RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 5

 on Friday, July 11, 2014  

RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 5 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan    :    SD Negeri Tambaharjo
Kelas/Semester    :    II/1 - Tema/ST/PB    :    1. Hidup Rukun/1. Hidup Rukun di Rumah/5 - Alokasi Waktu    :    1 x pertemuan (5 x 35 menit).

A.    Kempetensi Inti
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator

Muatan Pelajaran PJOK
KD
  1. 3.2 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
  2. 4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator:
  1. 3.2.1 Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana.
  2. 4.2.1 Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana.
Muatan Pelajaran PPKn
KD:
  1. 3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
  2. 4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indokator:
  1. 3.3.3 Mennjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
  2. 4.3.3 Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.
Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD:
  1. 3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
  2. 4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
  1. 3.5.4 Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
  2. 4.5.3 Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
C.    Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan mengamati gambar tentang berbagai gerakan aktivitas jasmani, siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan teliti.
  2. Dengan “Permainan Sutradara”, siswa dapat melakukan gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan percaya diri.
  3. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
  4. Dengan membaca teks percakapan dan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri.
  5. Dengan tanya jawab dan penugasan, siswa dapat menyebutkan cara menjaga sikap kerukunan dalam keberagaman dengan bahasa yang santun.
  6. Dengan penugasan dan diskusi, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri.
  7. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri.
D.    Materi Pembelajaran
1.    Pola gerak dasar non-lokomotor
2.    Keberagaman sifat-sifat anggota keluarga
3.    Kerja sama dalam kegiatan keluarga
4.    Makna hidup rukun
5.    Peran permintaan maaf

E.    Metode Pembelajaran
1.    Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2.    Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3.    Model: DL, PBL

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media:
a.    Gambar berbagai gerakan aktivitas jasmani gerak nonlokomotor.
b.    Teks bermain peran.
c.    Kartu tanya jawab

2.    Alat: -
3.    Sumber belajar:
-    Irene Maria J. Astuti, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahukuan (10 menit)
1.    Guru mengucapkan salam
2.    Siswa menjawab salam
3.    Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4.    Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
Berdo’a selesai!
5.    Selamat pagi anak-anak, apa kabar?
6.    Mengkondisikan siswa agar siap belajar.
-    Siapa yang tidak masuk hari ini?
-    Sebelum mulai belajar, kalian harus duduk yang rapi terlebih dahulu agar lebih nyaman dalam belajar!
7.    Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
-    Bagaimana pendapatmu jika kalian melihat teman berbuat salah tetapi tidak mau minta maaf?
8.    Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
-    Siapa yang pernah melihat pohon tertiup angin?
-    Coba tirukan bagaimana gerakannya!
-    Sekarang kita akan belajar tentang bagaimana menjadi seorang sutradara dan bermain peran tentang adegan minta maaf.

Kegiatan Inti (150 menit)
1.    Siswa mengamati gambar berbagai gerakan aktivitas jasmani berupa gerakan nonlokomotor berupa gerakan jalan di tempat, mengayunkan kaki, memutar lengan, menarik dan mendorong, meliukan badan seperti pohon ditiup angin, dan belalai gajah dengan teliti (mengamati).
2.    Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati. (mengomunikasikan).
3.    Siswa menjelaskan setiap gerakan yang ada pada gambar yang diamati (mengomunikasikan).
 
RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 5

4.    Siswa memeragakan setiap gerakan berdasarkan gambar melalui “Permainan Sutradara” dengan teliti (mencoba).
Langkah-Langkah Permainan Sutradara:

RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 5

a.    Guru menunjuk satu siswa untuk menjadi sutradara.
b.    Sutradara memberi perintah seperti:
-    Ayunkan lengan…. Action.
-    Semua pemain harus mengayunkan lengan.
-    Gerakan berhenti bila sutradara berkata, “Cut”.
c.    Gerakan-gerakan yang diperintahkan adalah:
-    Jalan di tempat
-    Mengayunkan kaki
-    Memutar lengan
-    Menarik dan mendorong
-    Meliukkan badan seperti pohon yang ditiup
-    Belalai gajah
d.    Pemain hanya boleh melakukan perintah sutradara. Bila sutradara berkata, “Tertawa…. Sekarang”, semua pemain harus diam. Bila ada yang tertawa, dia harus keluar dari permainan.
e.    Pemain juga bisa dikeluarkan bila gerakannya salah. Guru yang menilai salah dan benarnya gerakan.
f.    Pemain terakhir yang bertahan akan menjadi sutradara dalam permainan berikutnya.

5.    Siswa mengamati percakapan Mutiara dan Udin. (mengamati).
6.    Siswa membaca teks percakapan yang telah diamati (mengamati).
7.    Siswa melanjutkan membuat dua dialog lagi dari percakapan yang telah dibaca (menalar).
8.    Siswa membacakan percakapan yang telah dibuat (mengomunikasikan).
9.    Siswa bermain peran dengan memeragakan teks percakapan tentang permintaan maaf (mencoba).
10.    Siswa menunjukkan peran permintaan maaf dari teks percakapan yang telah diperagakan (mengomunikasikan).
11.    Siswa dibimbing membuat kartu tanya jawab dari karton. Kartu tersebut akan digunakan untuk menulis pertanyaan dan jawaban siswa dari kegiatan menanya yang akan dilakukan (mencoba).
12.    Siswa menuliskan pertanyaan kepada teman tentang perbedaan pendapat pada kartu yang telah dibuat. (mengomunikasikan).
13.    Siswa saling menukarkan kartu pertanyaan yang telah ditulis.
14.    Siswa menulis jawaban dari pertanyaan yang terdapat pada kartu (mengomunikasikan).
15.    Siswa menuliskan penyelesaian perbedaan pendapat dalam keluarga dari kegiatan bertanya yang telah dilakukan (menalar).
16.    Siswa menyimpulkan teks percakapan bermain peran dengan menjawab beberapa pertanyaan (mengkomunikasikan).

PENGAYAAN
  1. Siswa mempraktekkan berbagai gerakan aktivitas jasmani, seperti: saling mendorong, saling menarik, memutar badan, mengayun kaki, dan lain-lain.
  2. Siswa ditugaskan menulis contoh kalimat ucapan permintaan maaf kepada anggota keluarga di rumah dengan bahasa yang santun.
  3. Siswa menyebutkan sifat/karakter anggota keluarganya di rumah.
REMEDIAL
  1. Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang belum mampu mempraktekkan gerakan aktivitas jasmani seperti: saling mendorong, saling menarik, memutar badan, mengayun kaki, dan lain-lain.
  2. Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang masih kesulitan dalam menulis kalimat ucapan permintaan maaf yang santun.
  3. Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang belum mampu membedakan sifat/karakter setiap individu.
Kegiatan Akhir (15 menit)
  1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
  2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
  3. Melakukan penilaian.
  4. Mengajak siswa berdo’a bersama.
  5. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
  6. Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.
H.    Pemilaian
1.    Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
2.    Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
• Menjawab pertanyaan dari teks percakapan bermain peran
Jumlah Soal: 5 Soal - Skor maksimal: 100 - Skor setiap jawaban: 20
Kunci Jawaban
  1. Udin dan Mutiara.
  2. Udin.
  3. Mutiara.
  4. Karena telah berbicara keras kepada kakak.
  5. Saling mengalah.
3. Keterampilan
a. Menirukan berbagai gerakan non lokomotor berdasarkan permainan sutradara
Penilaian: observasi (pengamatan)
Lembar pengamatan menirukan berbagai gerakan nonlokomotor Berdasarkan permainan sutradara

Hasil pengamatan menirukan berbagai gerakan non lokomotor berdasarkan permainan sutradara
 
b. Bermain peran
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian bermain peran

c. Menulis pertanyaan pada kartu tanya jawab
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis pertanyaan pada kartu tanya jawab
RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 5 4.5 5 Unknown Friday, July 11, 2014 RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 5 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan    ...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar