RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 1

 on Wednesday, July 16, 2014  

RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 1 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan    :    SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester    :    II (dua) /1 (satu) - Tema/ST/PB    :    1. Hidup Rukun/2. Hidup Rukun dengan Teman Bermain/1 (satu) - Alokasi Waktu    :    1 x pertemuan (5 x 35 menit).

A.    Kempetensi Inti
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator

Muatan Pelajaran Matematika
KD:
1.    1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.    3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok Dienes (kubus satuan).
4.    4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari 100.

Indikator:
1.    3.1.3 Membaca lambang bilangan sampai 500
2.    3.1.4 Menulis lambang bilangan sampai 500
3.    4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD
1.    1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.    2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.    3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.    4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator:
1.    3.5.7 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
2.    4.5.4 Membaca teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.

Muatan Pelajaran SBDP
KD:
1.    1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.    2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3.    3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.    4.7 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna.

Indokator:
1.    3.2.1 Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
2.    4.7.1 Membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna.
3.    4.7.2 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna.

Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1.    1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.    2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.    3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.    4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

Indikator:
1.    3.3.9 Mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran
2.    4.3.7 Menceritakan perilaku rukun dengan teman bermain di sekitar rumah.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat membaca teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
2.    Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
3.    Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran dengan teliti.
4.    Dengan kegiatan menulis cerita tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan perilaku rukun dengan teman bermain di sekitar rumah dengan bahasa yang santun.
5.    Dengan memperhatikan demonstrasi guru tentang pola irama lagu, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis dengan teliti.
6.    Dengan bimbingan guru dan mengamati contoh syair lagu, siswa dapat membuat lagu anak-anak sederhana menggunakan kata-kata sendiri yang bermakna dengan percaya diri.
7.    Dengan lagu yang dibuat, siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna dengan percaya diri.
8.    Dengan mengamati beberapa lambang bilangan yang ada pada gambar, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan percaya diri.
9.    Dengan penugasan, siswa dapat menulis lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
10.    Dengan mengamati contoh deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.

D.    Materi Pembelajaran
1.    Lambang bilangan sampai 500
2.    Sikap hidup rukun
3.    Pola irama lagu alat music ritmis
4.    Keberagaman kegemaran teman

E.    Metode Pembelajaran
1.    Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2.    Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3.    Model: DL, PBL

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media:
a.    Teks percakapan
b.    Gambar seri tentang hidup rukun di lingkungan bermain di sekitar rumah
c.    Teks lagu “Di Sini Senang di Sana Senang”.

2.    Alat: -
3.    Sumber belajar:
-    Irene Maria J. Astuti, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahukuan (10 menit)
1.    Guru mengucapkan salam
2.    Siswa menjawab salam
3.    Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4.    Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
5.    Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
6.    Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
7.    Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
-    Pernahkan kalian melihat induk ayam dan anak-anaknya?
8.    Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
-    Hewan saja bisa hidup rukun, maka kita juga harus ...
-    Jika kita bermain dengan teman, maka kita juga harus ....

Kegiatan Inti (150 menit)
1.    Siswa diminta mengamati gambar tentang bermain sepeda yang menunjukan sikap hidup rukun terlebih dahulu sebelum membaca teks percakapan (mengamati).
2.    Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (menalar).
3.    Siswa membaca teks percakapan tentang bermain dalam kerukunan dengan memperhatikan EYD (mengamati).

RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 1

4.    Siswa membuat pertanyaan dari teks bacaan teks percakapan (mengomunikasikan).
5.    Siswa mengajukan pertanyaan berdasarkan pertanyaan yang dibuat dengan temannya di depan kelas (menanya).
6.    Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan temannya (menalar).

RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 1

7.    Siswa kembali mengamati gambar yang mencerminkan hidup rukun dalam keberagaman (mengamati).
8.    Siswa mengidentifikasi gambar berdasarkan kegemarannya (menalar).
9.    Siswa membaca balon percakapan berdasarkan gambar yang diamati (mengamati).
10.    Siswa bertanya jawab tentang balon percakapan yang dibaca (menalar dan mengomunikasikan).
11.    Siswa diarahkan menulis isi cerita berdasarkan balon percakapan yang dibaca (mengomunikasikan).
12.    Guru mengarahkan siswa agar menulis dengan ejaan yang benar.
13.    Siswa membaca tulisan yang telah dibuat (mengomunikasikan).
14.    Setelah membaca tulisan yang telah dibuat, siswa menceritakan pengalamannya tentang kerukunan ketika bermain dengan bahasa yang santun (mengomunikasikan).
15.    Siswa menjawab pertanyaan dari cerita yang didengar (menalar).
16.    Siswa menjelaskan manfaat hidup rukun ketika bermain di sekitar rumah teman (mengomunikasikan).
17.    Siswa menjelaskan akibat tidak bersikap rukun ketika bermain disekitar rumah (mengomunikasikan).
18.    Siswa menyanyikan lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” sesuai dengan teks lagu dengan memperhatikan tempo dan irama (mencoba).
19.    Guru membimbing siswa agar dapat menyanyi dengan percaya diri dan semangat.
20.    Siswa membuat syair lagu tentang kerukunan(mencoba)
21.    Syair lagu adalah kata-kata di dalam lagu.
22.    Syair lagu yang dibuat disesuaikan dengan irama lagu “Di Sini Senang di Sana Senang”.
23.    Apabila siswa mengalami kesulitan, berilah contoh atau mulailah dengan kalimat yang dibuat oleh guru atau ditambahkan siswa yang lain.
24.    Siswa juga dapat hanya dengan mengganti beberapa kata saja sesuai dengan lagunya.
25.    Siswa diarahkan mencari pasangan untuk saling bertanya tentang syair lagu yang telah dibuat.
26.    Siswa membuat pertanyaan berdasarkan lagu teman pasangannya (menalar dan mengomunikasikan).
27.    Siswa kemudian saling menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan yang diajukan temannya (menalar dan mengomunikasikan).

RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 1

28.    Siswa membaca teks bacaan yang memuat nomor rumah (mengamati).
29.    Siswa mengamati gambar dua rumah yang ada nomor rumahnya (mengamati).
30.    Siswa membaca lambang bilangan yang diamati (mengamati).
31.    Siswa menulis lambang bilangan dari soal yang ada pada bukunya (mencoba).
32.    Siswa menulis bacaan lambang bilangan dengan tulisan tegak bersambung pada lembar kerja yang ada di bukunya (mencoba).
33.    Siswa mengamati pola barisan bilangan (mengamati).
34.    Siswa membuat pola-pola bilangan sederhana yang ada pada lembar bilangannya (mencoba).
35.    Siswa diarahkan mengajukan pertanyaan tentang materi yang belum dipahami (menanya).
36.    Siswa menyimpulkan pelajaran dengan bahasa sendiri.

PENGAYAAN

1.    Guru menugaskan siswa membaca teks permintaan maaf yang lain dengan tanda baca yang lebih bervariasi.
2.    Guru menugaskan siswa mengamati berbagai kegemaran di lingkungan sekitar dan menceritakannya dengan bahasa yang santun.
3.    Guru menugaskan siswa menulis lambang bilangan dari beberapa nama bilangan yang lebih besar.
4.    Guru menugaskan siswa membuat syair lagu tema kerukunan yang lain dan membuatnya dalam buku kecil.

REMEDIAL

1.    Guru membimbing kembali siswa yang masih sulit dalam membaca.
2.    Siswa membimbing kembali siswa menceritakan berbagai perilaku hidup rukun dengan bahasa yang santun bagi siswa yang belum mampu menggunakan bahasa yang santun.
3.    Guru mengulas kembali materi tentang menulis lambang bilangan bagi siswa yang sulit menuliskannya.
4.    Guru membimbing siswa yang kesulitan dalam membuat syair lagu dengan kata-kata sendiri.

Kegiatan Akhir (15 menit)

1.    Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2.    Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3.    Melakukan penilaian.
4.    Mengajak siswa berdo’a bersama.
5.    Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6.    Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.

H.    Pemilaian
1.    Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
2.    Pengetahuan
a. Membaca lambang bilangan
Tes tertulis: Skor - Jumlah Soal: 5 Soal
Kunci Jawaban
1. Seratus dua puluh tiga (skor 20)
2. Dua ratus tiga puluh empat (skor 20)
3. Seratus empat puluh tujuh (skor 20)
4. Seratus tujuh puluh tiga (skor 20)
5. Dua ratus tujuh puluh empat (skor 20)

b. Menulis lambang bilangan
Tes tertulis: skor - Jumlah soal: 5 Soal
Kunci Jawaban
1. 147 (skor 20)
2. 173 (skor 20)
3. 142 (skor 20)
4. 274 (skor 20)

3. Keterampilan
a. Membuat Pertanyaan tentang Kerukunan Udin dan Edo
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Membuat Pertanyaan tentang Kerukunan Udin dan Edo

Kriteria 4 = Baik Sekali, 3 = Baik, 3 = Cukup, 1 = Perlu Bimbingan

Kesesuain pertanyaan dengan tema.
4. Pertanyaan sesuai dengan tema dan lebih variatif
3. Pertanyaan sesuai dengan tema
2. Pertanyaan kurang sesuai dengan tema
1. Pertanyaan tidak sesuai dengan tema.

Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
4. Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda tanya di akhir kalimat.
3. Terdapat 1 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda tanya.
2. Terdapat 2 kesalahan atau lebih dalam penggunaan huruf besar dan tanda tanya
1. Mengabaikan huruf besar dan tanda tanya.

b. Menulis Cerita Berdasarkan Urutan Gambar
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Menulis Cerita Berdasarkan Urutan Gambar

Kriteria 4 = Baik Sekali, 3 = Baik, 3 = Cukup, 1 = Perlu Bimbingan

Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
4. Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
3. Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.
2. Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
1. Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.

Kesesuaian cerita yang ditulis dengan tema dan urutan gambar
4. Seluruh isi cerita yang ditulis sesuai tema dan urutan gambar
3. Setengah atau lebih isi cerita sesuai dengan tema dan urutan gambar
2. Hampir keseluruhan cerita kurang sesuai dengan tema dan urutan gambar
1. Cerita tidak sesuai tema dan urutan gambar

Penulisan
4. Penulisan kata sudah tepat
3. Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya
2. Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
1. Seluruh kata belum tepat dalam penulisan.

Penggunaan kalimat yang efektif
4. Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang efektif
3. Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif
2. Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif
1. Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif

c. Membuat Syair Lagu Tentang Kerukunan
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Membuat Syair Lagu Tentang Kerukunan

Kriteria 4 = Baik Sekali, 3 = Baik, 3 = Cukup, 1 = Perlu Bimbingan

Kesesuaian syair dengan tema
4. Seluruh isi syair sesuai tema
3. Setengah atau lebih isi syair sesuai dengan tema
2. Hampir keseluruhan isi syair kurang sesuai dengan tema
1. Syair tidak sesuai tema

Kesesuaian syair dengan irama lagu
4. Seluruh kalimat pada syair sesuai dengan irama lagu
3. Terdapat 1-2 kalimat pada syair yang kurang sesuai dengan irama lagu
2. Lebih dari 2 kalimat pada syair kurang sesuai dengan irama lagu
1. Seluruh kalimat pada syair tidak sesuai dengan irama lagu.
RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 1 4.5 5 Unknown Wednesday, July 16, 2014 RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 1 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pe...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar