Jelaskan Secara Singkat Terjadinya Perang Dunia 2!

 on Saturday, October 24, 2015  

Ok Clas - Jelaskan Secara Singkat Terjadinya Perang Dunia 2! - Perang Dunia II meletus pada tahun 1939-1945. Sebab khusus PD II di Eropa adalah pada tanggal 1 September 1939 Jerman menyerang Polandia, sebuah negara di bawah pengawasan Liga Bangsa-Bangsa. Sedangkan sebab khusus PD II di Pasifik adalah tanggal 8 September 1941 Jepang menyerang pangkalan angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Teluk Mutiara (Hawaii).

Perang Dunia II diakhiri dengan Perjanjian Postdam antara Sekutu-Jerman pada tahun 1945 dan Perjanjian San Fransisco antara Sekutu- Jepang pada tahun 1951. Akibat PD II meliputi bidang politik, ekonomi, sosial, dan rohani.

Masa pendudukan Jepang di Indonesia diawali dengan ditandatanganinya Perjanjian Kalijati pada tanggal 8 Maret 1942. Perjanjian tersebut sebagai tanda berakhirnya penjajahan Belanda di Indonesia. Jepang menjajah Indonesia hanya selama 3,5 tahun, namun cukup membuat rakyat sangat menderita dan sengsara. Kebijakan pemerintah Jepang yang membuat rakyat Indonesia menderita antara lain romusha, kerja rodi.

Jelaskan Secara Singkat Terjadinya Perang Dunia 2!

Sebagai upaya untuk menarik simpati rakyat Indonesia, maka Jepang membentuk organisasi-organisasi, misalnya: Fujinkai, Peta, Heiho, Tiga A, Putera, dan Chuo Sangi In. Akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945. Dengan demikian berakhirlah penjajahan Jepang di Indonesia.

Apapun alasannya Perang Dunia II tidak membawa manfaat bagi hajat hidup orang banyak. Ternyata perang telah membawa kerugian baik harta, benda, bahkan nyawa. Kita semua harus cinta damai, karena damai itu indah.

Penjajahan mengakibatkan penderitaan, sedangkan penderitaan menimbulkan kesadaran untuk berjuang meraih kemerdekaan. Sekarang bangsa kita sudah merdeka, maka kita sebagai warga negara harus mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya.

Tugas generasi muda penerus cita-cita bangsa adalah harus berusaha mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya sesuai bidang yang ditekuni sehingga dapat mewujudkan cita-cita luhur para pendahulu kita.
Jelaskan Secara Singkat Terjadinya Perang Dunia 2! 4.5 5 Unknown Saturday, October 24, 2015 Ok Clas - Jelaskan Secara Singkat Terjadinya Perang Dunia 2! - Perang Dunia II meletus pada tahun 1939-1945. Sebab khusus PD II di Eropa ad...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar