RPP Tematik Terpadu Kurikulum 2013, SD Kelas 2, Tema 2 Bermain di Lingkunganku, Sub Tema 1 Bermain di Lingkungan Rumah, Pembelajaran 1 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan : SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester : II (dua) /1 (satu) - Tema/ST/PB : 2. Bermain di Lingkunganku/1. Bermain di Lingkungan Rumah /1 (satu) - Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (5 x 35 menit).
A. Kempetensi Inti
A. Kempetensi Inti
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Muatan Pelajaran Bahasa indonesia
KD:
1. 3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
2. 4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
1. 3.2.5 Mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar.
2. 3.2.8 Mencatat hal-hal pokok aktivitas bermain dengan topik tertentu.
3. 4.2.2 Menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.
Muatan Pelajaran Matematika
KD
1. 3.3 Mengenal kesamaan dua ekspresi menggunakan benda konkret, symbol atau penjumlahan/pengurangan bilangan hingga satu angka.
2. 4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban.
Indikator:
1. 3.3.1 Menetukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 2 suku).
2. 4.5.1 Memberikan alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan.
Muatan SBDP
KD:
1. 3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
2. 4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
Indikator:
1. 3.1.1 Mengidentifikasi bahanbahan dalam membuat karya seni rupa.
2. 4.1.1 Menggambar ekpresif dengan memanfaatkan beragam media di lingkungan sekitar.
Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1. 3.3. Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
2. 4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator:
1. 3.3.1 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin
2. 3.3.2 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran
3. 4.3.1 Menceritakan keberagaman dengan anggota keluarga. (berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat/karakter).
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar tentang kegiatan bermain di lingkungan rumah, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan cermat.
2. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
3. Dengan teks percakapan Tiur dan Beni, siswa dapat melengkapi cerita berdasarkan isi percakapan dengan cermat.
4. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran dengan percaya diri.
5. Dengan cerita yang telah dilengkapi, siswa dapat mencatat hal-hal pokok aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan cermat.
6. Dengan melengkapi cerita tentang dirinya sendiri, siswa dapat menceritakan keberagaman anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter) berdasarkan teks percakapan dengan percaya diri.
7. Dengan penugasan guru, siswa dapat mengelompokkan benda-benda yang digunakan pada aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan cermat dan bertanggungjawab.
8. Dengan contoh cerita narasi bermain rumah kartu, siswa dapat menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan menggunakan tulisan tegak bersambung dan EYD yang tepat.
9. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 1 suku) dengan percaya diri.
10. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memberi alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan dengan percaya diri.
11. Dengan penugasan guru, siswa dapat mengidentifikasi bahan-bahan yang digunakan dalam membuat karya senirupa gambar ekspresif dengan cermat.
12. Dengan penugasan guru, siswa dapat menggambar ekspresif aktivitas bermain di rumah dengan memanfaatkan beragam media di lingkungan sekitar dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur dengan cermat dan bertanggung jawab.
D. Materi Pembelajaran
1. Aktivitas bermain di lingkungan sekitar
2. Penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga satu angka.
3. Bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa
4. Makna keberagaman
E. Metode Pembelajaran
1. Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2. Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3. Model: DL, PBL
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Gambar Beni bermain menyusun rumah kartu dengan Tiur.
b. Gambar Beni berbaring di tempat tidur dan Tiur disampingnya.
c. Gambar tumpukan rumah kartu.
d. Gambar kelereng merah dan kelereng biru.
e. Gambar berbagai garis, warna, bentuk dan tekstur.
2. Alat: -
3. Sumber belajar:
- Taufina, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 2 “Bermain di Lingkunganku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1. Guru mengucapkan salam
2. Siswa menjawab salam
3. Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4. Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
5. Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
6. Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
7. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan pembelajaran sebelumnya.
- Jika kalian sakit, apa yang kalian lakukan?
8. Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
- Jika ada kakak atau adik kalian yang sakit, maukan kalian menemaninya bermain di rumah?
Kegiatan Inti (150 menit)
1. Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas Beni bermain di rumah (mengamati).
2. Siswa mengamati gambar Beni dan Tiur menyusun rumah kartu di atas meja di ruang TV (mengamati).
3. Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar Beni dan Tiur menyusun rumah kartu di atas meja di ruang TV (menanya).
4. Siswa menukarkan dan mendiskusikan jawaban pertanyaan yang dibuatnya dengan teman sebangku (mengumpulkan informasi).
5. Siswa mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di lingkungan rumah berdasarkan gambar yang diamati (mengumpulkan informasi).
MENGAMATI
6. Siswa mengamati gambar pada teks percakapan Beni dan Tiur (mengamati).
7. Siswa membaca teks percakapan Beni dan Tiur (mengamati).
8. Siswa bertanya jawab tentang keberagaman anggota keluarga menurut jenis kelamin berdasarkan jenis kelamin tokoh pada teks percakapan (menanya).
9. Siswa bertanya jawab menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan isi percakapan Beni dan Tiur (menanya).
BERCERITA
10. Siswa diarahkan guru untuk menceritakan kembali isi percakapan Beni dan Tiur dengan percaya diri.
11. Siswa melengkapi cerita berdasarkan isi percakapan Beni dan Tiur. (mengumpulkan informasi).
12. Siswa mencatat hal-hal pokok dari teks cerita percakapan Beni dan Tiur di lingkungan rumah yang sudah dilengkapi (mengumpulkan informasi).
13. Siswa menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter) dengan melengkapi cerita tentang dirinya sendiri (mengomunikasikan).
BERLATIH
14. Siswa diarahkan oleh guru mengelompokkan kegiatan yang bisa dilakukan di rumah dan benda-benda yang diperlukan dengan percaya diri. (mengumpulkan informasi)
15. Siswa mengelompokkan benda-benda yang digunakan pada aktivitas bermain di lingkungan rumah (mengumpulkan informasi).
MENULIS
16. Siswa menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan tulisan tegak bersambung (mengomunikasikan).
BERLATIH
17. Siswa mengamati gambar kelereng merah dan biru di dalam buku (mengamati).
18. Siswa menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 1 suku) (mencoba).
19. Siswa memberi alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan (mencoba).
BERKREASI
20. Siswa diarahkan guru berkreasi membuat gambar ekspresi dengan percaya diri (mengomunikasikan).
21. Siswa mengidentifikasi bahan-bahan yang digunakan dalam membuat karya senirupa gambar ekspresif (mengum pulkan informasi).
22. Siswa menggambar ekspresif aktivitas bermain dengan anggota keluarga dengan memanfaatkan beragam media di lingkungan sekitar dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur (mengomunikasikan).
Penutup (15 menit)
1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3. Melakukan penilaian.
4. Mengajak siswa berdo’a bersama.
5. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6. Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.
H. Pemilaian Pembelajaran
1. Penilain Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
Minggu ke: 5 Bulan: September 2014 Sub Tema Bermain di Lingkungan Rumah
No Nama Siswa Perubahan Tingkah Laku
Cermat Percaya Diri Bertanggjawab
BT MT MB SM BT MT MB SM BT MT MB SM
1 Ahmad Mujib
2 Mahmud
3 Azam Fajri
4 Bayu Ramadani
5 Devi Tri Widiastuti
6 Eko Satria
7 Fiddotun Nur Saputri
8 Imam Nur Hidayah
9 Mohamad Rois Fauzi
10 Nadia Citra Nariswari
11 Najwa Putri R.
12 Nurotul Abiansyah
13 Nurul Chayati
14 Pandu Setyo Pambudi
15 Rani Vitasari
16 Retno Widiasih
17 sofa Nazilatul Khusna
18 Umni Ainur Rohmah
19 Zahra Ramadani
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian: Penskoran
a. Melengkapi kalimat berdasarkan teks percakapan keberagaman anggota keluarga di rumah.
Banyak soal : 4 buah
Skor maksimal : 100
Kunci jawaban :
1) Tidak sabar (skor 25) Baik dan penyayang
2) Bermain bola kaki (skor 25) Menggambar
3) Tidak sehat atau sakit (skor 25) Sehat
4) Jawaban berdasarkan pendapat siswa (skor 25)
b. Melengkapi cerita berdasarkan isi percakapan
Banyak soal : 6 buah
Skor maksimal : 100
Kunci jawaban :
1) Sakit (skor 16)
2) Istirahat (skor 16)
3) Bosan (skor 16)
4) Sayang (skor 16)
5) Menggambar (skor 16)
6) Rukun (skor 20)
c. Melengkapi cerita tentang diri sendiri
Banyak soal: 8 buah
Skor maksimal: 100
Kunci jawaban :
Jawaban berdasarkan pendapat masing-masing siswa. (skor setiap jawaban 1)
d. Kegiatan yang dilakukan di rumah
Banyak soal: 3 buah
Skor maksimal: 100
Kunci jawaban:
Jawaban berdasarkan pendapat masing-masing siswa (skor 100)
e. Menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan
Soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Kunci jawaban:
1) 32 (skor 25)
2) 21 (skor 25)
3) 17 (skor 25)
4) 15 (skor 25)
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Penilaian Membaca Teks Percakapan
b. Rubrik Penilaian Mencatat Hal-Hal Pokok Aktivitas Bermain di Lingkungan Rumah.
c. Rubrik Penilaian Menulis Narasi
d. Rubrik Penilaian Membuat Gambar Ekspresi
e. Rubrik Penilaian Memberi Alasan yang Berkaitan dengan Nilai Kebenaran Suatu Kesamaan.
(Rubrik ada pada buku guru)
PENGAYAAN
1. Jika siswa sudah bisa menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 1 suku) dan memberi alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan maka mengerjakan soal tambahan dari guru.
2. Jika siswa sudah mampu menggambar ekspresif maka guru memberikan latihan lanjutan menggambar ekspresif dengan variasi berbeda.
3. Jika siswa sudah mahir menulis narasi maka guru memberikan tugas tambahan kepada siswa
REMEDIAL
1. Guru mengulang kegiatan menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 1 suku) dan memberi alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan bagi siswa yang belum memahami.
2. Guru memberikan tugas perbaikan bagi siswa yang belum bisa menggambar ekspresif.
3. Guru memberikan perbaikan bagi siswa yang belum bisa menulis narasi.
Refleksi:
a. Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
b. Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
c. Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
d. Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
Tambaharjo, 3 September 2014
Guru Kelas II
RINOTO
Muatan Pelajaran Bahasa indonesia
KD:
1. 3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
2. 4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
1. 3.2.5 Mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar.
2. 3.2.8 Mencatat hal-hal pokok aktivitas bermain dengan topik tertentu.
3. 4.2.2 Menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.
Muatan Pelajaran Matematika
KD
1. 3.3 Mengenal kesamaan dua ekspresi menggunakan benda konkret, symbol atau penjumlahan/pengurangan bilangan hingga satu angka.
2. 4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban.
Indikator:
1. 3.3.1 Menetukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 2 suku).
2. 4.5.1 Memberikan alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan.
Muatan SBDP
KD:
1. 3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
2. 4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
Indikator:
1. 3.1.1 Mengidentifikasi bahanbahan dalam membuat karya seni rupa.
2. 4.1.1 Menggambar ekpresif dengan memanfaatkan beragam media di lingkungan sekitar.
Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1. 3.3. Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
2. 4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator:
1. 3.3.1 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin
2. 3.3.2 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran
3. 4.3.1 Menceritakan keberagaman dengan anggota keluarga. (berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat/karakter).
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar tentang kegiatan bermain di lingkungan rumah, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan cermat.
2. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
3. Dengan teks percakapan Tiur dan Beni, siswa dapat melengkapi cerita berdasarkan isi percakapan dengan cermat.
4. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran dengan percaya diri.
5. Dengan cerita yang telah dilengkapi, siswa dapat mencatat hal-hal pokok aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan cermat.
6. Dengan melengkapi cerita tentang dirinya sendiri, siswa dapat menceritakan keberagaman anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter) berdasarkan teks percakapan dengan percaya diri.
7. Dengan penugasan guru, siswa dapat mengelompokkan benda-benda yang digunakan pada aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan cermat dan bertanggungjawab.
8. Dengan contoh cerita narasi bermain rumah kartu, siswa dapat menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan menggunakan tulisan tegak bersambung dan EYD yang tepat.
9. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 1 suku) dengan percaya diri.
10. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memberi alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan dengan percaya diri.
11. Dengan penugasan guru, siswa dapat mengidentifikasi bahan-bahan yang digunakan dalam membuat karya senirupa gambar ekspresif dengan cermat.
12. Dengan penugasan guru, siswa dapat menggambar ekspresif aktivitas bermain di rumah dengan memanfaatkan beragam media di lingkungan sekitar dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur dengan cermat dan bertanggung jawab.
D. Materi Pembelajaran
1. Aktivitas bermain di lingkungan sekitar
2. Penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga satu angka.
3. Bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa
4. Makna keberagaman
E. Metode Pembelajaran
1. Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2. Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3. Model: DL, PBL
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Gambar Beni bermain menyusun rumah kartu dengan Tiur.
b. Gambar Beni berbaring di tempat tidur dan Tiur disampingnya.
c. Gambar tumpukan rumah kartu.
d. Gambar kelereng merah dan kelereng biru.
e. Gambar berbagai garis, warna, bentuk dan tekstur.
2. Alat: -
3. Sumber belajar:
- Taufina, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 2 “Bermain di Lingkunganku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1. Guru mengucapkan salam
2. Siswa menjawab salam
3. Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4. Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
5. Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
6. Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
7. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan pembelajaran sebelumnya.
- Jika kalian sakit, apa yang kalian lakukan?
8. Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
- Jika ada kakak atau adik kalian yang sakit, maukan kalian menemaninya bermain di rumah?
Kegiatan Inti (150 menit)
1. Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas Beni bermain di rumah (mengamati).
2. Siswa mengamati gambar Beni dan Tiur menyusun rumah kartu di atas meja di ruang TV (mengamati).
3. Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar Beni dan Tiur menyusun rumah kartu di atas meja di ruang TV (menanya).
4. Siswa menukarkan dan mendiskusikan jawaban pertanyaan yang dibuatnya dengan teman sebangku (mengumpulkan informasi).
5. Siswa mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di lingkungan rumah berdasarkan gambar yang diamati (mengumpulkan informasi).
MENGAMATI
6. Siswa mengamati gambar pada teks percakapan Beni dan Tiur (mengamati).
7. Siswa membaca teks percakapan Beni dan Tiur (mengamati).
8. Siswa bertanya jawab tentang keberagaman anggota keluarga menurut jenis kelamin berdasarkan jenis kelamin tokoh pada teks percakapan (menanya).
9. Siswa bertanya jawab menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan isi percakapan Beni dan Tiur (menanya).
BERCERITA
10. Siswa diarahkan guru untuk menceritakan kembali isi percakapan Beni dan Tiur dengan percaya diri.
11. Siswa melengkapi cerita berdasarkan isi percakapan Beni dan Tiur. (mengumpulkan informasi).
12. Siswa mencatat hal-hal pokok dari teks cerita percakapan Beni dan Tiur di lingkungan rumah yang sudah dilengkapi (mengumpulkan informasi).
13. Siswa menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter) dengan melengkapi cerita tentang dirinya sendiri (mengomunikasikan).
BERLATIH
14. Siswa diarahkan oleh guru mengelompokkan kegiatan yang bisa dilakukan di rumah dan benda-benda yang diperlukan dengan percaya diri. (mengumpulkan informasi)
15. Siswa mengelompokkan benda-benda yang digunakan pada aktivitas bermain di lingkungan rumah (mengumpulkan informasi).
MENULIS
16. Siswa menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan tulisan tegak bersambung (mengomunikasikan).
BERLATIH
17. Siswa mengamati gambar kelereng merah dan biru di dalam buku (mengamati).
18. Siswa menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 1 suku) (mencoba).
19. Siswa memberi alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan (mencoba).
BERKREASI
20. Siswa diarahkan guru berkreasi membuat gambar ekspresi dengan percaya diri (mengomunikasikan).
21. Siswa mengidentifikasi bahan-bahan yang digunakan dalam membuat karya senirupa gambar ekspresif (mengum pulkan informasi).
22. Siswa menggambar ekspresif aktivitas bermain dengan anggota keluarga dengan memanfaatkan beragam media di lingkungan sekitar dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur (mengomunikasikan).
Penutup (15 menit)
1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3. Melakukan penilaian.
4. Mengajak siswa berdo’a bersama.
5. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6. Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.
H. Pemilaian Pembelajaran
1. Penilain Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
Minggu ke: 5 Bulan: September 2014 Sub Tema Bermain di Lingkungan Rumah
No Nama Siswa Perubahan Tingkah Laku
Cermat Percaya Diri Bertanggjawab
BT MT MB SM BT MT MB SM BT MT MB SM
1 Ahmad Mujib
2 Mahmud
3 Azam Fajri
4 Bayu Ramadani
5 Devi Tri Widiastuti
6 Eko Satria
7 Fiddotun Nur Saputri
8 Imam Nur Hidayah
9 Mohamad Rois Fauzi
10 Nadia Citra Nariswari
11 Najwa Putri R.
12 Nurotul Abiansyah
13 Nurul Chayati
14 Pandu Setyo Pambudi
15 Rani Vitasari
16 Retno Widiasih
17 sofa Nazilatul Khusna
18 Umni Ainur Rohmah
19 Zahra Ramadani
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian: Penskoran
a. Melengkapi kalimat berdasarkan teks percakapan keberagaman anggota keluarga di rumah.
Banyak soal : 4 buah
Skor maksimal : 100
Kunci jawaban :
1) Tidak sabar (skor 25) Baik dan penyayang
2) Bermain bola kaki (skor 25) Menggambar
3) Tidak sehat atau sakit (skor 25) Sehat
4) Jawaban berdasarkan pendapat siswa (skor 25)
b. Melengkapi cerita berdasarkan isi percakapan
Banyak soal : 6 buah
Skor maksimal : 100
Kunci jawaban :
1) Sakit (skor 16)
2) Istirahat (skor 16)
3) Bosan (skor 16)
4) Sayang (skor 16)
5) Menggambar (skor 16)
6) Rukun (skor 20)
c. Melengkapi cerita tentang diri sendiri
Banyak soal: 8 buah
Skor maksimal: 100
Kunci jawaban :
Jawaban berdasarkan pendapat masing-masing siswa. (skor setiap jawaban 1)
d. Kegiatan yang dilakukan di rumah
Banyak soal: 3 buah
Skor maksimal: 100
Kunci jawaban:
Jawaban berdasarkan pendapat masing-masing siswa (skor 100)
e. Menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan
Soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Kunci jawaban:
1) 32 (skor 25)
2) 21 (skor 25)
3) 17 (skor 25)
4) 15 (skor 25)
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Penilaian Membaca Teks Percakapan
b. Rubrik Penilaian Mencatat Hal-Hal Pokok Aktivitas Bermain di Lingkungan Rumah.
c. Rubrik Penilaian Menulis Narasi
d. Rubrik Penilaian Membuat Gambar Ekspresi
e. Rubrik Penilaian Memberi Alasan yang Berkaitan dengan Nilai Kebenaran Suatu Kesamaan.
(Rubrik ada pada buku guru)
PENGAYAAN
1. Jika siswa sudah bisa menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 1 suku) dan memberi alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan maka mengerjakan soal tambahan dari guru.
2. Jika siswa sudah mampu menggambar ekspresif maka guru memberikan latihan lanjutan menggambar ekspresif dengan variasi berbeda.
3. Jika siswa sudah mahir menulis narasi maka guru memberikan tugas tambahan kepada siswa
REMEDIAL
1. Guru mengulang kegiatan menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 1 suku) dan memberi alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan bagi siswa yang belum memahami.
2. Guru memberikan tugas perbaikan bagi siswa yang belum bisa menggambar ekspresif.
3. Guru memberikan perbaikan bagi siswa yang belum bisa menulis narasi.
Refleksi:
a. Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
b. Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
c. Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
d. Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
Tambaharjo, 3 September 2014
Guru Kelas II
RINOTO
Mengetahui,
Kepala Sekolah
RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar