RPP SD Kelas 2 Tema 2 Bermain di Lingkunganku Sub Tema 1 Bermain di Lingkungan Rumah Pembelajaran 3 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan : SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester : II (dua) /1 (satu) - Tema/ST/PB : 2. Bermain di Lingkunganku/1. Bermain di Lingkungan Rumah /3 (tiga) - Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (5 x 35 menit).
A. Kempetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
A. Kempetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Muatan Pelajaran Bahasa indonesia
KD:
1. 3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
2. 4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
1. 3.2.1 Menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar.
2. 4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
Muatan Pelajaran Matematika
KD
1. 3.3 Mengenal kesamaan dua ekspresi menggunakan benda konkret, symbol atau penjumlahan/pengurangan bilangan hingga satu angka.
2. 4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban.
Indikator:
1. 3.3.3 Menetukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku).
2. 4.5.3 Mengemukakan langkahlangkah menetukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku).
Muatan SBdP
KD:
1. 3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
2. 4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
Indikator:
1. 3.1.3 Menyebutkan bahan dan alat membuat karya seni rupa
2. 4.1.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati teks bacaan tentang kegiatan berbelanja, siswa dapat membaca teks narasi Menolong Ibu Berbelanja dengan percaya diri.
2. Dengan berdiskusi, siswa dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks narasi Menolong Ibu Berbelanja dengan cermat.
3. Dengan teks tentang aktivitas, siswa dapat menceritakan isi bacaan dengan bahasa sendiri di depan kelas dengan percaya diri dan bertanggungjawab.
4. Dengan mengamati dan mempelajari contoh soal, siswa dapat menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) dengan bertanggung jawab.
5. Dengan mengamati contoh soal, siswa dapat mengemukakan langkah-langkah menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku) dengan bertanggungjawab.
6. Dengan tanya jawab dan bimbingan guru, siswa dapat menyebutkan alat dan bahan membuat karya seni rupa dengan percaya diri.
7. Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur dengan cermat dan bertanggungjawab.
D. Materi Pembelajaran
1. Aktivitas bermain di lingkungan sekitar
2. Penjumlahan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku).
3. Bahan dan alat karya seni rupa
E. Metode Pembelajaran
1. Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2. Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3. Model: DL, PBL
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Gambar Tiur menggunakan uang saat berbelanja.
b. Teks percakapan tentang Tiur ditugaskan berbelanja.
c. Gambar barang belanjaan Tiur.
d. Gambar 3 kotak pensil warna, sekotak 6 batang.
e. Gambar 10 buah bola kasti dilingkari per 2 buah.
f. Gambar bahan belanjaan Tiur (gula pasir dan gula halus).
g. Gambar ibu berbaju terusan panjang motif bunga-bunga.
h. Gambar Beni berkemeja tangan pendek motif kotak-kotak.
i. Gambar Tiur berbaju terusan pendek motif bola-bola.
j. Gambar batang kayu coklat.
k. Gambar bola bergaris-garis hitam putih.
l. Gambar harimau bulu loreng hitam kuning.
m. Gambar tirai jendela kuning polos.
2. Alat: -
3. Sumber belajar:
- Taufina, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 2 “Bermain di Lingkunganku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Taufina, dkk. 2014. Buku Guru Kelas 2 Tema 2 “Bermain di Lingkunganku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1. Guru mengucapkan salam
2. Siswa menjawab salam
3. Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4. Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
5. Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
6. Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
7. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan pembelajaran sebelumnya.
- Coba sebutkan kegiatan apa saja yang bisa kalian lakukan di rumah?
8. Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
- Jika diperintah oleh Ibu untuk berbelanja, bagaimana sikap kamu?
Kegiatan Inti (150 menit)
MENGAMATI
1. Siswa dibimbing oleh guru membaca cerita Menolong Ibu Berbelanja dengan percaya diri.
2. Siswa mengamati gambar pada teks bacaan Menolong Ibu Berbelanja (mengamati).
3. Siswa membaca nyaring teks bacaan Menolong Ibu Berbelanja (mengamati).
BERDISKUSI
4. Siswa dibimbing oleh guru berdiskusi bersama teman men jawab per tanyaan berdasarkan teks dengan bertang gungjawab. (mengumpulkan informasi).
BERCERITA
5. Siswa menceritakan isi teks bacaan yang telah dibaca dengan bahasa sendiri secara lisan di depan kelas (mengo munikasikan).
BERLATIH
6. Siswa mempelajari contoh soal menentukan suku yang belum diketahui berkaitan dengan pengurangan (mengum pulkan informasi).
7. Siswa menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) (mengumpulkan informasi).
8. Siswa mengemukakan langkah-langkah menetukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku) (mengomunikasikan).
BERAKTIVITAS
9. Siswa diarahkan oleh guru untuk berkreasi dengan mengamati berbagai benda dengan percaya diri.
10. Siswa mengamati gambar tentang tekstur gula pasir dan gula halus (mengamati).
11. Siswa memegang untuk membedakan tekstur gula pasir dan gula halus yang diberikan guru (mengumpulkan informasi).
12. Siswa mengamati gambar tentang berbagai baju dengan tekstur dan motif yang berbeda (mengamati).
13. Siswa mendeskripsikan gambar tentang berbagai baju dengan tekstur dan motif yang berbeda (mengomunikasikan).
14. Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan tekstur dan motif yang diamati (mengomuni kasikan).
15. Siswa bertanya tentang bentuk dan tekstur pada karya seni rupa (menanya).
16. Siswa mengamati gambar tentang tekstur dan motif berbagai benda di lingkungan sekitar (mengamati).
17. Siswa membedakan tekstur dan motif berbagai benda di lingkungan sekitar (mengumpulkan informasi).
18. Siswa mengamati gambar benda yang bermotif timbul (mengamati).
19. Siswa bertanya tentang motif timbul (menanya).
20. Siswa membedakan motif pada benda timbul (mengumpulkan informasi).
21. Siswa menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur tekstur (mengomuni kasikan).
Penutup (15 menit)
1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3. Melakukan penilaian.
4. Menginformasikan tema pembelajaran yang akan datang, yaitu tentang cara membuat cincau.
5. Mengajak siswa berdo’a bersama.
6. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
7. Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.
H. Pemilaian Pembelajaran
1. Penilain Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
Minggu ke: 5 Bulan: September 2014 Sub Tema Bermain di Lingkungan Rumah
No Nama Siswa Perubahan Tingkah Laku
Cermat Percaya Diri Bertanggjawab
BT MT MB SM BT MT MB SM BT MT MB SM
1 Ahmad Mujib
2 Mahmud
3 Azam Fajri
4 Bayu Ramadani
5 Devi Tri Widiastuti
6 Eko Satria
7 Fiddotun Nur Saputri
8 Imam Nur Hidayah
9 Mohamad Rois Fauzi
10 Nadia Citra Nariswari
11 Najwa Putri R.
12 Nurotul Abiansyah
13 Nurul Chayati
14 Pandu Setyo Pambudi
15 Rani Vitasari
16 Retno Widiasih
17 sofa Nazilatul Khusna
18 Umni Ainur Rohmah
19 Zahra Ramadani
2. Penilaian Pengetahuan
a. Berdiskusi menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan (skor 100).
Banyak soal : 3 buah
Kunci jawaban :
1) Senang, karena Tiur senang membantu ibu (skor 35).
2) Kerena Beni dan Tiur senang membantu (skor 35).
3) Baik, senang membantu (skor 30).
b. Menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan
dengan pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) (skor 100).
Banyak soal : 4 buah
Kunci jawaban :
1) 15 (skor 25)
2) 95 (skor 25)
3) 123 (skor 25)
4) 234 (skor 25)
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Narasi
b. Rubrik Penilaian Menceritakan Aktivitas Isi Bacaan Menolong Ibu Berbelanja
c. Rubrik Penilaian Mengemukakan Langkah-Langkah Menentukan Suku yang Belum Diketahui dari Kalimat Matematika Pengurangan (Ruas Kanan dan Kiri terdiri dari 2 Suku).
d. Rubrik Penilaian Menggambar Ekspresif dengan Mengolah Garis, Warna, Bentuk dan Tekstur.
(Rubrik ada pada buku guru)
PENGAYAAN
1. Guru memberikan soal latihan tambahan bagi siswa menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku).
2. Guru memberikan latihan tambahan dengan berbagai teks bagi siswa yang mampu membaca narasi secara lancar.
3. Guru memberikan memberikan tugas tambahan bagi siswa yang bisa membuat gambar ekspresi.
REMEDIAL
1. Guru mengulang konsep menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) bagi siswa yang belum memahami.
2. Guru memberikan pengulang pembelajaran bagi siswa yang belum mampu membaca narasi secara lancar.
3. Guru memberikan pengulangan pembelajaran bagi siswa yang belum mampu membuat gambar ekspresi.
Refleksi:
a. Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
...............................................................................
b. Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
...............................................................................
c. Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
...............................................................................
d. Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
...............................................................................
Belajar Bersama Orang Tua:
Di rumah, orang tua mengajak anak mengamati dan membandingkan rasa/tekstur serta motif berbagai benda di lingkungan rumah. Anak diajak berdiskusi tentang suatu benda yang memiliki tekstur dan motif yang berbeda sekaligus, misalnya tas tangan (talinya kulit lembut, badan tasnya karung atau anyaman daun kelapa), pintu (badan pintu dari kayu agak kasar, kunci dan engsel dari besi halus, has nyamuk dari kawat berlubang-lubang). Keberagaman ini diperlukan agar lebih bermanfaat.
...............................................................................
d. Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
...............................................................................
Belajar Bersama Orang Tua:
Di rumah, orang tua mengajak anak mengamati dan membandingkan rasa/tekstur serta motif berbagai benda di lingkungan rumah. Anak diajak berdiskusi tentang suatu benda yang memiliki tekstur dan motif yang berbeda sekaligus, misalnya tas tangan (talinya kulit lembut, badan tasnya karung atau anyaman daun kelapa), pintu (badan pintu dari kayu agak kasar, kunci dan engsel dari besi halus, has nyamuk dari kawat berlubang-lubang). Keberagaman ini diperlukan agar lebih bermanfaat.
Tambaharjo, 5 September 2014
Guru Kelas II
Guru Kelas II
Rinoto
Mengetahui,
Kepala Sekolah
RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
Mengetahui,
Kepala Sekolah
RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar