Sebutkan Organisasi Politik Bentukan Jepang pada Masa Penjajahan!

 on Friday, October 23, 2015  

Ok Clas - Sebutkan Organisasi Politik Bentukan Jepang pada Masa Penjajahan! - Jepang menyadari bahwa untuk dapat mempertahankan daerah pendudukan yang begitu luas, maka Jepang harus melakukan usaha di berbagai bidang yaitu bidang sosial dan militer, ekonomi, dan politik.

Salah satunya adalah di bidang politik berikut ini.

Usaha di Bidang Politik

Untuk menarik simpati rakyat Indonesia, maka Jepang berusaha membentuk organisasi politik. Adapun organisasi-organisasi tersebut antara lain seperti berikut.

Organisasi Tiga A

Sebutkan Organisasi Politik Bentukan Jepang pada Masa Penjajahan!

Istilah Tiga A merupakan singkatan dari Nippon Cahaya Asia, Nippon Pelindung Asia, Nippon Pemimpin Asia, ketuanya M. Samsudin. Tujuannya untuk menanamkan kepercayaan rakyat bahwa Jepang adalah pelindung dan pemimpin Asia.

Pusat Tenaga Rakyat (Putera)

Organisasi ini dibentuk pada tanggal 1 Maret 1943. Pemimpinnya disebut Empat Serangkai yaitu Ir. Sukarno, Drs. Moh. Hatta, K.H. Mas Mansyur dan Ki Hajar Dewantoro.

Chuo Sangi In (Badan Pertimbangan)

Atas anjuran Perdana Menteri Jenderal Tojo pada tanggal 5 September 1943 dibentuk Chuo Sangi In. Organisasi ini bertugas memberi masukan dan pertimbangan bagi pemerintah Jepang dan diketuai oleh Ir. Sukarno. Organisasi Tiga A dan Putera dimanfaatkan para tokoh nasional untuk mencapai kemerdekaan. Mereka bersedia menjadi pemimpin Putera dengan pertimbangan berikut:
  1. Mereka dapat membela rakyat agar terhindar dari kekejaman Jepang.
  2. Mereka dapat menggembleng semangat rakyat.
Sebutkan Organisasi Politik Bentukan Jepang pada Masa Penjajahan! 4.5 5 Unknown Friday, October 23, 2015 Ok Clas - Sebutkan Organisasi Politik Bentukan Jepang pada Masa Penjajahan! - Jepang menyadari bahwa untuk dapat mempertahankan daerah pend...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar