Berikut ini Soal UTS Kelas 2 SD Semester I Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 3 Hidup Rukun di Sekolah Tahun Pelajaran 2014/2015 - PEMERINTAH KABUPATEN KEBUMEN - DINA PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA - UPTD KECAMATAN ADIMULYO - SD NEGERI TAMBAHARJO - ULANGAN TENGAH SEMESTER I - TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Tema : 1 Hidup Rukun
Sub Tema : 3 Hidup Rukun di Sekolah
Kelas : II
Hari/Tanggal :
Waktu :
Petunjuk Umum:
1. Berdo’alah sebelum kamu menjawab soal di bawah ini!
2. Tulislah namamu di sudut kanan atas!
3. Bacalah setiap soal dengan teliti!
4. Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap mudah!
5. Telitilah kembali jawabanmu sebelum diserahkan kepada Bapak/Ibu Guru!
Kerjakanlah!
Tema : 1 Hidup Rukun
Sub Tema : 3 Hidup Rukun di Sekolah
Kelas : II
Hari/Tanggal :
Waktu :
Petunjuk Umum:
1. Berdo’alah sebelum kamu menjawab soal di bawah ini!
2. Tulislah namamu di sudut kanan atas!
3. Bacalah setiap soal dengan teliti!
4. Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap mudah!
5. Telitilah kembali jawabanmu sebelum diserahkan kepada Bapak/Ibu Guru!
Kerjakanlah!
1. Yang dilakukan Udin dan Beni pada gambar di samping adalah ....
a. Menikmati bekal bersama
b. mengerjakan tugas
c. bermain
2. Teks cerita:
Bekal makanan yang dibawa Udin disiapkan oleh ibu. Ibu berpesan kepada Udin agar mau berbagi dengan teman di sekolah. Berbagi bekal merupakan contoh hidup rukun di sekolah.
Sikap hidup rukun yang dicontohkan Udin dan Beni pada teks cerita di atas adalah ....
a. Belajar bersama
b. Bermain bersama
c. Berbagi bekal
3. Peramah dan Sopan - 2/4 Ciptaan: Pak Dal
Bukan yang congkak
Bukan yang sombong
yang disayangi handai dan taulan.
Hanya anak yang tak pernah bohong.
Rajin bekerja, peramah, dan sopan.
Contoh sikap hidup rukun pada teks lagu di atas adalah ....
a. congkak
b. sopan
c. sombong
a. Menikmati bekal bersama
b. mengerjakan tugas
c. bermain
2. Teks cerita:
Bekal makanan yang dibawa Udin disiapkan oleh ibu. Ibu berpesan kepada Udin agar mau berbagi dengan teman di sekolah. Berbagi bekal merupakan contoh hidup rukun di sekolah.
Sikap hidup rukun yang dicontohkan Udin dan Beni pada teks cerita di atas adalah ....
a. Belajar bersama
b. Bermain bersama
c. Berbagi bekal
3. Peramah dan Sopan - 2/4 Ciptaan: Pak Dal
Bukan yang congkak
Bukan yang sombong
yang disayangi handai dan taulan.
Hanya anak yang tak pernah bohong.
Rajin bekerja, peramah, dan sopan.
Contoh sikap hidup rukun pada teks lagu di atas adalah ....
a. congkak
b. sopan
c. sombong
4. Anak perempuan pada gambar di samping jumlahnya lebih ... daripada anak laki-laki.
5. Lengkapilah barisan bilangan dengan pola +7 di bawah ini dengan teliti!
40 ... 54 61 68
6. Anak ramah dan sopan mempunyai banyak teman.
Tulislah kalimat di atas dengan tegak bersambung!
7. Pada saat istirahat, sebaiknya bermain di ....
a. dalam kelas
b. halaman sekolah
c. jalan raya
5. Lengkapilah barisan bilangan dengan pola +7 di bawah ini dengan teliti!
40 ... 54 61 68
6. Anak ramah dan sopan mempunyai banyak teman.
Tulislah kalimat di atas dengan tegak bersambung!
7. Pada saat istirahat, sebaiknya bermain di ....
a. dalam kelas
b. halaman sekolah
c. jalan raya
8. Gambar di samping menunjukkan bahwa anak-anak hidup ....
a. rukun
b. bermusuhan
c. saling membenci
25 33 41 ... 57
9. Titik-titik pada barisan bilangan dengan pola +8 di atas harus diisi dengan angka ....
a. 47
b. 48
c. 49
a. rukun
b. bermusuhan
c. saling membenci
25 33 41 ... 57
9. Titik-titik pada barisan bilangan dengan pola +8 di atas harus diisi dengan angka ....
a. 47
b. 48
c. 49
10. Pada gambar di samping, yang dilakukan oleh para siswa adalah ....
11. Jika pekerjaan pada gambar soal nomor 10 tidak dilakukan bersama-sama akibatnya adalah ....
12. Urutkan bilangan-bilangan berikut dari terbesar hingga terkecil!
289 | 256 | 278 | 267 | 279
... ... ... ... ...
13. Joko: “... mana asalmu Asep?”
Asep: “Saya berasal dari Sunda”
a. dari
b. di
c. ke
14. Jika di kelas ada anak yang dari suku lain, kalian harus ....
a. Membenci
b. Hidup rukun
c. Tidak mau berteman
11. Jika pekerjaan pada gambar soal nomor 10 tidak dilakukan bersama-sama akibatnya adalah ....
12. Urutkan bilangan-bilangan berikut dari terbesar hingga terkecil!
289 | 256 | 278 | 267 | 279
... ... ... ... ...
13. Joko: “... mana asalmu Asep?”
Asep: “Saya berasal dari Sunda”
a. dari
b. di
c. ke
14. Jika di kelas ada anak yang dari suku lain, kalian harus ....
a. Membenci
b. Hidup rukun
c. Tidak mau berteman
15. Pada gambar di samping, Udin menyanyikan lagu ....
a. Bagimu Negeri
b. Hari Merdeka
c. Garuda Pancasila
16. Hidup rukun dengan sesama teman akan membuat hidup kita menjadi ....
17. Pada gambar berikut, siswa kelas II sedang melakukan ....
a. Bagimu Negeri
b. Hari Merdeka
c. Garuda Pancasila
16. Hidup rukun dengan sesama teman akan membuat hidup kita menjadi ....
17. Pada gambar berikut, siswa kelas II sedang melakukan ....
18. Semua siswa selalu menjaga kebersamaan
Salinlah kalimat di atas dengan tulisan tegak bersambung!
Salinlah kalimat di atas dengan tulisan tegak bersambung!
19. Jika melihat kejadian pada gambar di atas, kalian harus ....
a. membiarkan
b. mengejek
c. menolong
a. membiarkan
b. mengejek
c. menolong
20. pada gambar cita-cita di samping, Tiur ingin menjadi ....
a. doktrer
b. guru
c. pilot
21. Jika dengan teman sekelas kalian tidak hidup rukun, maka akibatnya saling ...
a. menyayangi
b. bertengkar
c. menghormati
44 ... 64 74 84
22. Untuk melengkapi titik-titik pada barisan bilangan dengan pola bilangan +10 di atas adalah dengan angka ....
23. Urutan gambar kubus satuan berikut dari yang terkecil adalah ....
a. doktrer
b. guru
c. pilot
21. Jika dengan teman sekelas kalian tidak hidup rukun, maka akibatnya saling ...
a. menyayangi
b. bertengkar
c. menghormati
44 ... 64 74 84
22. Untuk melengkapi titik-titik pada barisan bilangan dengan pola bilangan +10 di atas adalah dengan angka ....
23. Urutan gambar kubus satuan berikut dari yang terkecil adalah ....
24. Urutkan bilangan-bilangan di bawah ini dari terbesar ke terkecil!
423 | 421 | 424 | 422 | 425
... ... ... ... ...
423 | 421 | 424 | 422 | 425
... ... ... ... ...
Kunci Jawaban -
1. a
2. c
3. b
4. banyak
5. 47
6.
7. b
8. a
9. c
10. piket membersihkan kelas
11. tidak cepat selesai
12. 289, 279, 278, 267, 256
13. a
14. b
15. c
16. alternatif jawaban: tenteram, bahagia, senang
17. senam
18.
19. c
20. a
21. b
22. 54
23. C, B, A
24. 421, 422, 423, 424, 425
Penskoran:
1. Pilgan skor maksimal 1. 12 x 1 = 12
2. Isian skor maksimal 2. 8 x 2 = 16
3. Jawab singkat skor maksimal 3. 4 x 12 = 12
Skor Perolehan
Nilai = --------------------
Skor Maksimal
1. a
2. c
3. b
4. banyak
5. 47
6.
7. b
8. a
9. c
10. piket membersihkan kelas
11. tidak cepat selesai
12. 289, 279, 278, 267, 256
13. a
14. b
15. c
16. alternatif jawaban: tenteram, bahagia, senang
17. senam
18.
19. c
20. a
21. b
22. 54
23. C, B, A
24. 421, 422, 423, 424, 425
Penskoran:
1. Pilgan skor maksimal 1. 12 x 1 = 12
2. Isian skor maksimal 2. 8 x 2 = 16
3. Jawab singkat skor maksimal 3. 4 x 12 = 12
Skor Perolehan
Nilai = --------------------
Skor Maksimal
Tambaharjo, 1 Oktober 2014
Penyusun RINOTO
Mengetahui,
Kepala SDN Tambaharjo
RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
assalamuailkum pak, mohon maaf klw untuk kelas 1,2 4,dan 5 serta subtema 1,2,3 dan 4 apa bpk punya, jika berkenan bisakah dikirik ke email (bambang apriyatno@ymail.com) terimkasih bnyk sebelumnya
ReplyDeleteassalamuailkum pak, mohon maaf klw untuk kelas 1,2,4,5 serta subtema 1,2,3 dan 4 apa bpk punya, jika berkenan bisakah dikirik ke email bambang apriyatno@ymail.com. terimkasih bnyk sebelumnya
ReplyDeleteassalamuailkum pak, mohon maaf klw untuk kelas 1,2,4,5 serta subtema 1,2,3 dan 4 apa bpk punya, jika berkenan bisakah dikirik ke email bambang apriyatno@ymail.com. terimkasih bnyk sebelumnya
ReplyDeleteassalamuailkum pak, mohon maaf klw untuk kelas 1,2,4,5 serta subtema 1,2,3 dan 4 apa bpk punya, jika berkenan bisakah dikirik ke email bambang apriyatno@ymail.com. terimkasih bnyk sebelumnya
ReplyDelete