RPP SD Kelas 2 Tema 2 Bermain di Lingkunganku Sub Tema 2 Bermain di Rumah Teman Pembelajaran 1

 on Wednesday, September 10, 2014  

RPP Kurikulum 2013 Tematik Terpadu, SD Kelas 2, Tema 2 Bermain di Lingkunganku, Sub Tema 2 Bermain di Rumah Teman, Pembelajaran 1 (satu) - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan    :    SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester    :    II (dua) /1 (satu) - Tema/ST/PB    :    2. Bermain di Lingkunganku/1. Bermain di Rumah Teman/1 (satu) - Alokasi Waktu    :    1 x pertemuan (5 x 35 menit).

A.    Kempetensi Inti
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
RPP SD Kelas 2 Tema 2 Bermain di Lingkunganku Sub Tema 2 Bermain di Rumah Teman Pembelajaran 1

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator

Muatan SBDP
KD:
1.    3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
2.    4.13 Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel.

Indikator:
1.    3.2.1 Mengidentifikasi bahan alam di lingkungan rumah teman untuk karya kreatif.
2.    3.2.2 Mengelompokkan bendabenda yang bisa digunakan dalam menciptakan karya seni rupa.
3.    4.13.1 Membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan rumah teman melalui kegiatan melipat (bahan daun).
4.    4.13.2 Membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan rumah teman melalui kegiatan mnggunting (bahan daun).
5.    4.13.3 Membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan rumah teman melalui kegiatan menempel (bahan daun).

Muatan Pelajaran Bahasa indonesia
KD:
1.    3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
2.    4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator:
1.    3.2.4 Membaca teks narasi bermain di lingkungan rumah teman.
2.    3.2.5 Mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di lingkungan rumah teman.
3.    4.2.2 Menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan rumah teman dengan memperhatikan penulisan EYD.

Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1.    3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
2.    4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.

Indikator:
1.    3.4.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah teman.
2.    4.4.7 Berprilaku rukun dengan setiap teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter).

Muatan Pelajaran Matematika
KD
1.    3.2 Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkret.
2.    4.2 Menaksir hasil perhitungan dengan strategi pembulatan satuan, pembulatan puluhan, dan pembulatan ratusan.

Indikator:
1.    3.2.1 Menyebutkan kalimat perkalian dari gabungan beberapa kumpulan benda yang banyak anggotanya sama dengan hasil kurang dari 100.
2.    4.2.5 Membuat kalimat perkalian dari gabungan beberapa himpunan yang
3.    banyak anggotanya sama.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mengamati teks narasi berjudul Ulang Tahun Edo, siswa dapat membaca teks narasi berjudul Ulang Tahun Edo dengan intonasi yang tepat secara cermat dan percaya diri.
2.    Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain pada teks narasi Ulang Tahun Edo dengan cermat.
3.    Dengan membaca teks Ulang Tahun Edo, siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan teks dengan cermat dan bertanggungjawab.
4.    Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah teman dengan cermat.
5.    Dengan mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah teman, siswa dapat berperilaku rukun dengan setiap teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter) dengan percaya diri.
6.    Dengan mengingat kembali kegiatan bermain di rumah, siswa dapat menulis cerita narasi berupa catatan tetang permainan yang pernah mereka lakukan menggunakan bahasa sendiri dengan EYD yang cermat.
7.    Dengan mengamati soal cerita, siswa dapat menyebutkan kalimat perkalian perkalian dari gabungan beberapa kumpulan benda yang banyak anggotanya sama dengan hasil kurang dari 100 secara cermat dan penuh rasa tanggung jawab.
8.    Dengan mengamati gambar tentang soal matematika, siswa dapat membuat kalimat perkalian dari gabungan beberapa himpunan yang banyak anggotanya sama secara cermat dan penuh rasa tanggung jawab.
9.    Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan alam di lingkungan rumah teman untuk karya kreatif dengan percaya diri.
10.    Dengan melakukan kegiatan mengelompokkan, siswa dapat mengelompokkan bendabenda yang bisa digunakan dalam menciptakan karya seni rupa dengan cermat dan percaya diri.
11.    Dengan mengetahui cara membuat karya kreatif, siswa dapat membuat karya kreatif berbahan daun melalui kegiatan melipat dengan cermat dan bertanggung jawab.
12.    Dengan mengetahui cara membuat karya kreatif, siswa dapat membuat karya kreatif berbahan daun melalui kegiatan menggunting dengan cermat dan bertanggung jawab.
13.    Dengan mengetahui cara membuat karya kreatif, siswa dapat membuat karya kreatif berbahan daun melalui kegiatan menempel dengan cermat dan bertanggung jawab.

D.    Materi Pembelajaran
1.    Bahan alam
2.    Teks narasi
3.    Bersatu dalam keberagaman
4.    Perkalian dan pembagian yang hasilnya kurang dari 100

E.    Metode Pembelajaran
1.    Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2.    Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3.    Model: DL, PBL

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media:
a.    Gambar Teks Narasi Ulang Tahun Edo.
b.    Teks narasi Ulang Tahun Edo.
c.    Gambar kotak pensil berisi pensil untuk perkalian.
d.    Berbagai gambar untuk soal membuat kalimat perkalian.
e.    Chart soal cerita perkalian.
f.    Daun pisang dan daun nangka.
g.    Gunting, pensil, lem, dan kertas karton.

2.    Alat: -
3.    Sumber belajar:
-    Taufina, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 2 “Bermain di Lingkunganku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1.    Guru mengucapkan salam
2.    Siswa menjawab salam
3.    Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4.    Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
5.    Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
6.    Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
7.    Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan pembelajaran sebelumnya.
-    Bermain bersama-sama sangat menyenangkan bukan? Kegiatan yang dilakukan bersama-sama akan terasa ringan bukan? Misalnya ketika ibumu baru pulang dari pasar, kalian bersama kakak atau adik bisa membantu ibu membawakan barang belanjaan.
-    Bagaima jika ibu tidak dibantu membawa barang belanjaan?
-    Bagaimana jika bersatu saling membantu?
8.    Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
-    Jika teman kalian berulang tahun, apa yang kalian lakukan?

Kegiatan Inti (150 menit)

1.    Pada awal pembelajaran guru memajang gambar “Beni dan Teman-teman Bermain Tarik Tambang di Halaman Rumah” di depan kelas.
2.    Guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat.
3.    Siswa mengamati gambar “Beni dan Teman-teman Bermain Tarik Tambang di Halaman Rumah” yang dipajang guru di depan kelas (mengamati).
4.    Siswa menanya tentang gambar “Beni dan Teman-teman Bermain Tarik Tambang di Halaman Rumah” di depan kelas (menanya).
5.    Siswa lain diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang diajukkan temannya (mangasosiasi).

MENGAMATI
6.    Siswa mengamati gambar.

MEMBACA
7.    Guru membagikan teks narasi berjudul “Ulang Tahun Edo” kepada masing-masing siswa.
8.    Siswa membaca teks narasi secara bergantian dengan bimbingan guru (mengamati).

BERDISKUSI
9.    Siswa bertanya jawab untuk mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah teman dalam teks Ulang Tahun Edo (mengasosiasi).
10.    Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan Teks Ulang Tahun Edo (mengasosiasi).
11.    Siswa berperilaku rukun dengan setiap teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat (karakter) (mengomunikasikan).

BERAKTIVITAS
12.    Siswa mengingat kembali salah satu permainan yang pernah ia lakukan di lingkungan rumah (mengamati).
13.    Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman melalui kegiatan bermain di lingkungan rumah teman (mengumpulkan informasi).
14.    Siswa menulis cerita narasi berupa catatan tentang permainan yang pernah mereka lakukan menggunakan bahasa sendiri dengan tulisan tegak bersambung dan EYD yang benar
15.    Siswa menulis salah satu nama jenis permainan yang dilakukan di rumah bersama teman (mengomunikasikan).
16.    Siswa menulis nama-nama pemain dalam salah satu permainan yang dilakukan di rumah (mengomuni kasi kan).
17.    Siswa menulis aturan permainan (mengomunikasikan).
18.    Siswa menulis jalannya permainan (mengomunikasikan).
19.    Siswa menjelaskan alasan mereka merasa senang setelah melakukan permainan (mengomunikasikan).

BERLATIH
20.    Guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan dengan percaya diri.
21.    Guru memajang contoh soal cerita dan gambar berupa perkalian di depan kelas untuk dipelajari anak (meng amati).
22.    Siswa menyebutkan kalimat perkalian dari gabungan beberapa kumpulan benda yang banyak anggotanya sama dengan hasil kurang dari 100 (mengomunikasikan).
23.    Siswa melakukan perkalian (mengumpulkan informasi).
24.    Siswa membuat kalimat perkalian dari gabungan beberapa kumpulan benda yang banyak anggotanya sama dengam hasil kurang dari 100(mengumpulkan informasi).
25.    Siswa menuliskan jawaban dari soal yang diselesaikannya (mengomunikasikan).

BERKREASI
26.    Guru membimbing siswa untuk membuat karya kreatif dengan penuh rasa tanggung jawab.
27.    Siswa bertanya jawab tentang bahan alam di lingkungan rumah teman untuk karya kreatif (menanya).
28.    Siswa mengidentifikasi bahan alam di lingkungan rumah teman untuk karya kreatif (mengumpulkan informasi).
29.    Siswa mengelompokkan benda-benda yang bisa digunakan dalam menciptakan karya seni rupa (mengumpulkan informasi).
30.    Siswa membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam melalui kegiatan melipat (mengasosiasi).
31.    Siswa membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam melalui kegiatan menggunting (mengasosiasi).
32.    Siswa membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam melalui kegiatan menempel (mengasosiasi).
33.    Memberi apresiasi terhadap hasil karya kreatif sebagai penghias benda (mengomunikasikan).

Refererensi Guru
Membuat prakarya dari daun pisang dan daun nangka
a.    Daun pisang dilipat di tengah-tengah sisi panjangnya. Selanjutnya hasil lipatan tadi dilipat lagi pada tengah-tengah sisi panjangnya.
b.    Daun nangka dilipat di bagian simetrisnya (di tulang daun). Hasil lipatan tadi dilipat lagi.
c.    Guntinglah pada beberapa tempat! Ada bagian yang dibuang.
d.    Bila guntingan dianggap sudah cukup, buka lipatannya.
e.    Hasilnya ditempel pada kertas agak tebal menggunakan lem.

Penutup (15 menit)
1.    Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2.    Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3.    Melakukan penilaian.
4.    Mengajak siswa berdo’a bersama.
5.    Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6.    Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.

H.    Pemilaian Pembelajaran
1.    Penilain Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
Minggu ke: 5 Bulan: September 2014 Sub Tema Bermain di Lingkungan Rumah

No    Nama Siswa    Perubahan Tingkah Laku
        Cermat    Percaya Diri    Bertanggjawab
        BT    MT    MB    SM    BT    MT    MB    SM    BT    MT    MB    SM
1    Ahmad Mujib                                               
2    Mahmud                                               
3    Azam Fajri                                               
4    Bayu Ramadani                                               
5    Devi Tri Widiastuti                                               
6    Eko Satria                                               
7    Fiddotun Nur Saputri                                               
8    Imam Nur Hidayah                                               
9    Mohamad Rois Fauzi                                               
10    Nadia Citra Nariswari                                               
11    Najwa Putri R.                                               
12    Nurotul Abiansyah                                               
13    Nurul Chayati                                               
14    Pandu Setyo Pambudi                                               
15    Rani Vitasari                                               
16    Retno Widiasih                                               
17    sofa Nazilatul Khusna                                               
18    Umni Ainur Rohmah                                               
19    Zahra Ramadani                                               

2.    Penilaian Pengetahuan
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks narasi Ulang Tahun Edo
Banyak soal: 8 buah
Kunci jawaban:
1) Karena Beni dan Tiur diundang saat acara ulang tahun Edo di rumahnya. (skor 13)
2) Adil (skor 13)
3) Tidak kuat lagi (skor 12)
4) Baru sembuh (skor 12)
5) Kesakitan (skor 12)
6) Menolong Siti (skor 12)
7) Rukun (skor 13)
8) Bersatu (skor 13)

b. Membuat kalimat perkalian.
Banyak soal: 5 buah
Kunci jawaban: untuk jawaban membuat kaliat perkalian, jawaban disesuaikan dengan jawaban siswa dengan hasil perkalian sebagai berikut:
1) 16 (skor 50)
2) 20 (skor 50)
3) 14 (skor 30)
4) 24 (skor 50)
5) 30 (skor 50)

3.    Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Teks Narasi
b. Rubrik Penilaian Menulis Cerita Narasi berupa Catatan tentang Permainan
c. Rubrik Penilaian Membuat Karya Kreatif sebagai Penghias Benda dengan Meng gunakan Bahan Alam dengan Kegiatan Melipat, Menggunting, dan Menempel
d. Rubrik Penilaian Membuat Kalimat Perkalian dari Gabungan beberapa Himpunan yang Banyak Anggotanya Sama
e. Lembar Pengamatan Berperilaku Rukun dengan Setiap Teman yang Berbeda Jenis Kelamin, Kegemaran dan Sifat (Karakter)

(Rubrik ada pada buku guru)

Refleksi:
a. Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
__________________________________________________________________
__________________________________________________________________
b. Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
__________________________________________________________________
__________________________________________________________________
c. Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
__________________________________________________________________
__________________________________________________________________
d. Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
__________________________________________________________________
__________________________________________________________________

PENGAYAAN
1.    Guru memberikan latihan tambahan bagi siswa yang menguasai/paham konsep melakukan perkalian.
2.    Guru memberikan latihan tambahan bagi siswa yang belum tuntas dalam menulis cerita narasi.
3.    Guru memberikan latihan tambahan bagi siswa yang belum dapat mengidentifikasi kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu.
4.    Guru memberikan tugas tambahan bagi siswa yang belum dapat membuat karya kreatif dengan kegiatan melipat.

REMEDIAL
1.    Guru mengulang konsep perkalian jika siswa belum menguasai.
2.    Guru memberikan perbaikan bagi siswa yang belum tuntas dalam menulis cerita narasi.
3.    Guru memberikan perbaikan bagi siswa yang belum bisa mengidentifikasi kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu.
4.    Guru memberikan perbaikan bagi siswa yang belum dapat melakukan kegiatan melipat.

Tambaharjo, 10 September 2014
Guru Kelas II

RINOTO

Mengetahui,
Kepala Sekolah

RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
RPP SD Kelas 2 Tema 2 Bermain di Lingkunganku Sub Tema 2 Bermain di Rumah Teman Pembelajaran 1 4.5 5 Unknown Wednesday, September 10, 2014 RPP Kurikulum 2013 Tematik Terpadu, SD Kelas 2, Tema 2 Bermain di Lingkunganku, Sub Tema 2 Bermain di Rumah Teman, Pembelajaran 1 (satu) - ...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar