Kelebihan Buku Siswa Kelas 2 Kurikulum 2013 Dibandingkan Buku Siswa Sebelumnya

 on Saturday, July 19, 2014  

Kelebihan Buku Siswa Kelas 2 Kurikulum 2013 Dibandingkan Buku Siswa Sebelumnya - Pada pembelajaran kurikulum 2013 ini buku terbagi menjadi 2, yaitu buku guru dan buku siswa. Masing-masing buku memiliki fungsi sendiri-sendiri. Buku siswa dibuat untuk memudahkan siswa belajar dan buku guru diciptakan untuk memudahkan guru untuk menyampaikan pembelajaran, untuk membimbing siswa dalam belajar, dan untuk mengarahkan guru agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai yang diinginkan.

Berikut ini Kelebihan Buku Siswa Kelas 2 Kurikulum 2013 Dibandingkan Buku Siswa Sebelumnya:

Kelebihan Buku Siswa Kelas 2 Kurikulum 2013 Dibandingkan Buku Siswa Sebelumnya
  1. Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
  2. Buku siswa didesain penuh gambar dan warna untuk menstimulasi imajinasi dan minat siswa.
  3. Buku siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan sebagaimana dituangkan dalam Buku Panduan Guru.
  4. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan contoh kegiatan yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Panduan Guru, atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  5. Pada Kelas 2 semester 1 terdapat 4 tema. Setiap tema terdiri atas 4 subtema. Tiap subtema diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Penjelasan lebih rinci tentang aktivitas pembelajaran dituangkan pada Buku Panduan Guru.
  6. Struktur penulisan buku siswa Kelas 2 semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar yang bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Beraktivitas, Ayo Bercerita, Ayo Berdiskusi, Ayo Berkreasi, Ayo Berlatih, Ayo Bermain Peran, Ayo Bernyanyi, Ayo Membaca, Ayo Menanya, Ayo Mengamati, Ayo Menulis, dan Belajar di Rumah.
  7. Buku siswa bersifat serba-mencakup (self contained) agar dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
  8. Di setiap akhir pembelajaran pada buku siswa kelas 2, terdapat kolom untuk orang tua dengan subjudul Belajar di Rumah. Kolom ini berisi aktivitas belajar yang dapat dilakukan orang tua bersama siswa. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat aktif dalam aktivitas belajar siswa.
  9. Kecuali sangat sedikit teks pelajaran membaca yang merupakan konsumsi siswa, wacana-wacana yang ada di buku siswa diperuntukkan bagi guru, bukan siswa. Meskipun demikian, mengingat siswa akan terpapar dengan teks-teks itu, khusus untuk buku kelas II penggunaan tanda baca hanya pada yang bersifat dasar dan seperlunya saja, seperti penggunaan huruf kapital di awal kalimat, penulisan nama dan penggunaan tanda titik (.), tanda koma (,), tanda hubung (-) dan tanda tanya (?). Namun harus dipastikan bahwa tanda-tanda baca tersebut belum diajarkan kepada siswa.
  10. Pada setiap akhir subtema terdapat lembar refleksi diri dengan ikon “Sekarang Aku Bisa”. Lembar ini bertujuan membantu siswa dan guru mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang harus ditingkatkan.
  11. Lembar Penilaian merupakan bagian akhir subtema yang dapat digunakan sebagai alat penilaian pencapaian kompetensi. Namun guru dapat mengembangkan alat penilaian sendiri sesuai dengan kebutuhan di lapangan.
Kelebihan Buku Siswa Kelas 2 Kurikulum 2013 Dibandingkan Buku Siswa Sebelumnya 4.5 5 Unknown Saturday, July 19, 2014 Kelebihan Buku Siswa Kelas 2 Kurikulum 2013 Dibandingkan Buku Siswa Sebelumnya - Pada pembelajaran kurikulum 2013 ini buku terbagi menjadi ...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar