RPP SD Kelas 2 Tema 2 Bermain di Lingkunganku Sub Tema 1 Bermain di Lingkungan Rumah Pembelajaran 4 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan : SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester : II (dua) /1 (satu) - Tema/ST/PB : 2. Bermain di Lingkunganku/1. Bermain di Lingkungan Rumah /4 (empat) - Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (5 x 35 menit).
A. Kempetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
A. Kempetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Muatan Pelajaran Bahasa indonesia
KD:
1. 3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
2. 4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
1. 3.2.3 Menyebutkan urutan kegiatan dengan topic tertentu.
2. 4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
Muatan SBdP
KD:
1. 3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
2. 4.13 Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel.
Indikator:
1. 3.4.1 Mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif dan olahan makanan (daun cincau)
2. 3.4.4 Menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai olahan makanan.
3. 4.1.3 Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan daun di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat.
Muatan Pelajaran PPKn
KD
1. 3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
2. 4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator:
1. 3.4.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah.
2. 3.4.2 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah.
3. 3.4.7 Menjelaskan akibat hidup tidak bersatu dalam keberagaman
4. 4.4.3 Menerapkan sikap hidup bersatu dalam setiap kegiatan
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan teks bacaan tentang membuat cincau, siswa dapat membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan menggunakan lafal dan intonasi secara cermat.
2. Dengan membaca teks cerita narasi membuat cincau, siswa dapat menyebutkan urutan kegiatan membuat cincau dengan percaya diri.
3. Dengan mengamati gambar acak, siswa dapat mengurutkan gambar tentang proses membuat cincau dengan cermat dan bertanggung jawab.
4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menceritakan kembali proses membuat cincau dengan kata-kata sendiri dengan percaya diri.
5. Dengan memperhatikan gambar proses membuat cincau, siswa dapat menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai olahan makanan dengan cermat dan percaya diri.
6. Dengan mengamati gambar contoh sikap bersatu di rumah, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah dengan cermat dan percaya diri.
7. Dengan diskusi bersama teman sebangku, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan contoh gambar sikap bersatu di rumah dengan cermat dan bertanggung jawab.
8. Dengan diskusi bersama teman sebangku, siswa dapat menjelaskan akibat yang akan terjadi jika kita tidak bersatu dalam keberagaman dengan percaya diri dan bertanggung jawab.
9. Dengan mengamati proses pembuatan cincau, siswa dapat membuat cincau secara berkelompok dengan bertanggung jawab.
10. Dengan melihat contoh, siswa dapat membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan daun di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat dengan cermat.
11. Setelah melakukan kegiatan membuat cincau dan membuat karya kerajinan sebagai penghias benda, siswa dapat menerapkan sikap hidup bersatu dalam setiap kegiatan dengan bertanggung jawab.
12. Setelah tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif dan olahan makanan (daun cincau) dengan cermat.
13. Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan cermat.
D. Materi Pembelajaran
1. Urutan kegiatan
2. Bahan alam
3. Sikap bersatu dalam keberagaman
E. Metode Pembelajaran
1. Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2. Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3. Model: DL, PBL
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Gambar kegiatan membuat cincau di dapur.
b. Gambar acak tentang proses membuat cincau.
c. Gambar contoh sikap bersatu di rumah.
d. Bahan dan alat yang dibutuhkan dalam membuat cincau dan karya kerajinan
2. Alat: -
3. Sumber belajar:
- Taufina, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 2 “Bermain di Lingkunganku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Taufina, dkk. 2014. Buku Guru Kelas 2 Tema 2 “Bermain di Lingkunganku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1. Guru mengucapkan salam
2. Siswa menjawab salam
3. Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4. Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
5. Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
6. Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
7. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan pembelajaran sebelumnya.
- Jika diperintah oleh Ibu untuk berbelanja, bagaimana sikap kamu?
8. Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
- Jika Ibu sedang memasak, apakah kalian mau membantu?
Kegiatan Inti (150 menit)
MENGAMATI
1. Guru memberikan arahan kepada siswa untuk mengamati gambar dan membaca cerita membuat cincau dengan cermat.
2. Siswa mengamati gambar tentang kegiatan membuat cincau di dapur (mengamati).
3. Siswa menanya tentang gambar kegiatan membuat cincau di dapur (menanya).
4. Siswa mendeskripsikan gambar kegiatan membuat cincau di dapur (mengumpulkan informasi).
MEMBACA
5. Siswa membacakan cerita narasi yang berjudul “Membuat Cincau” yang telah ditulis dengan menggunakan lafal dan intonasi yang jelas (mengomunikasikan).
6. Siswa menyebutkan urutan kegiatan membuat cincau (mengasosiasi).
7. Siswa mengamati gambar acak tentang proses membuat cincau (mengamati).
8. Siswa ditugaskan mengurutkan gambar acak berkaitan dengan proses membuat cincau (mengasosiasi).
BERCERITA
9. Guru memberikan arahan kepada siswa untuk menceritakan cara membuat cincau dengan percaya diri ke depan kelas.
10. Siswa menceritakan kembali proses membuat cincau dengan kata-kata sendiri berdasarkan gambar yang telah diurutkan di depan kelas (mengomunikasikan).
11. Siswa menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai olahan makanan (mengasosiasi)..
BERDISKUSI
12. Guru memberikan arahan kepada siswa agar melakukan kegiatan dengan bertanggung jawab.
13. Siswa mengamati gambar tentang contoh sikap bersatu dalam keberagaman di rumah (mengamati).
14. Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah (mengumpulkan informasi).
15. Siswa berdiskusi bersama teman sebangku menjawab pertanyaan yang terkait dengan gambar contoh sikap bersatu dalam keberagaman di rumah (mengum pulkan informasi).
16. Siswa bertanya tentang kebenaran dari jawaban yang diberikan (menanya).
17. Siswa menjelaskan akibat tidak bersatu dalam keberagaman (mengasosiasi).
BERKREASI
18. Guru memberikan arahan kepada siswa agar bekerjasama dan bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan.
19. Siswa bertanya jawab tentang tugas yang diberikan guru tentang kegiatan membuat cincau (menanya)
20. Siswa menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat cincau (mengamati).
21. Siswa membuat cincau secara berkelompok (mengum pulkan informasi).
22. Guru memberikan arahan dan petunjuk kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan percaya diri.
23. Siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk membuat wadah piring dan daun pisang (mencoba).
24. Siswa membuat wadah piring dari daun pisang menjadi karya kerajinan sebagai penghias benda secara berkelom pok dengan bimbingan guru (mengumpulkan informasi).
25. Siswa menerapkan sikap hidup bersatu dalam kegiatan kelompok yang dilakukan sesuai dengan gambar (mengomunikasikan).
26. Siswa melaporkan hasil kerja kelompok ke depan kelas (mengomunikasikan).
27. Siswa bertanya tentang kebenaran jawaban yang disam paikan (menanya).
28. Setelah membuat cincau dan karya kerajinan, siswa mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk membuat karya kerajinan dan olahan makanan (mengasosiasikan)
29. Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjuk kan sikap bersatu dalam keberagaman melalui kegiatan membuat cincau dan karya kerajinan (mengumpulkan informasi).
30. Siswa mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar yang dapat digunakan untuk membuat karya kreatif dan olahan makanan seperti yang ada pada gambar (mengasosiasi).
Referensi Guru
Membuat Cincau
Bahan dan alat untuk membuat cincau:
1. 50 lembar daun cincau hijau
2. 500 ml air matang
3. Wadah untuk menaruh daun cincau sebelum disaring
4. Wadah untuk menampung air remasan daun cincau setelah disaring
5. Saringan/ kain halus untuk menyaring
6. Gelas dan sendok untuk menikmati cincau yang sudah beku dan dipotong-potong
7. Air gula merah
8. Santan
9. Es batu
Membuat Wadah Piring
Bahan dan alat untuk membuat wadah piring dari adalah daun pisang batu, tusuk lidi, dan tusuk. Cara membuatnya dalah sebagai berikut:
1. potong-potong daun pisang selebar 12 cm
2. lipat miring ke tengah salah satu sisinya
3. lipat ke arah berlawanan sisi satunya, sehingga daun berbentuk segitiga
4. satukan dengan tusuk lidi kedua sisi daun yang bertemu di tengah
5. potong sisi bawah agar rapi
6. setelah membuat banyak bentuk segitiga, jepitkan ke sekeliling daun pisang yang dipotong berbentuk bulat
7. letakkan di atas piring sebagai alasnya
Penutup (15 menit)
1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3. Melakukan penilaian.
4. Menginformasikan tema pembelajaran yang akan datang, yaitu tentang kegemaran anggota keluarga.
5. Mengajak siswa berdo’a bersama.
6. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
7. Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.
H. Pemilaian Pembelajaran
1. Penilain Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
Minggu ke: 5 Bulan: September 2014 Sub Tema Bermain di Lingkungan Rumah
No Nama Siswa Perubahan Tingkah Laku
Cermat Percaya Diri Bertanggjawab
BT MT MB SM BT MT MB SM BT MT MB SM
1 Ahmad Mujib
2 Mahmud
3 Azam Fajri
4 Bayu Ramadani
5 Devi Tri Widiastuti
6 Eko Satria
7 Fiddotun Nur Saputri
8 Imam Nur Hidayah
9 Mohamad Rois Fauzi
10 Nadia Citra Nariswari
11 Najwa Putri R.
12 Nurotul Abiansyah
13 Nurul Chayati
14 Pandu Setyo Pambudi
15 Rani Vitasari
16 Retno Widiasih
17 sofa Nazilatul Khusna
18 Umni Ainur Rohmah
19 Zahra Ramadani
2. Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian mengurutkan gambar
Tes tertulis: skor
Banyak gambar: 6 buah
Kunci jawaban: urutan gambar yang benar
• gambar daun no 1
• gambar mencampurkan daun dengan air no 2
• gambar meremas daun no 3
• gambar menyaring air cincau no 4
• gambar air daun cincau di dalam mangkuk no 5
• gambar cincau petak-petak no 6
b. Penilaian tentang menjawab pertanyaan berdasarkan tiga gambar contoh sikap.
bersatu di rumah
Tes tertulis: Skor
Banyak soal: 3 buah
Jawaban:
1) Beni melakukan membantu Ibu membuat cincau, membantu membersihkan dapur setelah selesai membuat cincau, dan menikmati cincau segar di meja makan.
2) Tiur melakukan membantu Ibu membuat cincau, membantu membersihkan dapur setelah selesai membuat cincau, dan menikmati cincau segar di meja makan.
3) Ibu melakukan membuat cincau dan menikmati cincau segar di meja makan.
4) Kalian sedang bersama-sama mengerjakan disesuaikan dengan jawaban siswa.
5) Kamu melakukan disesuaikan dengan jawaban siswa.
6) Kakakmu malakukan disesuaikan dengan jawaban siswa.
7) Adikmu melakukan disesuaikan dengan jawaban siswa.
8) Ibu melakukan disesuaikan dengan jawaban siswa.
9) Bapak melakukan disesuaikan dengan jawaban siswa.
10) Pekerjaan yang dilakukan akan terasa ringan.
11) Jika tidak mau bekerja sama, maka pekerjaan akan terasa berat.
12) Jika Beni, Tiur, dan Ibu tidak bekerja sama, pekerjaan mereka akan terasa berat dan lama selesainya.
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Narasi
b. Rubrik Penilaian Menceritakan Proses Membuat Cincau
c. Rubrik Penilaian Kegiatan Membuat cincau
d. Rubrik Penilaian Membuat Karya Kerajinan Sebagai Penghias Benda dengan Kegiatan Melipat
e. Lembar pengamatan saat siswa menerapkan sikap hidup bersatu dalam setiap kegiatan
f. Hasil Pengamatan Saat Siswa Menerapkan Sikap Hidup Brsatu
(Rubrik ada pada buku guru)
PENGAYAAN
1. Jika siswa sudah bisa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah, maka guru dapat memberikan penugasan dalam bentuk tes tertulis.
2. Jika siswa sudah bisa membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan daun di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, maka guru dapat membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan daun di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat dengan bentuk yang baru.
3. Jika siswa sudah bisa membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan membaca berkelompok yang disimak teman dalam kelompok.
REMEDIAL
1. Jika siswa masih kesulitan untuk mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah, maka guru dapat memberikan bimbingan untuk melakukan kembali kegiatan.
2. b. Jika siswa masih kesulitan untuk membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan daun di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dalam membuat karya kerajinan.
3. c. Jika siswa masih kesulitan membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing untuk melakukan kembali kegiatan tersebut.
Refleksi:
a. Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
................................................................
b. Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
................................................................
c. Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
................................................................
d. Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
................................................................
Belajar Bersama Orang Tua:
Orang tua mengajak anak berdiskusi tentang bahan alam di lingkungan sekitar yang dapat diolah menjadi olahan makanan dan karya kerajinan sebagai penghias benda.
Berdiskusi tentang akibat yang akan terjadi jika tidak ada sikap bersatu dalam keberagaman membimbing anak untuk dapat membiasakan mempunyai sikap bersatu dalam keberagaman.
Tambaharjo, 6 September 2014
Guru Kelas II
RINOTO
Mengetahui,
Kepala Sekolah
RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
Mengetahui,
Kepala Sekolah
RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar