RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 6

 on Wednesday, July 16, 2014  

RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 6 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan    :    SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester    :    II (dua) /1 (satu) - Tema/ST/PB    :    1. Hidup Rukun/1. Hidup Rukun di Rumah/6 (enam) - Alokasi Waktu    :    1 x pertemuan (5 x 35 menit).

A.    Kempetensi Inti
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD:
1.    3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
2.    4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator:
1.    3.5.5 Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
2.    3.5.6 Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
3.    4.5.3 Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.

Muatan Pelajaran Matematika
KD
1.    3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
2.    4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari 100.
Indikator:
1.    3.1.3 Membaca lambang bilangan sampai 500.
2.    3.1.8 Membilang loncat.
3.    4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.

Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1.    3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
2.    4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

Indokator:
1.    3.3.4 Menunjukkan keberagamaan anggnota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
2.    4.3.3 Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.

Muatan Pelajaran SBDP
KD:
1.    3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
2.    4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

Indikator:
1.    3.2.4 Menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis.
2.    4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
2.    Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
3.    Dengan mengamati gambar dan tabel cara membaca lambang bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan samapai 500 dengan teliti.
4.    Dengan berdiskusi, siswa dapat menunjukkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat yang dimiliki dengan santun dan percaya diri.
5.    Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan bahasa yang santun.
6.    Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan akibat tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan bahasa yang santun.
7.    Dengan bertepuk tangan, siswa dapat menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis dengan teliti.
8.    8. Dengan menyanyikan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung”, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan teliti dan percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran
1.    Manfaat hidup rukun
2.    Akibat tidak hidup rukun
3.    Permintaan maaf
4.    Lambang bilangan sampai 500
5.    Sifat anggota keluarga
6.    Kerjasama
7.    Pola irama musik ritmis

E.    Metode Pembelajaran
1.    Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2.    Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3.    Model: DL, PBL

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media:
a.    Teks cerita rumpang “Berwisata ke Kebun Binatang”.
b.    Gambar dan tabel cara membaca lambang bilangan.
c.    Teks lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung”.

2.    Alat: -
3.    Sumber belajar:
-    Irene Maria J. Astuti, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahukuan (10 menit)1.    Guru mengucapkan salam
2.    Siswa menjawab salam
3.    Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4.    Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
5.    Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
6.    Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
7.    Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
-    Kemarin kita sudah banyak belajar tentang bagaimana gerakan pohon ketika tertiup angin, nah sekarang, bagaimana jika yang tertiup angin itu binatang? Misalnya ayam.
8.    Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
-    Hewan itu banyak sekali macamnya, coba sebutkan hewan selain ayam!
-    Kita bisa melihat hewan yang bermacam-macam itu di mana ya?
-    Selain di kebun binatang, apakah di hutan juga banyak hewannya? Kalau di gunung?

Kegiatan Inti (150 menit)
RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 6
 
1.    Siswa mengamati teks rumpang “Berwisata ke Kebun Binatang” (mengamati).
2.    Siswa melengkapi teks rumpang tersebut dengan kata-kata yang tersedia (menalar).
3.    Siswa membaca nyaring teks rumpang yang telah dilengkapi dengan intonasi yang benar (mengomunikasikan).
4.    Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan bilangan yang terdapat pada teks (mengamati).
5.    Siswa menyebutkan pola yang membentuk barisan bilangan yang telah diamati (menalar).
6.    Siswa mengamati sebuah barisan bilangan dengan pola yang bervariasi (mengamati).
7.    Siswa menyebutkan pola yang membentuk barisan bilangan yang telah diamati (manalar).
8.    Siswa melengkapi barisan bilangan mengikuti pola variasi (+2 +3 +2 +3) (menalar).
9.    Siswa mencari sebuah tiket bekas dengan meminta bantuan ayah, ibu, atau saudara dengan bahasa yang santun (mengamati).
10.    Siswa melaporkan isi tiket sesuai contoh yang ada pada buku siswa. (mengomunikasikan).
11.    Siswa mengamati nomor tiket masuk ke kebun binatang (mengamati).
12.    Siswa mengamati gambar kubus satuan, kemudian membacakan lambang bilangan berdasarkan gambar yang diamati (mengamati).
13.    Siswa membaca lambang bilangan yang ada pada tabel dengan teliti (mengomunikasikan).
14.    Siswa dibagi ke dalam kelompok yang terdiri dari 3 – 5 siswa.
15.    Siswa mendiskusikan jawaban dari pertanyaan tentang keinginan udin pergi ke kebun binatang dengan bahasa yang santun (menalar).
16.    Dari kegiatan diskusi yang dilakukan, siswa menyimpulkan manfaat hidup rukun (mengomunikasikan).
17.    Siswa memperhatikan instruksi yang terdapat pada gambar tepuk tangan (mengamati).
18.    Siswa menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis dengan bertepuk tangan. (mengomunikasikan).
19.    Siswa menyanyikan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” sambil bertepuk tangan (mencoba).
20.    Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” (menalar).

PENGAYAAN
1.    Siswa ditugaskan melengkapi beberapa barisan bilangan mengikuti pola tertentu.
2.    Siswa ditugaskan melengkapi teks rumpang tentang hidup rukun.
3.    Tanya jawab tentang keberagaman karakter/sifat dalam keluarga.
4.    Siswa secara bersama-sama menyanyikan beberapa lagu anak-anak sambil bertepuk tangan.

REMEDIAL
1.    Guru membimbing siswa yang belum mampu melengkapi beberapa barisan bilangan mengikuti pola tertentu.
2.    Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam melengkapi teks rumpang tentang hidup rukun.
3.    Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam menjelaskan keberagaman karakter/sifat dalam keluarga.
4.    Guru membimbing siswa yang belum tepat dalam menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis.

Kegiatan Akhir (15 menit)
1.    Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2.    Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3.    Melakukan penilaian.
4.    Mengajak siswa berdo’a bersama.
5.    Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6.    Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.

H.    Pemilaian
1.    Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
2.    Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Melengkapi teks rumpang
Jumlah Soal: 6 Soal - Skor maksimal: 6 - Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1. Bangun
2. Bekal
3. Macet
4. Mobil
5. Tiket
6. Bernomor

b. Melengkapi barisan bilangan
Jumlah Soal: 5 Soal - Skor maksimal: 100 - Skor setiap jawaban: 20
Kunci Jawaban
1. 27, 29, 32, 34, 37
2. 30, 32, 35, 37, 40
3. 36, 38, 41, 43, 46
4. 35, 37, 40, 42, 45
5. 41, 43, 46, 48, 51

c. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung
Jumlah Soal: 3 Soal - Skor maksimal: 3 - Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1. Ke puncak gunung
2. Mendaki gunung
3. Pohon Cemara

3. Keterampilan
a. Membaca lambang bilangan
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik membaca lambang bilangan

Kriteria 4 = Baik Sekali, 3 = Baik, 3 = Cukup, 1 = Perlu Bimbingan

Kemampuan membaca lambang bilangan.
4. Membaca dengan tepat dan lancar.
3. Membaca dengan tepat, tetapi kurang lancar.
2. Pembacaan kurang tepat.
1. Belum mampu membaca.

Volume suara
4. Volume suara keras dan jelas.
3. Volume suara jelas.
2. Volume suara kurang jelas.
1. Suara sangat pelan dan tidak jelas.

b. Diskusi tentang hidup rukun
Penilaian: unjuk kerja

Rubrik diskusi tentang hidup rukun
Kriteria 4 = Baik Sekali, 3 = Baik, 3 = Cukup, 1 = Perlu Bimbingan

Kemampuan menjawab pertanyaan.
4. Seluruh pertanyaan dijawab dengan benar.
3. Ada 1 pertanyaan yang dijawab dengan tidak tepat.
2. Lebih dari 1 pertanyaan yang dijawab dengan tidak tepat .
1. Tidak mampu menjawab semua pertanyaan.

Kemampuan membuat kesimpulan.
4. Simpulan singkat dan mewakili isi teks.
3. Simpulan agak panjang dan mewakili isi teks.
2. Simpulan kurang mewakili isi teks.
1. Simpulan tidak sesuai dengan teks.

c. Bernyanyi dengan bertepuk tangan
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian bernyanyi dengan bertepuk tangan

Kriteria 4 = Baik Sekali, 3 = Baik, 3 = Cukup, 1 = Perlu Bimbingan

Penguasaan lagu
4. Siswa hafal seluruh syair lagu, irama tepat.
3. Siswa hafal seluruh syair lagu, irama kurang tepat atau sebaliknya.
2. Siswa hafal sebagian kecil syair lagu.
1. Siswa belum hafal syair lagu.

Kemampuan bertepuk sesuai irama lagu.
4. Siswa mampu bertepuk sesuai irama lagu.
3. Siswa mampu bertepuk sesuai irama pada setengah lagu atau lebih.
2. Siswa mampu bertepuk sesuai irama pada kurang dari setengah lagu.
1. Belum mampu bertepuk sesuai irama lagu.
RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 6 4.5 5 Unknown Wednesday, July 16, 2014 RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 6 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan    ...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar