Jelaskan Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang

 on Thursday, September 4, 2014  

Jelaskan Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang - Berikut ini Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang sekaligus perbedaannya - Kita telah mengenal negara-negara di dunia, seperti Amerika Serikat, Belanda, Rusia, Inggris, Perancis, Jepang, dan Korea Selatan. Negara-negara tersebut sudah sering disebut, diberitakan, dan digambarkan dalam berbagai tayangan media massa, seperti koran, majalah, radio, maupun televisi.

Negara-negara tersebut digambarkan sebagai suatu negara yang modern, kehidupan penduduknya sejahtera, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi atau Iptek, kota-kotanya indah, dan sebagainya. Selain itu, negara-negara itu juga berperan dalam memberikan bantuan kepada negara-negara lain atau sebagai negara donor. Negara-negara tersebut di atas sering disebut sebagai negara maju.

Selain negara Amerika, Belanda, Rusia, Jepang, Perancis, dan Korea Selatan, adapula negara-negara seperti India, Mesir yang sering disebut sebagai negara berkembang. Bagaimana dengan negara Indonesia? Mengapa ada negara yang dikatakan sebagai negara maju dan adapula negara berkembang? Apa perbedaan negara maju dan negara berkembang?

Jelaskan Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang

Untuk menggolongkan negara-negara di dunia ini ada beberapa macam tolok ukur yang digunakan, antara lain:
  1. berdasarkan pada sistem politiknya, misalnya negara-negara sosialis dan negara-negara kapitalis.
  2. berdasarkan bentuk pemerintahannya, seperti negara-negara monarkhi, republik, dan serikat.
  3. berdasarkan perekonomian ataupun kemajuan teknologinya, yaitu negara maju dan negara berkembang.
Berikut ini Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang:
  1. Negara maju adalah negara-negara yang kaya (developed).
  2. Negara berkembang adalah negara yang terbelakang dan miskin (underdevelop, backword).
  3. Negara maju adalah negara-negara industri yang sudah mampu/berhasil dalam berbagai bidang. Corak dari negara-negara ini adalah negara dengan corak ekonomi pasar. Beberapa negara yang tergolong dalam negara ini adalah: Amerika Serikat, negara-negara di Eropa Barat, Jepang, dan Korea Selatan. Negara-negara ini tergolong negara bercorak ekonomi kapitalis.
  4. Negara berkembang atau sering disebut sebagai negara-negara dunia ketiga adalah negara-negara yang baru saja meraih kemerdekaan dari negara-negara maju. Beberapa negara yang tergolong dalam negara ini adalah: negara-negara di Asia Tenggara (kecuali Singapura), negara-negara di Amerika Latin, Afrika, negara-negara di Eropa Timur, dan Asia (kecuali Jepang, Korea Selatan, dan Singapura).
Jelaskan Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang 4.5 5 Unknown Thursday, September 4, 2014 Jelaskan Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang - Berikut ini Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang sekaligus perbedaannya - Ki...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar