RPP SD Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 2 Bermain di Lingkunganku Sub Tema 1 Bermain di Lingkungan Rumah Pembelajaran 5 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan : SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester : II (dua) /1 (satu) - Tema/ST/PB : 2. Bermain di Lingkunganku/1. Bermain di Lingkungan Rumah /5 (lima) - Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (5 x 35 menit).
A. Kempetensi Inti
A. Kempetensi Inti
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Muatan Pelajaran Bahasa indonesia
KD:
1. 3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
2. 4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator:
1. 3.2.1 Menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar.
2. 3.2.2 Menyebutkan urutan aktivitas bermain dengan topik tertentu.
3. 4.2.1 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
Muatan Pelajaran PJOK
KD
1. 3.1 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
2. 4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator:
1. 3.1.1 Menjelaskan konsep pola gerak dasar lokomotor berdasarkan permainan yang dilakukan
2. 4.1.1 Berjalan merubah arah dengan isyarat.
3. 4.1.2 Berlari merubah arah dengan isyarat.
4. 4.1.3 Mengkombinasikan gerak jalan, lari, dan lompat.
5. 4.1.4 Mengontrol tubuh dalam start.
6. 4.1.5 Mengontrol tubuh dalam berhenti.
Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1. 3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
2. 4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator:
1. 3.4.5 Menjelaskan arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah.
2. 4.4.1 Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca teks, siswa dapat menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan percaya diri dan intonasi yang tepat.
2. Dengan teks bacaan, siswa dapat membacakan teks cerita bermain ke rumah Beni dengan cermat.
3. Dengan membaca teks dari guru, siswa dapat menuliskan teks cerita mencari harta karun dengan menggunakan huruf tegak bersambung dengan cermat.
4. Dengan membaca teks, siswa dapat mengurutkan gambar dari awal hingga akhir sesuai bacaan dengan cermat
5. Dengan mengurutkan gambar, siswa dapat bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dengan bertanggung jawab.
6. Dengan melakukan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah dengan percaya diri.
7. Dengan berdiskusi dengan teman sebangku, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan gambar bermain mencari harta karun dengan bertanggung jawab
8. Dengan mengamati, siswa dapat menuliskan tentang ciri-ciri teman di kelas pada tabel dengan cermat.
9. Dengan melakukan permainan, siswa dapat menulis nomor urutan gambar sesuai dengan bacaan tentang 6 kegiatan permainan mencari harta karun dengan bertanggung jawab.
10. Dengan melakukan permainan mencari harta karun, siswa dapat berjalan merubah arah dengan isyarat dengan cermat dan percaya diri.
11. Dengan melakukan permainan mencari harta karun, siswa dapat berlari merubah arah dengan isyarat dengan cermat dan percaya diri.
12. Dengan melakukan permainan mencari harta karun, siswa dapat mengkombinasikan gerak jalan, lari, dan lompat dengan percaya diri.
13. Dengan permainan mencari harta karun, siswa dapat mengontrol tubuh dalam start dengan percaya diri.
14. Dengan permainan mencari harta karun, siswa dapat mengontrol tubuh dalam berhenti dengan percaya diri.
15. Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan konsep pola gerak dasar lokomotor berdasarkan permainan yang dilakukan dengan cermat dan percaya diri.
16. Dengan diskusi kelompok siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan permainan mencari harta karun yang telah dilakukan.
D. Materi Pembelajaran
1. Aktivitas bermain di lingkungan sekitar
2. Pola gerak dasar lokomotor
3. Bersatu dalam keberagaman
E. Metode Pembelajaran
1. Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2. Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3. Model: DL, PBL
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Gambar acak tentang permainan mencari harta karun.
b. Gambar acak tentang berbagai gerakan lokomotor dalam sebuah permainan mencari harta karun.
c. Teks bacaan tentang harta karun
2. Alat: -
3. Sumber belajar:
- Taufina, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 2 “Bermain di Lingkunganku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1. Guru mengucapkan salam
2. Siswa menjawab salam
3. Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4. Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
5. Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
6. Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
7. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan pembelajaran sebelumnya.
- Jika kalian menyapu lantai kelas ini sendirian capai apa tidak?
- Agar tidak capai, seharuanya bagaimana?
8. Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
- Pernahkan kalian melihat permainan sepak bola?
- Pemainnya berapa?
- Bagaimana jika dilakukan sendirian?
- Apakah bisa membuat gol?
Kegiatan Inti (150 menit)
MENGAMATI
1. Siswa mengamati gambar (mengamati).
BERCERITA
2. Guru memberikan arahan kepada siswa untuk menceritakan permainan yang sering dimainkan di lingkungan sekitar rumah dengan percaya diri dan dengan intonasi yang tepat ke depan kelas (mengamati).
3. Siswa mengamati teks permainan kegemarannya (mengamati).
4. Siswa mengamati cara melakukan permainan kegemarannya (mengamati).
5. Siswa menanya tentang permainan kegemaran temannya (menanya).
6. Siswa menanya tentang cara melakukan permainan kegemarannya (menanya).
7. Siswa menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan percaya diri dan intonasi yang tepat (mengomunikasikan).
MEMBACA
8. Guru memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat.
9. Siswa mendengarkan contoh guru membaca cerita tentang bermain ke rumah Beni (mengamati).
10. Siswa membacakan teks cerita bermain ke rumah Beni dengan mengikuti contoh guru (mengamati).
MENULIS
11. Siswa menuliskan kembali cerita mencari harta karun dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan huruf kapital dengan tepat (mengomunikasikan).
BERLATIH
12. Guru memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat.
13. Siswa mengamati gambar acak tentang bermain harta karun (mengamati).
14. Siswa mengurutkan gambar acak tentang bermain harta karun (mengasosiasi).
15. Siswa menyebutkan urutan bermain mencari harta karun (mengomunikasikan).
16. Siswa bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah (mengomunikasikan).
17. Siswa menjelaskan arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah. (mengomunikasikan).
BERDISKUSI
18. Guru memberi arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan bertanggung jawab.
19. Siswa berdiskusi dengan teman sebangku menjawab pertanyaan berdasarkan gambar bermain mencari harta karun (mengasosiasi).
20. Siswa menuliskan ciri-ciri fisik teman-teman di kelasnya pada tabel (mengumpulkan informasi).
21. Siswa menjawab pertanyaan tentang ciri-ciri teman di kelasnya yang berdasarkan tabel (mengasosiasi).
BERAKTIVITAS
1. Guru memberi arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan bertanggung jawab.
2. Siswa membaca bacaan tentang 6 kegiatan permainan mencari harta karun (mengamati).
3. Siswa mengamati gambar tentang kegiatan permainan mencari harta karun berdasarkan instruksi teman
4. (mengamati).
5. Siswa ditugaskan untuk menulis nomor urut gambar sesuai dengan bacaan tentang 6 kegiatan permainan mencari harta karun (mengasosiasi).
6. Siswa bertanya tentang kegiatan yang akan dilakukan berkaitan dengan kegiatan lokomotor di lapangan (menanya).
7. Siswa menyimak penjelasan guru tentang kegiatan yang dilakukan (mengamati).
8. Siswa melakukan permainan mencari harta karun secara berkelompok (mengumpulkan informasi).
9. Siswa berjalan 5 langkah ke depan lalu belok kiri dan berjalan 4 langkah ke depan (mengumpulkan informasi).
10. Siswa berjalan mengitari pohon dua kali (mengumpulkan informasi).
11. Siswa berlari ke depan lalu melompat untuk mengambil benda yang dicari di atas gantungan baju (mengumpulkan informasi).
12. Siswa berjalan melewati rintangan berupa anak tangga yang diletakan di tanah (mengumpulkan informasi).
13. Siswa berjalan ke depan 3 langkah lalu berjalan ke samping 5 lagkah (mengumpulkan informasi).
14. Siswa meloncat dari satu batu ke batu tapak di taman (mengumpulkan informasi).
15. Siswa mengontrol tubuh dalam star dan dalam berhenti (mengumpulkan informasi).
16. Siswa menjelaskan konsep pola gerak lokomotor berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan (mengomunikasikan).
17. Siswa menjawab pertanyaan berda sarkan permainan mencari harta karun yang telah dilakukan (menalar) secara kelompok (mengomunikasikan).
Penutup (15 menit)
1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3. Melakukan penilaian.
4. Mengajak siswa berdo’a bersama.
5. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6. Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.
H. Pemilaian Pembelajaran
1. Penilain Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
Minggu ke: 5 Bulan: September 2014 Sub Tema Bermain di Lingkungan Rumah
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian : Penskoran
a. Penilain menjawab pertanyaan dengan berdiskusi berdasarkan gambar yang telah diurutkan siswa
Tes tertulis : skor
Banyak soal: 2 buah
Kunci jawaban:
1) Kerjas sama (skor 30)
2) Kita jarang mengenal perbedaan teman, kita hanya memilii sedikit teman, kita tidak disukai teman (jawaban bervariasi disesuaikan dengan jawaban siswa)(skor 70)
b. Mengisi tabel ciri-ciri fisik teman.
Tes tertulis : skor
Kunci jawaban : disesuaikan dengan jawaban siswa.
c. Menjawab pertanyaan berdasarkan tabel yang telah diisi siswa
Tes tertulis: skor
Jumlah soal: 3 buah
Kunci jawaban:
1) Berbeda (skor 35)
2) Berbeda (skor 35)
3) bersatu (skor 30)
d. Menjawab pertanyaan berdasarkan permainan mencari harta karun yang telah dilakukan.
Tes tertulis : skor
Kunci jawaban : (jawaban disesuikan dengan jawaban siswa)
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Penilaian Menceritakan Kegiatan Bermain di Lingkungan Rumah (ada pada buku guru)
b. Rubrik Penilaian Kemampuan Membacakan Teks Narasi (ada pada buku guru)
c. Rubrik Penilaian Menulis Narasi (ada pada buku guru)
Muatan Pelajaran Bahasa indonesia
KD:
1. 3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
2. 4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator:
1. 3.2.1 Menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar.
2. 3.2.2 Menyebutkan urutan aktivitas bermain dengan topik tertentu.
3. 4.2.1 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
Muatan Pelajaran PJOK
KD
1. 3.1 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
2. 4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator:
1. 3.1.1 Menjelaskan konsep pola gerak dasar lokomotor berdasarkan permainan yang dilakukan
2. 4.1.1 Berjalan merubah arah dengan isyarat.
3. 4.1.2 Berlari merubah arah dengan isyarat.
4. 4.1.3 Mengkombinasikan gerak jalan, lari, dan lompat.
5. 4.1.4 Mengontrol tubuh dalam start.
6. 4.1.5 Mengontrol tubuh dalam berhenti.
Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1. 3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
2. 4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator:
1. 3.4.5 Menjelaskan arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah.
2. 4.4.1 Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca teks, siswa dapat menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan percaya diri dan intonasi yang tepat.
2. Dengan teks bacaan, siswa dapat membacakan teks cerita bermain ke rumah Beni dengan cermat.
3. Dengan membaca teks dari guru, siswa dapat menuliskan teks cerita mencari harta karun dengan menggunakan huruf tegak bersambung dengan cermat.
4. Dengan membaca teks, siswa dapat mengurutkan gambar dari awal hingga akhir sesuai bacaan dengan cermat
5. Dengan mengurutkan gambar, siswa dapat bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dengan bertanggung jawab.
6. Dengan melakukan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah dengan percaya diri.
7. Dengan berdiskusi dengan teman sebangku, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan gambar bermain mencari harta karun dengan bertanggung jawab
8. Dengan mengamati, siswa dapat menuliskan tentang ciri-ciri teman di kelas pada tabel dengan cermat.
9. Dengan melakukan permainan, siswa dapat menulis nomor urutan gambar sesuai dengan bacaan tentang 6 kegiatan permainan mencari harta karun dengan bertanggung jawab.
10. Dengan melakukan permainan mencari harta karun, siswa dapat berjalan merubah arah dengan isyarat dengan cermat dan percaya diri.
11. Dengan melakukan permainan mencari harta karun, siswa dapat berlari merubah arah dengan isyarat dengan cermat dan percaya diri.
12. Dengan melakukan permainan mencari harta karun, siswa dapat mengkombinasikan gerak jalan, lari, dan lompat dengan percaya diri.
13. Dengan permainan mencari harta karun, siswa dapat mengontrol tubuh dalam start dengan percaya diri.
14. Dengan permainan mencari harta karun, siswa dapat mengontrol tubuh dalam berhenti dengan percaya diri.
15. Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan konsep pola gerak dasar lokomotor berdasarkan permainan yang dilakukan dengan cermat dan percaya diri.
16. Dengan diskusi kelompok siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan permainan mencari harta karun yang telah dilakukan.
D. Materi Pembelajaran
1. Aktivitas bermain di lingkungan sekitar
2. Pola gerak dasar lokomotor
3. Bersatu dalam keberagaman
E. Metode Pembelajaran
1. Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2. Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3. Model: DL, PBL
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Gambar acak tentang permainan mencari harta karun.
b. Gambar acak tentang berbagai gerakan lokomotor dalam sebuah permainan mencari harta karun.
c. Teks bacaan tentang harta karun
2. Alat: -
3. Sumber belajar:
- Taufina, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 2 “Bermain di Lingkunganku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1. Guru mengucapkan salam
2. Siswa menjawab salam
3. Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4. Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
5. Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
6. Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
7. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan pembelajaran sebelumnya.
- Jika kalian menyapu lantai kelas ini sendirian capai apa tidak?
- Agar tidak capai, seharuanya bagaimana?
8. Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
- Pernahkan kalian melihat permainan sepak bola?
- Pemainnya berapa?
- Bagaimana jika dilakukan sendirian?
- Apakah bisa membuat gol?
Kegiatan Inti (150 menit)
MENGAMATI
1. Siswa mengamati gambar (mengamati).
BERCERITA
2. Guru memberikan arahan kepada siswa untuk menceritakan permainan yang sering dimainkan di lingkungan sekitar rumah dengan percaya diri dan dengan intonasi yang tepat ke depan kelas (mengamati).
3. Siswa mengamati teks permainan kegemarannya (mengamati).
4. Siswa mengamati cara melakukan permainan kegemarannya (mengamati).
5. Siswa menanya tentang permainan kegemaran temannya (menanya).
6. Siswa menanya tentang cara melakukan permainan kegemarannya (menanya).
7. Siswa menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan percaya diri dan intonasi yang tepat (mengomunikasikan).
MEMBACA
8. Guru memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat.
9. Siswa mendengarkan contoh guru membaca cerita tentang bermain ke rumah Beni (mengamati).
10. Siswa membacakan teks cerita bermain ke rumah Beni dengan mengikuti contoh guru (mengamati).
MENULIS
11. Siswa menuliskan kembali cerita mencari harta karun dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan huruf kapital dengan tepat (mengomunikasikan).
BERLATIH
12. Guru memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat.
13. Siswa mengamati gambar acak tentang bermain harta karun (mengamati).
14. Siswa mengurutkan gambar acak tentang bermain harta karun (mengasosiasi).
15. Siswa menyebutkan urutan bermain mencari harta karun (mengomunikasikan).
16. Siswa bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah (mengomunikasikan).
17. Siswa menjelaskan arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah. (mengomunikasikan).
BERDISKUSI
18. Guru memberi arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan bertanggung jawab.
19. Siswa berdiskusi dengan teman sebangku menjawab pertanyaan berdasarkan gambar bermain mencari harta karun (mengasosiasi).
20. Siswa menuliskan ciri-ciri fisik teman-teman di kelasnya pada tabel (mengumpulkan informasi).
21. Siswa menjawab pertanyaan tentang ciri-ciri teman di kelasnya yang berdasarkan tabel (mengasosiasi).
BERAKTIVITAS
1. Guru memberi arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan bertanggung jawab.
2. Siswa membaca bacaan tentang 6 kegiatan permainan mencari harta karun (mengamati).
3. Siswa mengamati gambar tentang kegiatan permainan mencari harta karun berdasarkan instruksi teman
4. (mengamati).
5. Siswa ditugaskan untuk menulis nomor urut gambar sesuai dengan bacaan tentang 6 kegiatan permainan mencari harta karun (mengasosiasi).
6. Siswa bertanya tentang kegiatan yang akan dilakukan berkaitan dengan kegiatan lokomotor di lapangan (menanya).
7. Siswa menyimak penjelasan guru tentang kegiatan yang dilakukan (mengamati).
8. Siswa melakukan permainan mencari harta karun secara berkelompok (mengumpulkan informasi).
9. Siswa berjalan 5 langkah ke depan lalu belok kiri dan berjalan 4 langkah ke depan (mengumpulkan informasi).
10. Siswa berjalan mengitari pohon dua kali (mengumpulkan informasi).
11. Siswa berlari ke depan lalu melompat untuk mengambil benda yang dicari di atas gantungan baju (mengumpulkan informasi).
12. Siswa berjalan melewati rintangan berupa anak tangga yang diletakan di tanah (mengumpulkan informasi).
13. Siswa berjalan ke depan 3 langkah lalu berjalan ke samping 5 lagkah (mengumpulkan informasi).
14. Siswa meloncat dari satu batu ke batu tapak di taman (mengumpulkan informasi).
15. Siswa mengontrol tubuh dalam star dan dalam berhenti (mengumpulkan informasi).
16. Siswa menjelaskan konsep pola gerak lokomotor berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan (mengomunikasikan).
17. Siswa menjawab pertanyaan berda sarkan permainan mencari harta karun yang telah dilakukan (menalar) secara kelompok (mengomunikasikan).
Penutup (15 menit)
1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3. Melakukan penilaian.
4. Mengajak siswa berdo’a bersama.
5. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6. Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.
H. Pemilaian Pembelajaran
1. Penilain Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
Minggu ke: 5 Bulan: September 2014 Sub Tema Bermain di Lingkungan Rumah
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian : Penskoran
a. Penilain menjawab pertanyaan dengan berdiskusi berdasarkan gambar yang telah diurutkan siswa
Tes tertulis : skor
Banyak soal: 2 buah
Kunci jawaban:
1) Kerjas sama (skor 30)
2) Kita jarang mengenal perbedaan teman, kita hanya memilii sedikit teman, kita tidak disukai teman (jawaban bervariasi disesuaikan dengan jawaban siswa)(skor 70)
b. Mengisi tabel ciri-ciri fisik teman.
Tes tertulis : skor
Kunci jawaban : disesuaikan dengan jawaban siswa.
c. Menjawab pertanyaan berdasarkan tabel yang telah diisi siswa
Tes tertulis: skor
Jumlah soal: 3 buah
Kunci jawaban:
1) Berbeda (skor 35)
2) Berbeda (skor 35)
3) bersatu (skor 30)
d. Menjawab pertanyaan berdasarkan permainan mencari harta karun yang telah dilakukan.
Tes tertulis : skor
Kunci jawaban : (jawaban disesuikan dengan jawaban siswa)
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Penilaian Menceritakan Kegiatan Bermain di Lingkungan Rumah (ada pada buku guru)
b. Rubrik Penilaian Kemampuan Membacakan Teks Narasi (ada pada buku guru)
c. Rubrik Penilaian Menulis Narasi (ada pada buku guru)
d. Rubrik Penilaian Bermain Peran (ada pada buku guru)
Penilaian: Pengamatan/observasi
e. Lembar Pengamatan Melakukan Aktivitas Gerakan Lokomotor
Hasil Pengamatan Melakukan Aktivitas Gerakan Lokomotor
PENGAYAAN
1. Jika siswa sudah dapat menceritakan kegiatan bermain di lingkungan rumah dengan intonasi yang tepat, maka guru dapat memberikan latihan menulis kegiatan bermain di lingkungan rumah dengan tulisan tegak bersambung.
2. Jika siswa sudah dapat menjelaskan arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah, maka guru dapat memberikan latihan menulis contoh bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah.
3. Jika siswa sudah dapat melakukan kegiatan lokomotor dalam permainan mencari harta karun, maka guru dapat memberikan kegiatan dasar dalam gerak lokomotor.
REMEDIAL
1. Jika siswa masih kesulitan untuk menceritakan kegiatan bermain di lingkungan rumah dengan intonasi yang tepat, maka guru dapat memberikan bimbingan untuk menentukan hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat bercerita.
2. Jika siswa masih kesulitan untuk menjelaskan arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah, maka guru dapat memberikan pilihan gambar arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah.
3. Jika siswa masih kesulitan untuk melakukan kegiatan lokomotor dengan permainan mencari harta karun, maka guru dapat memberikan latihan yang lebih intensif dalam melakukan gerak lokomotor.
Refleksi:
a. Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
b. Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
c. Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
d. Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
Tambaharjo, 8 September 2014
Guru Kelas II
RINOTO
Mengetahui,
Kepala Sekolah
RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
Guru Kelas II
RINOTO
Mengetahui,
Kepala Sekolah
RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar