 2013 SD Kelas 2 Tema 2 Bermain di Lingkunganku Sub Tema 1 Bermain di Lingkungan Rumah Pembelajaran 6 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan    :    SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester    :    II (dua) /1 (satu) - Tema/ST/PB    :    2. Bermain di Lingkunganku/1. Bermain di Lingkungan Rumah /6 (enam) - Alokasi Waktu    :    1 x pertemuan (5 x 35 menit).

A.    Kempetensi Inti
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
RPP SD Kelas 2 Tema 2 Bermain di Lingkunganku Sub Tema 1 Bermain di Lingkungan Rumah Pembelajaran 6

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
Muatan Pelajaran Bahasa indonesia
KD:
1.    3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
2.    4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator:
1.    3.2.7 Menyebutkan urutan aktivitas bermain dengan topik tertentu.
2.    4.2.4 Membuat jadwal harian berdasarkan kegiatan dan aktivitas bermain yang dilakukan.
3.    4.2.5 Menyimpulkan isi cerita narasi yang telah ditulis.

Muatan Pelajaran Matematika
KD
1.    3.3 Mengenal kesamaan dua ekspresi menggunakan benda konkret, symbol atau penjumlahan/pengurangan bilangan hingga satu angka.
2.    4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban.

Indikator:
1.    3.2.2 Menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan kiri dari 2 suku)
2.    4.5.4 Mengemukakan langkahlangkah menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku).

Muatan SBDP
KD:
1.    3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
2.    4.13 Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel.

Indikator:
1.    3.4.2 Menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif.
2.    4.13 Membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan
3.    menggunting (daun pisang, daun nangka, daun kelapa).

Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1.    3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
2.    4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.

Indikator:
1.    3.4.6 Menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman.
2.    3.4.7 Menjelaskan akibat hidup tidak bersatu dalam keberagaman.
3.    4.4.1 Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan membaca teks, siswa dapat membaca teks percakapan Tiur, Beni, dan Ibu di dapur dengan percaya diri.
2.    Dengan teks percakapan, siswa dapat bermain peran sesuai teks percakapan Tiur, Beni dan Ibu tentang bersatu dalam keragaman di lingkungan rumah dengan percaya diri.
3.    Dengan teks percakapan Tiur, Beni dan Ibu, siswa dapat melengkapi kalimat dengan cermat.
4.    Dengan berdiskusi siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan Tiur, Beni dan Ibu dengan cermat dan percaya diri.
5.    Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat mengisi tabel tentang manfaat daun pisang, daun kelapa dan beberapa daun lainnya dengan cermat.
6.    Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman dengan percaya diri.
7.    Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan akibat hidup tidak bersatu dalam keberagaman dengan percaya diri.
8.    Dengan memperhatikan jadwal harian Beni, siswa dapat menyebutkan urutan aktifitas Beni dengan percaya diri.
9.    Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat membuat jadwal harian sendiri berdasarkan kegiatan dan aktivitas bermain yang dilakukan dengan cermat.
10.    Dengan mendengarkan cerita yang dibacakan, siswa dapat menyimpulkan isi cerita tentang jadwal kegiatan sendiri dengan percaya diri dan penuh rasa tanggung jawab.
11.    Dengan mengerjakan latihan, siswa dapat mengerjakan soal tentang menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan kiri dari 2 suku) dengan percaya diri.
12.    Dengan mengerjakan soal, siswa dapat mengemukakan langkah-langkah menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku) dengan percaya diri.
13.    Dengan petunjuk sederhana, siswa dapat menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif dengan percaya diri.
14.    Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat membuat karya kreatif berupa anyaman dari daun kelapa sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan menggunting daun kelapa dengan cermat dengan percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran
1.    Aktivitas bermain di lingkungan sekitar
2.    Penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga satu angka.
3.    Mengolah bahan alam
4.    Bersatu dalam keberagaman

E.    Metode Pembelajaran
1.    Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2.    Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3.    Model: DL, PBL

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media:
a.    Gambar kegiatan ibu di dapur pulang dari berbelanja.
b.    Teks percakapan aktivitas di dapur setelah berbelanja.
c.    Gambar pengelompokkan benda pada soal matematika
d.    Bahan dan alat membuat karya kreatif berupa anyaman dari daun pisang sebagai penghias benda.
e.    Gambar anyaman dari daun kelapa

2.    Alat: -
3.    Sumber belajar:
-    Taufina, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 2 “Bermain di Lingkunganku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1.    Guru mengucapkan salam
2.    Siswa menjawab salam
3.    Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4.    Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
5.    Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
6.    Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
7.    Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan pembelajaran sebelumnya.
-    Jika kalian sedang bermain, kemudian ada temanmu datang dan ingin ikut bermain, bagaimana sikap kalian?
-    Bolehkah teman itu ikut bermain?
8.    Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
-    Bermain bersama-sama sangat menyenangkan bukan? Kegiatan yang dilakukan bersama-sama akan terasa ringan bukan? Misalnya ketika ibumu baru pulang dari pasar, kalian bersama kakak atau adik bisa membantu ibu membawakan barang belanjaan.
-    Bagaima jika ibu tidak dibantu membawa barang belanjaan?
-    Bagaimana jika bersatu saling membantu?

Kegiatan Inti (150 menit)
MENGAMATI
1.    Guru memberikan arahan kepada siswa untuk membaca teks dengan cermat.
2.    Siswa mengamati gambar tentang kegiatan ibu di dapur pulang dari berbelanja (mengamati).
3.    Siswa mengamati teks percakapan antara Tiur, Beni, dan Ibu (mengamati).

MEMBACA
4.    Siswa membaca teks percakapan.
5.    Siswa menanya tentang gambar kegiatan ibu di dapur pulang dari berbelanja (menanya).
6.    Siswa menanya tentang teks percakapan antara Tiur, Beni, dan Ibu (menanya).
7.    Siswa bertanya tentang pembagian kelompok dalam membaca teks percakapan (menanya).
8.    Siswa bermain peran sesuai teks percakapan Tiur, Beni dan Ibu tentang bersatu dalam keragaman di lingkungan rumah (mengasosiasi).
9.    Siswa melengkapi kalimat berdasarkan teks percakapan Tiur, Ibu, dan Beni (mengomunikasikan).

BERDISKUSI
10.    Guru memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan bertanggung jawab.
11.    Siswa menjawab pertanyaan dari teks percakapan yang dibaca (mengasosiasi).
12.    Siswa mendiskusikan jawaban yang didapat (mengomunikasikan).
13.    Siswa mengisi tabel tentang manfaat daun pisang, daun kelapa dan beberapa daun lainnya berdasarkan teks percakapan mengenai berbelanja (mengomunikasikan).
14.    Siswa menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keragaman dari pertanyaan yang diberikan guru (mengomunikasikan).
15.    Siswa menjelaskan akibat hidup tidak bersatu dalam keragaman (mengomunikasikan).
BERKREASI
16.    Siswa memperhatikan jadwal harian Beni (mengamati).
17.    Siswa menyebutkan urutan aktivitas Beni (mengomunikasikan).
18.    Siswa ditugaskan guru menyusun ulang jadwal sehari Beni (mengomunikasikan).
19.    Siswa ditugaskan menulis jadwal harian sendiri berdasarkan kegiatan dan aktivitas bermain yang dilakukan (mengomunikasikan)
20.    Siswa menyimpulkan isi cerita tentang jadwal kegiatan sendiri yang telah ditulis dengan bimbingan guru (mengomunikasikan).

BERLATIH
21.    Guru membimbing siswa agar mengerjakan soal dengan cermat.
22.    Siswa mengerjakan soal tentang menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan ( ruas kanan dan kiri dari 2 suku) dengan bimbingan guru (mengumpulkan informasi).
23.    Siswa mengemukakan langkah-langkah menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku (mengumpulkan informasi).

BERKREASI
24.    Guru memberi arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan percaya diri.
25.    Siswa membaca petunjuk sederhana tentang membuat anyaman dari daun kelapa (mengamati).
26.    Siswa menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif (mengomunikasikan).
27.    Siswa membuat anyaman dari daun kelapa (mengasosiasi).

Refererensi Guru
Membuat Anyaman
Bahan dan alat yang diperlukan adalah :
a.    Daun kelapa yang dipisah-pisahkan per helainya dari tulang daun kelapa
b.    Pewarna dua macam atau lebih
c.    Gunting
Cara membuat:
a.    Warnai daun kelapa dengan cara mencelupkannya ke dalam cairan pewarna.
b.    Gunakan dua atau lebih warna, sehingga nanti kita memiliki beberapa kelompok daun kelapa dengan warna berbeda.
c.    Diamkan sampai kering. Jemurlah di tempat yang teduh berangin dan tidak terlalu panas.
d.    Setelah kering, anyamlah daun kelapa berwarna warni ini dengan mengikuti pola.

Penutup (15 menit)
1.    Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2.    Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3.    Melakukan penilaian.
4.    Mengajak siswa berdo’a bersama.
5.    Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6.    Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.

H.    Pemilaian Pembelajaran
1.    Penilain Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
Minggu ke: 5 Bulan: September 2014 Sub Tema Bermain di Lingkungan Rumah

2.    Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian melengkapi kalimat berdasarkan teks percakapan Tiur, Beni dan Ibu
Tes tertulis: skor
Jumlah soal : 5 buah
Kunci Jawaban:
Tiur melakukan menghitung sisa uang belanja (skor 20)
Beni melakukan menyimpan barang-barang belanja (sko r 20)
Sekarang ibu merasa senang (skor 20)
Jika dikerjakan bersama-sama, perasaan berat menjadi ringan (skor)
Bila Tiur dan Beni tidak menunjukkan sikap bersatu, maka timbul perkelahian (skor 20).

b. Penilaian menjawab pertanyaan dengan berdiskusi
Tes tertulis: skor
Jumlah soal : 4 buah
Kunci Jawaban:
1) Karena Tiur dan Beni membantu ibu menghitung uang kembalian (skor 25).
2) Tiur dan Beni bersama-sama membantu ibu meghitung uang kembalian (skor 25).
3) Contoh daun mangga, daun nanga ( jawaban bervariasi disesuaikan dengan jawaban anak) (skor 25).
4) Maka kita tidak bisa menikmati bermacam-macam sayur (jawaban bervariasi disesuaikan berdasarkan jawaban anak) (skor 25).

c. Mengisi tabel tentang manfaat macam-macam daun
Tes tertulis: skor
Jumlah soal: 4
Jawaban: disesuaikan berdasarkan pendapat siswa (satu soal skor 25)
d. Menyusun ulang jadwal sehari Beni
Tes tertulis: skor
Jumlah soal : 6 buah
Kunci Jawaban:
1) Pagi hari Beni bersiap ke sekolah (skor16,5).
2) Lalu Beni belajar dengan teman dan guru sampai siang (skor16,5).
3) Siang hari Beni pulang ke rumah (skor16,5).
4) Beni akan mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah (skor16,5).
5) Beni bermain bola di luar bersama teman-teman (skor16,5).
6) Malam hari Beni beristirahat (skor16,5).

e. Menjawab pertanyaan soal matematika tentang menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan ( ruas kanan dan kiri dari 2 suku)
Tes tertulis: skor
Jumlah soal: 5 buah
Kunci jawaban:
1) 42
2) 23
3) 12
4) 5

3.    Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Penilaian Bermain Peran Dengan Membaca Teks Percakapan
(rubrik ada pada buku guru)

b. Rubrik Penilaian Kemampuan Menyimpulkan (ada pada buku guru)

c. Rubrik Penilaian Membuat Jadwal Harian Berdasarkan Aktivitas Bermain (ada pada buku guru)

d. Rubrik Penilaian Mengemukakan Langkah-Langkah Menentukan Suku yang Belum Diketahui
dari Kalimat Matematika Penjumlahan (Ruas Kanan dan Kiri terdiri dari 2 Suku). (ada pada buku guru)

e. Rubrik Penilaian Membuat Karya Kreatif dari Bahan Alam berupa Anyaman (ada pada buku guru)

PENGAYAAN
1.    Guru memberikan latihan lanjutan menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan ( ruas kanan dan kiri dari 2 suku) bagi siswa yang telah mampu mengerjakan soal dengan benar.
2.    Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu bermain peran dengan baik.
3.    Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah bisa membuat jadwal harian dengan tepat
4.    Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu membuat anyaman.

REMEDIAL
1.    Guru mengulang konsep yang berkaitan dengan menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan ( ruas kanan dan kiri dari 2 suku) bagi siswa yang belum mampu mengerjakan soal dengan baik.
2.    Guru mengulang bermain peran tentang bersatu bagi siswa yang belum mampu bermain peran dengan baik.
3.    Guru memberikan perbaikan bagi siswa yang belum bisa membuat jadwal harian dengan tepat
4.    Guru melakukan perbaikan jika siswa tidak mampu membuat anyaman.

Refleksi:
a. Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
b. Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
c. Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
d. Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan

Tambaharjo, 9 September 2014
Guru Kelas II

RINOTO

Mengetahui,
Kepala Sekolah

RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
RPP SD Kelas 2 Tema 2 Bermain di Lingkunganku Sub Tema 1 Bermain di Lingkungan Rumah Pembelajaran 6 4.5 5 Unknown Saturday, September 6, 2014 RPP Tematik Terpadu Kurikulum 2013 SD Kelas 2 Tema 2 Bermain di Lingkunganku Sub Tema 1 Bermain di Lingkungan Rumah Pembelajaran 6 - RENCAN...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar