RPP SD Kelas 2, Tema 2 Bermain di Lingkunganku, Sub Tema 1 Bermain di Lingkungan Rumah, Pembelajaran 2 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan : SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester : II (dua) /1 (satu) - Tema/ST/PB : 2. Bermain di Lingkunganku/1. Bermain di Lingkungan Rumah /2 (dua) - Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (5 x 35 menit).
A. Kempetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
A. Kempetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Muatan Pelajaran Bahasa indonesia
KD:
1. 3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
2. 4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
1. 3.2.1 Menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan rumah.
2. 3.2.2 Menyebutkan urutan aktivitas bermain dengan topik tertentu.
3. 4.2.1 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
Muatan Pelajaran Matematika
KD
1. 3.3 Mengenal kesamaan dua ekspresi menggunakan benda konkret, symbol atau penjumlahan/pengurangan bilangan hingga satu angka.
2. 4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban.
Indikator:
1. 3.3.1 Menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku).
2. 4.5.1 Mengemukakan langkahlangkah menetukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika penjumlahan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku).
Muatan PJOK
KD:
1. 3.1 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
2. 4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator:
1. 3.1.1 Mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam
2. permainan sederhana.
3. 4.1.1 Melakukan variasi gerak jalan ke berbagai arah.
4. 4.1.2 Melakukan variasi lari ke berbagai arah.
5. 4.1.3 Melakukan variasi lompat ke berbagai arah.
6. 4.1.4 Melakukan variasi lempar ke berbagai arah.
Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1. 3.3. Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
2. 4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator:
1. 3.3.1 Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki (pendiam, ramah, suka menolong, suka marah, sabar, dll)
2. 4.3.1 Menceritakan pengalaman ketika membantu anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat (karakter)
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati guru membaca teks, siswa dapat membaca teks narasi tentang bermain di lingkungan rumah dengan percaya diri.
2. Dengan mengikuti contoh guru, siswa dapat membaca teks percakapan Beni, Ibu dan Tiur dengan percaya diri.
3. Dengan mengamati teman membaca teks percakapan, siswa dapat mengisi kalimat berdasarkan percakapan yang telah dilakukan dengan cermat.
4. Dengan mengisi kalimat berdasarkan teks percakapan, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan cermat.
5. Setelah membaca dan mengamati teks percakapan, siswa dapat mengatakan makna keberagaman karakteristik individu di rumah dengan cermat.
6. Dengan mengamati gambar acak, siswa dapat menyebutkan urutan aktivitas bermain belanja-belanjaan dengan cermat dan bertanggungjawab.
7. Dengan melengkapi kalimat, siswa dapat menceritakan pengalaman ketika membantu anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat dalam berbelanja dengan percaya diri.
8. Dengan bimbingan guru, siswa dapat melakukan permainan belanja-belanjaan dengan bertanggungjawab.
9. Dengan mengamati teks bermain yang dilakukan Beni dan Tiur, siswa dapat menceritakan aktivitas bermain dilingkungan rumah dengan percaya diri.
10. Dengan media gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana dengan percaya diri.
11. Dengan memperhatikan media gambar, siswa dapat melakukan variasi gerak jalan ke berbagai arah dengan percaya diri.
12. Dengan memperhatikan media gambar, siswa dapat melakukan variasi lari ke berbagai arah dengan percaya diri.
13. Dengan memperhatikan media gambar, siswa dapat melakukan variasi lompat ke berbagai arah dengan percaya diri.
14. Dengan memperhatikan media gambar, siswa melakukan gerak lempar ke berbagai arah dengan percaya diri.
15. Dengan mengamati contoh soal, siswa dapat menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) dengan percaya diri.
16. Dengan mengamati soal, siswa dapat mengemukakan langkah-langkah menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika penjumlahan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku) dengan percaya diri.
D. Materi Pembelajaran
1. Aktivitas bermain di lingkungan rumah
2. Penjumlahan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku).
3. Gerak dasar lokomotor
4. Keberagaman anggota keluarga
E. Metode Pembelajaran
1. Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2. Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3. Model: DL, PBL
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Gambar Beni berdiri di depan pintu sambil memegang bola.
b. Teks percakapan tentang “Beni akan Bermain Bola”.
c. Gambar acak tentang “Beni dan Tiur Berbelanja”.
d. Gambar Tiur bermain dengan gerakan loncat sambil mengayunkan tali.
e. Gambar Beni bermain dengan gerakan loncat sambil mengayunkan tali.
f. Gambar tentang gerakan lokomotor yang dilakukan Beni dan Tiur.
2. Alat: -
3. Sumber belajar:
- Taufina, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 2 “Bermain di Lingkunganku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Taufina, dkk. 2014. Buku Guru Kelas 2 Tema 2 “Bermain di Lingkunganku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1. Guru mengucapkan salam
2. Siswa menjawab salam
3. Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4. Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
5. Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
6. Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
7. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan pembelajaran sebelumnya.
- Jika ada kakak atau adik kalian yang sakit, maukan kalian menemaninya bermain di rumah?
8. Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
- Coba sebutkan permainan apa saja yang bisa kalian lakukan di rumah?
Kegiatan Inti (150 menit)
MENGAMATI
1. Pada awal pembelajaran siswa menyimak penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan.
2. Siswa membaca teks narasi tentang permainan di rumah yang dituliskan kemarin sesuai dengan instruksi guru (mengamati).
3. Siswa mengamati gambar teks percakapan pada buku siswa. (mengamati).
4. Siswa membaca teks percakapan Beni, Tiur dan Ibu sesuai dengan instruksi guru (mengamati).
5. Siswa diarahkan oleh guru untuk mengamati teks percakapan Beni, Tiur dan Ibu dengan cermat.
6. Siswa mengamati percakapan yang diperagakan beberapa orang siswa di depan kelas (mengamati).
7. Siswa mengisi kalimat berdasarkan percakapan yang telah diperagakan di depan kelas (mengasosiasi).
8. Siswa menjelaskan keberagaman anggota keluarga ber dasarkan sifat-sifat yang dimiliki (mengumpulkan informasi).
9. Siswa mengidentifikasi makna keberagaman karakteristik individu di rumah berdasarkan teks percakapan yang telah diperagakan (mengasosiasi).
BERLATIH
10. Siswa diarahkan oleh guru untuk mengurutkan gambar bermain belanja-belanjaan dengan percaya diri.
11. Siswa mengamati gambar acak bermain belanja-belanjaan yang pada buku siswa (mengamati).
12. Siswa menyebutkan urutan aktivitas bermain belanjabelanjaan berdasarkan gambar acak (mengumpulkan informasi).
BERCERITA
13. Siswa dibimbing untuk menceritakan pengamalan berbelanja yang pernah dilakukan dengan percaya diri.
14. Siswa melengkapi kalimat menceritakan pengalaman ketika membantu anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat dalam berbelanja (mengomunikasikan).
BERLATIH
15. Siswa dibimbing oleh guru melakukan kegiatan bermain dengan bertanggungjawab (mengamati).
16. Siswa bermain belanja-belanjaan sesuai dengan instruksi guru di depan kelas (mengumpulkan informasi).
BERAKTIVITAS
17. Siswa dibimbing oleh guru untukberolah raga dengan bertanggungjawab.
18. Siswa mengamati media gambar Tiur dan Beni bermain lompat tali dan permainan lainnya (mengamati).
19. Siswa mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan lompat tali dan permainan lainnya berdasarkan gambar yang terdiri dari jalan, lari, lompat dan lempar (mengasosiasi).
20. Siswa melakukan variasi gerak jalan ke berbagai arah.
21. Siswa melakukan variasi gerak lari ke berbagai arah.
22. Siswa melakukan variasi gerak lompat ke berbagai arah.
23. Siswa melakukan variasi gerak lempar ke berbagai arah.
BERLATIH
1. Siswa diarahkan oleh guru untuk mengerjakan penjumlahan dengan percaya diri.
2. Siswa mengamati contoh soal pada buku siswa (mengamati).
3. Siswa menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) (mengumpulkan informasi).
4. Siswa mengemukakan langkah-langkah menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika penjumlahan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku) (mengumpulkan informasi).
Penutup (15 menit)
1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3. Melakukan penilaian.
4. Mengajak siswa berdo’a bersama.
5. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6. Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.
H. Pemilaian Pembelajaran
1. Penilain Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
Minggu ke: 5 Bulan: September 2014 Sub Tema Bermain di Lingkungan Rumah
No Nama Siswa Perubahan Tingkah Laku
Cermat Percaya Diri Bertanggjawab
BT MT MB SM BT MT MB SM BT MT MB SM
1 Ahmad Mujib
2 Mahmud
3 Azam Fajri
4 Bayu Ramadani
5 Devi Tri Widiastuti
6 Eko Satria
7 Fiddotun Nur Saputri
8 Imam Nur Hidayah
9 Mohamad Rois Fauzi
10 Nadia Citra Nariswari
11 Najwa Putri R.
12 Nurotul Abiansyah
13 Nurul Chayati
14 Pandu Setyo Pambudi
15 Rani Vitasari
16 Retno Widiasih
17 sofa Nazilatul Khusna
18 Umni Ainur Rohmah
19 Zahra Ramadani
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian : Penskoran
a. Melengkapi kalimat berdasarkan teks keberagaman di rumah
Banyak soal : 3 buah
Skor maksimal : 100
Kunci jawaban :
1) Bosan (skor 30)
Khawatir dengan keadaan Beni
Perhatian kepada Beni
2) Bermain di luar rumah (skor 30)
Beni istirahat di rumah
Beni bermain di dalam rumah
3) Jawaban berdasarkan pendapat siswa (skor 40)
b. Menyebutkan urutan aktivitas bermain belanja-belanjaan
Banyak soal : 1 buah
Skor maksimal : 100
b – d – f – e – c – a (skor 100)
500 – 175 = 325 dan 500 – 325 = 175 kembalian
c. Menentukan suku yang belum diketahui dalam kalimat matematika penjumlahan.
Banyak soal : 4 buah
Skor maksimal : 100
1) 12 (skor 25)
2) 19 (skor 25)
3) 12 (skor 25)
4) 23 (skor 25)
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Peniaian Kemampuan Membaca Narasi
b. Rubrik Penilaian Melengkapi Kalimat Menceritakan Pengalaman Membantu Keluarga Berbelanja
c. Lembar Pengamatan Aktivitas Gerakan Lokomotor (Jalan, Lari, Lompat, dan Lempar)
d. Hasil Pengamatan Aktifitas Gerakan Lokomotor (Jalan, Lari, Lompat, dan Lempar)
e. Lembar Pengamatan Mengurutkan Gambar Acak
f. Hasil Pengamatan Mengurutkan Gambar Acak
g. Rubrik Penilaian Mengemukakan Langkah-Langkah Menentukan Suku yang Belum Diketahui dari Kalimat Matematika Penjumlahan (Ruas Kanan dan Kiri terdiri dari 2 Suku).
(Rubrik ada pada buku guru)
PENGAYAAN
1. Jika siswa sudah paham menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) maka guru memberi soal tambahan.
2. Jika siswa sudah paham mengurutkan gambar acak bermain di lingkungan rumah maka guru memberikan tugas tambahan pada siswa.
3. Jika siswa sudah bisa melakukan gerakan lokomotor maka siswa melakukan gerakan lokomotor lainnya sesuai instruksi guru.
4. Jika siswa sudah bisa menceritakan pengamalan ketika membantu anggota keluarga maka guru memberikan latihan tambahan.
REMEDIAL
1. Guru mengulang konsep menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) bagi siswa yang belum memahami.
2. Guru memberi perbaikan bagi siswa yang belum mampu mengurutkan gambar acak bermain di lingkungan rumah.
3. Guru memberikan pengulangan pembelajaran gerakan lokomotor bagi siswa yang tidak mampu melakukan gerak lokomotor.
4. Guru memberikan pengulangan kegiatan bagi siswa yang belum mampu menceritakan pengamalan ketika membantu anggota keluarga.
Refleksi:
a. Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
...............................................................................
b. Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
b. Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
...............................................................................
c. Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
c. Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
...............................................................................
d. Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
d. Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
...............................................................................
Belajar Bersama Orang Tua:
Ulangi kegiatan berlomba menghitung ke depan di rumah, juga beragam jenis gerakan dasar dengan arah berbeda (ke depan, ke belakang, dan ke samping).
Tambaharjo, 4 September 2014
Belajar Bersama Orang Tua:
Ulangi kegiatan berlomba menghitung ke depan di rumah, juga beragam jenis gerakan dasar dengan arah berbeda (ke depan, ke belakang, dan ke samping).
Tambaharjo, 4 September 2014
Guru Kelas II
RINOTO
RINOTO
Mengetahui,
Kepala Sekolah
RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
Kepala Sekolah
RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar