RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 3

 on Thursday, September 4, 2014  

RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 3 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan    :    SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester    :    II (dua) /1 (satu) - Tema/ST/PB    :    1. Hidup Rukun/2. Hidup Rukun dengan Teman Bermain/3 (tiga) - Alokasi Waktu    :    1 x pertemuan (5 x 35 menit).

A.    Kempetensi Inti
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
Muatan Pelajaran SBDP
KD:
  1. 3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
  2. 4.7 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna.
Indikator:
1.    3.2.2 Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
2.    4.7.1 Membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna.
3.    4.7.2 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna.

Muatan Pelajaran Matematika
KD
1.    3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok Dienes (kubus satuan)
2.    4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100

Indikator:
1.    3.1.5 Menentukan nilai tempat bilangan
2.    4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100.

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD:
1.    3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
2.    4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator:
1.    3.5.9 Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
2.    4.5.6 Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.

C.    Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan menyanyikan lagu “Naik Sepeda”, siswa dapat membedakan pola irama lagu dengan alat musik ritmis dengan percaya diri.
  2. Dengan mengikuti teks lagu “Naik Sepeda”, siswa dapat membuat syair lagu anak-anak sederhana sesuai irama lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” dengan bahasa yang santun.
  3. Dengan penugasan, siswa dapat menyanyikan lagu yang telah dibuat sesuai irama lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” dengan percaya diri.
  4. Denganmembacateksbacaan, siswa dapat mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
  5. Dengan bermain peran, siswa dapat menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
  6. Dengan penugasan, siswa dapat menentukan nilai tempat bilangan dengan teliti.
  7. Dengan membaca teks bacaan dan penugasan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana kurang dari 100 dengan teliti.
D.    Materi Pembelajaran
1.    Pola irama lagu
2.    Bilangan asli sampai 500
3.    Contoh sikap hidup rukun

E.    Metode Pembelajaran
1.    Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2.    Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3.    Model: DL, PBL

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media:
a.    Contoh teks lagu “Naik Sepeda”
b.    Gambar cara menentukan nilai tempat
2.    Alat: -

3.    Sumber belajar:
-    Irene Maria J. Astuti, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1.    Guru mengucapkan salam Siswa menjawab salam
2.    Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
3.    Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini: Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
4.    Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
5.    Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
6.    Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
-    Pernahkan kamu membantu teman?
-    Jika kamu melihat temanmu kerepotan, apakah kamu mau membantunya?
7.    Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
-    Coba siapa yang bisa memberikan contoh hidup rukun dengan teman?

Kegiatan Inti (150 menit)
1.    MENGAMATI
2.    Siswa mengamati teks lagu “Naik Sepeda” dengan teliti (mengamati).
 
RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 3

3.    Siswa mendengarkan guru menyanyikan lagu “Naik Sepeda” sesuai irama lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” (mengamati).
4.    Guru memberi contoh beberapa lagu dengan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
5.    Siswa diminta membedakan pola irama rata dan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis (menalar).
6.    Siswa memperhatikan demonstrasi guru tentang pola irama pada beberapa lagu menggunakan alat musik ritmis dengan teliti (mengamati).
7.    Siswa menyanyikan lagu naik sepeda dengan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis (mencoba).
8.    Siswa diminta membedakan pola irama rata dan pola irama bervariasi pada alat musik ritmik dengan teliti (menalar).
9.    BERKREASI
10.    Siswa membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna dengan menggunakan sebuah irama lagu dengan percaya diri (mencoba).
11.    Guru membimbing siswa agar menuliskan syair lagu dengan bahasa yang santun.
12.    Siswa kemudian diarahkan untuk menyanyikan lagu yang telah dibuat (mengomunikasikan).
13.    Siswa membaca teks bacaan mengenai hidup rukun (mengamati).
14.    Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan tenatng hidup rukun (menalar).
15.    BERMAIN PERAN
16.    Siswa membuat teks percakapan yang berisi tentang permohonan maaf (mencoba).
17.    Siswa memperagakan teks percakapan yang dibuat di depan kelas (mencoba).
18.    MENGAMATI
19.    Siswa mengamati gambar mengenai nilai tempat (mengamati)
20.    Siswa mengisi tabel mengenai nilai tempat (menalar)
21.    Siswa membaca teks bacaan tentang alamat rumah yang memuat lambang bilangan (mengamati)
22.    Siswa mengamati pola bilangan (mengamati)
23.    BERDISKUSI
24.    Guru menjelaskan kepada siswa cara berdiskusi dengan baik.
25.    Siswa berdiskusi tentang kerukunan (mengomunikasikan).
26.    Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.
27.    Siswa menyimpukan pelajaran dengan bahasa sendiri.

PENGAYAAN
1.    Guru menugaskan siswa menemukan permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam aktivitas yang lain.
2.    Guru menugaskan siswa membuat lagu yang lain dengan kata-kata sendiri dan membuatnya dalam buku kecil.
3.    Guru menugaskan siswa menentukan pola-pola bilangan pada soal-soal yang lain.

REMEDIAL
1.    Guru membahas kembali materi tentang menemukan permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun bagi siswa yang belum paham.
2.    Guru membimbing siswa kembali membuat lagu sendiri bagi siswa yang belum dapat membuatnya dengan katakata sendiri.
3.    Guru membahas kembali materi tentang menentukan polapola bilangan bagi siswa yang belum paham.

Kegiatan Akhir (15 menit)
1.    Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2.    Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3.    Melakukan penilaian.
4.    Mengajak siswa berdo’a bersama.
5.    Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6.    Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.

H.    Pemilaian
1.    Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan (rubrik ada pada buku guru)
2.    Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menuliskan pendapat tentang hidup rukun
Jumlah Soal: 3 Soal
Kunci Jawaban:
1. Menurutku, sebaiknya udin menolong edo menyelesaikan tugasnya.
2. Menurutku, sebaiknya udin meminta maaf Edo kerena tidak bisa membantunya
3. Menurutku, sebaiknya Edo memaafkan Udin

b. Melengkapi Tabel Tentang Nilai Tempat
Jumlah Soal: 2 Soal
Kunci Jawaban:

RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 3

c. Melengkapi Pola Bilangan
Jumlah Soal: 1 Soal
Kunci Jawaban:
1. Jawaban beragam (disesuaikan dengan jawaban siswa)
2. Jawaban beragam (disesuaikan dengan jawaban siswa)
3. Jawaban beragam (disesuaikan dengan jawaban siswa)
4. Jawaban beragam (disesuaikan dengan jawaban siswa)
5. Jawaban beragam (disesuaikan dengan jawaban siswa)

3.    Keterampilan
a. Membuat Syair Lagu dengan Kata-kata Sendiri
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membuat Syair Lagu dengan Kata-kata Sendiri

RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 3

b. Membuat Teks Percakapan Tentang Permohonan Maaf
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Membuat Teks Percakapan Permohonan Maaf (terdapat dalam buku guru)

c. Bermain Peran
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Bermain Peran (terdapat dalam buku guru)

d. Berdiskusi tentang Menjaga Kerukunan
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Hasil Diskusi tentang Menjaga Kerukunan (terdapat dalam buku guru)

Tambaharjo, 16 Juli 2014
Guru Kelas II
RINOTO

Mengetahui,
Kepala Sekolah

RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 3 4.5 5 Unknown Thursday, September 4, 2014 RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 3 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pe...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar