RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 2

 on Saturday, July 19, 2014  

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah Dasar (SD) Kelas 2 - Tema 1 Hidup Rukun - Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain  - Pembelajaran 2 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan    :    SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester    :    II (dua) /1 (satu) - Tema/ST/PB    :    1. Hidup Rukun/2. Hidup Rukun dengan Teman Bermain/2 (dua) - Alokasi Waktu    :    1 x pertemuan (5 x 35 menit).

A.    Kempetensi Inti
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.    Kompetensi Dasar dan Indikator

Muatan Pelajaran PPKn
KD:
  1. 1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
  2. 2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
  3. 3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
  4. 4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator:
  1. 3.3.10Mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan ciri-ciri fisik tubuh.
  2. 3.3.11 Mengidentikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan suku bangsa.
  3. 4.3.8 Menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah.
Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD
1.    1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.    2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.    3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.    4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator:
1.    3.5.8 Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman.
2.    4.5.5 Menyimpulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca.

Muatan Pelajaran PJOK
KD:
1.    1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.    2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
3.    3.1 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.    4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
5.    3.3 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
6.    4.3 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.

Indikator:
1.    3.3.1 Mengidentifikasi pola gerakan dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan.
2.    4.3.1 Melakukan pola gerakan dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan.

Muatan Pelajaran Matematika
KD:
1.    1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.    3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan)
4.    4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.

Indikator:
1.    3.1.3 Membaca lambang bilangan sampai 500
2.    4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.

Muatan Pelajaran SBDP
KD:
1.    1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.    2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.

C.    Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan mengamati gambar percakapan, siswa dapat membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
  2. Dengan mengamati gambar berbagai gerakan, siswa dapat mengidentifikasi pola gerakan dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan dengan teliti.
  3. Dengan permainan “Meniru Hewan Berjalan”, siswa dapat melakukan pola gerakan dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan dengan percaya diri.
  4. Dengan mengamati gambar anak-anak, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan ciri-ciri fisik tubuh dengan teliti.
  5. Dengan memahami arti keberagaman, siswa dapat menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah percaya diri.
  6. Dengan mengamati gambar cara membaca bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
  7. Dengan menggunakan kartu bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.
  8. Dengan mengamati gambar dan percakapan kegiatan Udin dan Edo saat menghias sepeda, siswa dapat menyimpulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan percaya diri.
  9. Dengan melengkapi cerita tentang suku bangsa, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan suku bangsa dengan teliti.
D.    Materi Pembelajaran
1.    Cirri-ciri fisik teman
2.    Suku bangsa
3.    Hidup rukun dan tidak rukun
4.    Teks permintaan maaf
5.    Pola gerak dasar
6.    Lambang bilangan sampai 500

E.    Metode Pembelajaran
1.    Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2.    Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3.    Model: DL, PBL

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media:
a.    Gambar percakapan Udin dan Edo
b.    Gambar deretan rukun
c.    Gambar seri Udin dan Edo pada saat menghias sepeda.

2.    Alat: -
3.    Sumber belajar:
-    Irene Maria J. Astuti, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahukuan (10 menit)
1.    Guru mengucapkan salam
2.    Siswa menjawab salam
3.    Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4.    Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
5.    Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
6.    Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
7.    Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
-    Jika kita bermain dengan teman, maka kita juga harus ....
-    Bagimana jika teman mu lain suku? Apakah tetap akan rukun?
8.    Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
-    Pernahkan kamu membantu teman?
-    Jika kamu melihat temanmu kerepotan, apakah kamu mau membantunya?
Kegiatan Inti (150 menit)
1.    Siswa mengamati gambar percakapan Udin dan Edo dengan teliti (mengamati).

RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 2

2.    Bertanya jawab tentang percakapan yang diamati (menanya dan menalar).
3.    Siswa membaca teks percakapan Udin dan Edo (mengamati).
4.    Siswa diarahkan menemukan makna dari isi teks percakapan yang dibaca.
5.    Siswa membuat pertanyaan dalam bentuk kartu dari teks percakapan yang telah dibaca (menalar).
6.    Siswa saling menukarkan pertanyaan yang dibuatnya kepada temannya (menanya).
7.    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan temannya (menalar).
8.    Siswa membaca teks bacaan tentang hidup rukun (mengamati).
9.    Siswa mengidentifikasi keberagaman fisik teman bermain di sekitar rumah dari teks bacaan yang dibaca (menalar).
10.    Siswa mengamati gambar tentang gerakan manipulative (mengamati).

RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 2

11.    Siswa mengidentifikasi pola gerakan manipulatif yang ada pada gambar (menalar).
12.    Siswa menyimak penjelasan guru melakukan sebuah permainan untuk melakukan pola gerakan dasar manipulative dalam berbagai bentuk permainan (mengomunikasikan).
13.    Guru menentukan batas lokasi permainan, misalnya membuat batas persegi panjang yang disesuaikan dengan lapangan bermain.
14.    Siswa melakukan gerakan menirukan kucing berjalan sambil mendengarkan aba-aba guru menyebutkan angka. Misalnya, guru menyebutkan angka 2, maka siswa harus berjalan menirukan kucing sambil mencari dua teman.
15.    Jika ada yang tidak berhasil mencari teman sejumlah bilangan yang disebut guru, maka siswa tersebut diminta untuk menyanyi.
16.    Siswa melakukan permainan menirukan kucing berjalan dari petunjuk guru (mencoba).
17.    Siswa mengamati gambar anak-anak dengan keberagaman fisik (mengamati).
18.    Siswa melengkapi tabel identifikasi keberagaman fisik teman bermain di sekitar rumah (mencoba).
19.    Siswa mengamati gambar yang memuat sebuah bilangan (mengamati).
20.    Siswa membaca lambang bilangan yang diamati (mengamati).
21.    Siswa mengamati gambar blok dienes bilangan yang dibaca (mengamati).
22.    Siswa membaca lambang bilangan yang ada pada bukunya (mengamati).
23.    Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan cerita pada teks bacaan (mengamati).
24.    Siswa membuat pola-pola bilangan sederhana pada lembar kerja yang terdapat di bukunya (mencoba).
25.    Siswa memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang dibuat tentang pola-pola bilangan.
26.    Siswa membaca teks tentang pola-pola bilangan (mengamati).
27.    Siswa diarahkan menemukan berbagai pola bilangan berdasarkan soal yang diberikan (menalar).
28.    Siswa menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan pola bilangan melalui permainan yang diberikan (menalar dan mencoba).
29.    Siswa membaca teks bacaan tentang pengamalan bermain di rumah temannya (mengamati).
30.    Siswa mengamati gambar seri (mengamati).
31.    Siswa mengurutkan gambar seri (mencoba).
32.    Bertanya jawab tentang gambar seri (menalar dan mengomunikasikan).
33.    Siswa menjawab pertanyaan sesuai gambar dan teks bacaan yang dibaca (menalar).
34.    Siswa diarahkan menyimpulkan teks bacaan dengan bahasa sendiri (mengomunikasikan).
35.    Siswa melengkapi teks cerita rumpang (menalar)
36.    Siswa menceritakan pengalamannya dari cerita rumpang yang dilengkapinya (mencoba).
37.    Siswa diminta menuliskan nama teman di sekitar rumahnya.
38.    Siswa dibimbing jika tidak tahu asal suku bangsanya, misalnya dapat diketahui berdasarkan nama marganya.
39.    Jika data itu belum diketahui, mintalah siswa untuk melengkapinya sebagai tugas rumah agar dapat bertanya kepada orang tua.
40.    Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
41.    Menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri.
PENGAYAAN
  1. Guru menugaskan siswa ditugaskan melengkapi pola bilangan dari beberapa deret bilangan yang lain.
  2. Guru menugaskan siswa menemukan contoh-contoh hidup rukun dalam keberagaman teman di lingkungan sekitar dan menceritakannya.
  3. Guru juga menugaskan siswa menemukan keberagaman teman di sekitar rumah berdasarkan suku bangsa.
  4. Guru menugaskan siswa melakukan permainan manipulative dalam berbagai permainan yang lain.
REMEDIAL
  1. Guru membimbing siswa yang masih kesulitan melengkapi berbagai pola bilangan.
  2. Guru mengulas kembali tentang contoh-contoh hidup rukun dalam keberagaman teman di sekitar rumah bagi siswa yang belum paham.
  3. Guru mengulas kembali materi tentang menemukan keberagaman teman dalam suku bangsa di sekitar rumah bagi siswa yang belum paham.
  4. Guru membimbing siswa kembali tentang menirukan gerakan binatang bagi siswa yang kaku mengikutinya.
Kegiatan Akhir (15 menit)
  1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
  2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
  3. Melakukan penilaian.
  4. Mengajak siswa berdo’a bersama.
  5. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
  6. Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.
H.    Pemilaian
1.    Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan 
RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 2
2.    Pengetahuan
a. Mengisi tabel ciri-ciri setiap anak berdasarkan gambar
Tes tertulis: Skor - Jumlah Soal: 6 Soal - Kunci Jawaban:
Disesuaikan dengan gambar

b. Membaca lambang bilangan - Jumlah Soal: 5 Soal - Kunci Jawaban:
1. tiga ratus lima puluh delapan
2. tiga ratus delapan puluh tujuh
3. tiga ratus sembilan
4. empat ratus tiga puluh tujuh
5. empat ratus tujuh puluh sembilan

c. Melengkapi pola bilangan - Jumlah Soal: 3 Soal - Kunci Jawaban:
1. 70, 75, 80, 85, 90
2. 85, 90, 95, 100, 105
3. 68, 73, 78, 83, 88
4. 75, 80, 85, 90, 95
5. 84, 89, 94, 99, 104

d. Membuat Pola Bilangan - Jumlah Soal: 2 - Kunci Jawaban:
Jawaban beragam (disesuaikan dengan jawaban siswa).

e. Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar kegiatan Udin dan Edo
1. Tidak
2. Gambar di saat Edo mengeluarkan krayonnya yang baru
3. Maaf Edo (Udin meminta maaf)
4. 112
5. Saling memaafkan

3.    Keterampilan
a. Bermain Menirukan Gerakan Kucing Berjalan
Penilaian: Pengamatan (Observasi)
Lembar Pengamatan Bermain Menirukan Kucing Berjalan
RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 2
Hasil Pengamatan Menirukan Gerakan Kucing Berjalan

RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 2
b. Menulis Cerita Berdasarkan Urutan Gambar
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Menulis Cerita Berdasarkan Urutan Gambar

Kriteria 4 = Baik Sekali, 3 = Baik, 3 = Cukup, 1 = Perlu Bimbingan
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
4. Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
3. Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.
2. Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
1. Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.

Kesesuaian cerita yang ditulis dengan tema dan urutan gambar
4. Seluruh isi cerita yang ditulis sesuai tema dan urutan gambar
3. Setengah atau lebih isi cerita sesuai dengan tema dan urutan gambar
2. Hampir keseluruhan cerita kurang sesuai dengan tema dan urutan gambar
1. Cerita tidak sesuai tema dan urutan gambar

Penulisan
4. Penulisan kata sudah tepat
3. Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya
2. Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
1. Seluruh kata belum tepat dalam penulisan.

Penggunaan kalimat yang efektif
4. Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang efektif
3. Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif
2. Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif
1. Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif.
RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Pembelajaran 2 4.5 5 Unknown Saturday, July 19, 2014 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah Dasar (SD) Kelas 2 - Tema 1 Hidup Rukun - Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain  - Pem...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar