Sebutkan 2 Perjanjian Penting Pasca Perang Dunia 2!

 on Monday, October 19, 2015  

Ok Clas - Sebutkan 2 Perjanjian Penting Pasca Perang Dunia 2! - Perang Dunia 2 menyisakan banyak sekali kejadian, di antaranya adalah beberapa perjanjian antar negara yang berperang.

Di antara perjanjian penting pasca Perang Dunia II adalah:
- antara Sekutu dan Jerman serta
- antara Sekutu dan Jepang

Adapun perjanjian-perjanjian tersebut adalah sebagai berikut:

Perjanjian Postdam Tahun 1945 (Sekutu-Jerman)

Perjanjian tersebut oleh pihak Sekutu ditentukan oleh Truman (Amerika serikat), Stalin (Uni Soviet), dan Atlee (Inggris). Isi perjanjian antara lain:

Sebutkan 2 Perjanjian Penting Pasca Perang Dunia 2!

  1. Jerman dibagi dalam empat daerah pendudukan, yaitu Jerman Timur oleh Rusia sedangkan Jerman Barat oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis.
  2. Kota Berlin yang terletak di tengah-tengah daerah pendudukan Rusia juga diduduki, Berlin Timur diduduki oleh Rusia dan Berlin Barat oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis.
  3. Danzig, Jerman di sebelah timur Sungai Order, dan Niesse diberikan kepada Polandia.
  4. Demiliterisasi dari Jerman.
  5. Penjahat perang (crime war) dihukum.
  6. Jerman harus membayar ganti kerugian perang.
Perjanjian San Francisco tahun 1951 (Sekutu-Jepang)

Isi perjanjian tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Kepulauan Jepang diperintah oleh tentara pendudukan Amerika Serikat.
  2. Daerah hasil ekspansi Jepang dikembalikan, Kepulauan Kurilen dan Sakhalin Selatan diserahkan kepada Rusia, Mansyuria, dan Taiwan kepada Cina, Kepulauan Jepang di Pasifik kepada Amerika Serikat. Korea dibagai menjadi dua, di bagian utara diduduki Rusia dan di selatan oleh Amerika Serikat.
  3. Penjahat perang harus dihukum.
  4. Jepang harus membayar kerugian perang. Sejumlah menteri Jerman seperti Von Ribbentrop, Goering, Gobbels, dan Perdana Menteri Jepang Hideki Tojo diadili sebagai penjahat perang dan dijatuhi hukuman gantung.
Sebutkan 2 Perjanjian Penting Pasca Perang Dunia 2! 4.5 5 Unknown Monday, October 19, 2015 Ok Clas - Sebutkan 2 Perjanjian Penting Pasca Perang Dunia 2! - Perang Dunia 2 menyisakan banyak sekali kejadian, di antaranya adalah beber...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar