RPP Tematik Terpadu Kurikulum 2013, SD Kelas 2, Tema 1 Hidup Rukun, Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain, Pembelajaran 4 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan : SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester : II (dua) /1 (satu) - Tema/ST/PB : 1. Hidup Rukun/2. Hidup Rukun dengan Teman Bermain/4 (empat) - Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (5 x 35 menit).
A. Kempetensi Inti
A. Kempetensi Inti
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1. 3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
2. 4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingku.
Indikator:
1. 3.3.9 Mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran.
2. 4.3.8 Menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah.
Muatan Pelajaran SBDP
KD
1. 3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
2. 4.5 Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.
Indikator:
1. 3.2.2 Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
2. 4.5.1 Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.
Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD:
1. 3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
2. 4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
1. 3.5.10 Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman.
2. 4.5.9 Menemukan makna hidup rukun dalam kegiatan pemungutan suara untuk memilih pendapat terbanyak.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan memilih judul lagu dari daftar yang disediakan, siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak dengan percaya diri.
2. 2. Dengan menyanyikan lagu yang dipilih, siswa dapat menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis dengan percaya diri.
3. 3. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan bahasa yang santun.
4. 4. Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan makna hidup rukun dalam pemungutan suara untuk memilih pendapat terbanyak dengan teliti.
5. 5. Dengan membaca isi laporan, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran dengan teliti.
6. 6. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah dengan percaya diri.
D. Materi Pembelajaran
1. Keberagaman teman bermain.
2. Pola irama lagu
3. Makna hidup rukun
E. Metode Pembelajaran
1. Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2. Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3. Model: DL, PBL
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Gambar gerakan anak-anak menari berpasangan
b. Teks laporan kejadian pemilihan lagu
2. Alat: -
3. Sumber belajar:
- Irene Maria J. Astuti, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1. Guru mengucapkan salam Siswa menjawab salam
2. Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
3. Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini: Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
4. Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
5. Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
6. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
- Siapa yang pernah menolong teman yang terjatuh?
- Penting apa tidak menolong teman itu?
7. Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
- Monolong teman itu termasuk hidup rukun apa bukan?
Kegiatan Inti (150 menit)
BERDISKUSI
1. Siswa mengamati berbagai judul lagu yang akan dinyanyikan dengan teliti (mengamati).
2. Bertanya jawab tentang judul lagu yang terdapat dalam tabel (menanya).
BERNYANYI
3. Siswa memilih judul lagu yang terdapat dalam tabel melalui suara terbanyak (menalar).
4. Siswa membuat syair lagu pilihan terbanyak dengan tulisan tegak bersambung (mengomunikasikan).
5. Siswa menyanyikan lagu pilihannya dengan gerakan tepuk tangan (mencoba).
6. Siswa mengamati gambar kegiatan menari secara berpasangan (mengamati).
7. Siswa secara berpasangan menari dengan gerakan yang menarik ketika menyanyikan lagu pilihan (mencoba).
8. Bertanya jawab tentang perasaan siswa setelah melakukan tarian secara berpasangan.
9. Siswa menanggapi berbagai pernyataan teman yang disampaikan secara lisan (mengomunikasikan).
BERDISKUSI
10. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi yang terdiri atas 3 sampai 5 orang siswa.
11. Siswa menjawab pertanyaan pada bukunya secara berkelompok (menalar dan mengomunikasikan).
12. Guru perlu memberikan tata cara berdiskusi dengan bahasa yang santun.
13. Guru membimbing siswa memperoleh simpulan hasil diskusi dengan cara membantu siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang didiskusikan.
14. Guru mengarahkan siswa menjelaskan makna hidup rukun dengan bahasa yang santun (mengomunikasikan).
15. Guru selanjutnya mengarahkan siswa menemukan makna hidup rukun dalam pemungutan suara (menalar).
16. Siswa membuat kesimpulan hasil diskusinya (mengomunikasikan).
BERLATIH
17. Siswa membuat laporan hasil diskusi dengan petunjuk dan format yang dibimbing guru (mengomunikasikan).
18. Siswa melengkapi teks bacaan rumpang secara mendiri (mencoba).
19. Setelah melengkapi teks bacaan, siswa membaca teks dengan bahasa yang santun.
20. Siswa diarahkan menemukan makna yang terkandung berdasarkan teks yang dibaca (menalar).
21. Siswa diarahkan menerima keberagaman teman berdasarkan makna dari teks yang dibaca.
22. Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
23. Siswa menyimpulkan pelajaran dengan bahasa sendiri.
PENGAYAAN
1. Guru menugaskan siswa mengembangkan berbagai gerakan tarian beradasarkan nyanyi dan gerakan sebelumnya.
2. Guru menugaskan siswa menemukan berbagai contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman di lingkungan sekitar.
3. Guru menugaskan siswa menemukan berbagai keberagaman teman di lingkungan sekitar.
REMEDIAL
1. Guru membimbing kembali siswa menyanyikan lagu yang dipilih bagi yang belum dapat menyanyikannya dengan baik.
2. Guru mengulas kembali materi tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman di lingkungan sekitar.
3. Guru mengulas kembali materi tentang menemukan berbagai keberagaman teman di lingkungan sekitar bagi siswa yang belum dapat menemukan dengan baik.
Penutup (15 menit)
1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3. Melakukan penilaian.
4. Mengajak siswa berdo’a bersama.
5. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6. Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.
H. Pemilaian
1. Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan melalui diskusi kelompok tentang kerukunan
Kunci Jawaban
1. Sedikit kecewa dan sedih
2. Mengungkapkan rasa senang dengan sewajarnya dan member pengertian kepad
3. Harus berlapang dada menerima kekalahan
4. Rasa saling menghargai dan menghormati
5. Disesuaikan dengan hasil diskusi
b. Menjawab pertanyaan berdasarkan diskusi kelompok
Jumlah Soal: 5 Soal
Kunci Jawaban
1. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
2. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
3. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
4. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
5. Disesuaikan dengan jawaban siswa
c. Melengkapi teks cerita rumpang
Jumlah Soal: 3 Soal
Kunci Jawaban
1. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
2. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
3. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
3. Keterampilan
a. Menulis Syair Lagu Menggunakan Huruf Tegak Bersambung
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Syair Lagu Menggunakan Huruf Tegak Bersambung (ada pada buku guru)
b. Membuat Laporan Kelompok tentang Pemilihan Lagu di Kelas
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membuat Laporan Kelompok tentang Pemilihan Lagu di Kelas (ada pada buku guru)
Tambaharjo, 16 Juli 2014
Guru Kelas II
RINOTO
Mengetahui,
Kepala Sekolah
RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1. 3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
2. 4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingku.
Indikator:
1. 3.3.9 Mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran.
2. 4.3.8 Menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah.
Muatan Pelajaran SBDP
KD
1. 3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
2. 4.5 Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.
Indikator:
1. 3.2.2 Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
2. 4.5.1 Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.
Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD:
1. 3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
2. 4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
1. 3.5.10 Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman.
2. 4.5.9 Menemukan makna hidup rukun dalam kegiatan pemungutan suara untuk memilih pendapat terbanyak.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan memilih judul lagu dari daftar yang disediakan, siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak dengan percaya diri.
2. 2. Dengan menyanyikan lagu yang dipilih, siswa dapat menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis dengan percaya diri.
3. 3. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan bahasa yang santun.
4. 4. Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan makna hidup rukun dalam pemungutan suara untuk memilih pendapat terbanyak dengan teliti.
5. 5. Dengan membaca isi laporan, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran dengan teliti.
6. 6. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah dengan percaya diri.
D. Materi Pembelajaran
1. Keberagaman teman bermain.
2. Pola irama lagu
3. Makna hidup rukun
E. Metode Pembelajaran
1. Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2. Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3. Model: DL, PBL
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Gambar gerakan anak-anak menari berpasangan
b. Teks laporan kejadian pemilihan lagu
2. Alat: -
3. Sumber belajar:
- Irene Maria J. Astuti, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1. Guru mengucapkan salam Siswa menjawab salam
2. Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
3. Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini: Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
4. Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
5. Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
6. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
- Siapa yang pernah menolong teman yang terjatuh?
- Penting apa tidak menolong teman itu?
7. Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
- Monolong teman itu termasuk hidup rukun apa bukan?
Kegiatan Inti (150 menit)
BERDISKUSI
1. Siswa mengamati berbagai judul lagu yang akan dinyanyikan dengan teliti (mengamati).
2. Bertanya jawab tentang judul lagu yang terdapat dalam tabel (menanya).
BERNYANYI
3. Siswa memilih judul lagu yang terdapat dalam tabel melalui suara terbanyak (menalar).
4. Siswa membuat syair lagu pilihan terbanyak dengan tulisan tegak bersambung (mengomunikasikan).
5. Siswa menyanyikan lagu pilihannya dengan gerakan tepuk tangan (mencoba).
6. Siswa mengamati gambar kegiatan menari secara berpasangan (mengamati).
7. Siswa secara berpasangan menari dengan gerakan yang menarik ketika menyanyikan lagu pilihan (mencoba).
8. Bertanya jawab tentang perasaan siswa setelah melakukan tarian secara berpasangan.
9. Siswa menanggapi berbagai pernyataan teman yang disampaikan secara lisan (mengomunikasikan).
BERDISKUSI
10. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi yang terdiri atas 3 sampai 5 orang siswa.
11. Siswa menjawab pertanyaan pada bukunya secara berkelompok (menalar dan mengomunikasikan).
12. Guru perlu memberikan tata cara berdiskusi dengan bahasa yang santun.
13. Guru membimbing siswa memperoleh simpulan hasil diskusi dengan cara membantu siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang didiskusikan.
14. Guru mengarahkan siswa menjelaskan makna hidup rukun dengan bahasa yang santun (mengomunikasikan).
15. Guru selanjutnya mengarahkan siswa menemukan makna hidup rukun dalam pemungutan suara (menalar).
16. Siswa membuat kesimpulan hasil diskusinya (mengomunikasikan).
BERLATIH
17. Siswa membuat laporan hasil diskusi dengan petunjuk dan format yang dibimbing guru (mengomunikasikan).
18. Siswa melengkapi teks bacaan rumpang secara mendiri (mencoba).
19. Setelah melengkapi teks bacaan, siswa membaca teks dengan bahasa yang santun.
20. Siswa diarahkan menemukan makna yang terkandung berdasarkan teks yang dibaca (menalar).
21. Siswa diarahkan menerima keberagaman teman berdasarkan makna dari teks yang dibaca.
22. Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
23. Siswa menyimpulkan pelajaran dengan bahasa sendiri.
PENGAYAAN
1. Guru menugaskan siswa mengembangkan berbagai gerakan tarian beradasarkan nyanyi dan gerakan sebelumnya.
2. Guru menugaskan siswa menemukan berbagai contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman di lingkungan sekitar.
3. Guru menugaskan siswa menemukan berbagai keberagaman teman di lingkungan sekitar.
REMEDIAL
1. Guru membimbing kembali siswa menyanyikan lagu yang dipilih bagi yang belum dapat menyanyikannya dengan baik.
2. Guru mengulas kembali materi tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman di lingkungan sekitar.
3. Guru mengulas kembali materi tentang menemukan berbagai keberagaman teman di lingkungan sekitar bagi siswa yang belum dapat menemukan dengan baik.
Penutup (15 menit)
1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3. Melakukan penilaian.
4. Mengajak siswa berdo’a bersama.
5. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6. Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.
H. Pemilaian
1. Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan melalui diskusi kelompok tentang kerukunan
Kunci Jawaban
1. Sedikit kecewa dan sedih
2. Mengungkapkan rasa senang dengan sewajarnya dan member pengertian kepad
3. Harus berlapang dada menerima kekalahan
4. Rasa saling menghargai dan menghormati
5. Disesuaikan dengan hasil diskusi
b. Menjawab pertanyaan berdasarkan diskusi kelompok
Jumlah Soal: 5 Soal
Kunci Jawaban
1. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
2. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
3. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
4. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
5. Disesuaikan dengan jawaban siswa
c. Melengkapi teks cerita rumpang
Jumlah Soal: 3 Soal
Kunci Jawaban
1. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
2. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
3. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
3. Keterampilan
a. Menulis Syair Lagu Menggunakan Huruf Tegak Bersambung
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Syair Lagu Menggunakan Huruf Tegak Bersambung (ada pada buku guru)
b. Membuat Laporan Kelompok tentang Pemilihan Lagu di Kelas
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membuat Laporan Kelompok tentang Pemilihan Lagu di Kelas (ada pada buku guru)
Tambaharjo, 16 Juli 2014
Guru Kelas II
RINOTO
Mengetahui,
Kepala Sekolah
RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar