RPP SD Kelas 5 Tema 3 Kerukunan dalam Bermasyarakat Sub Tema 1 Hidup Rukun Pembelajaran 1

 on Wednesday, October 15, 2014  

RPP SD Kelas 5 Tema 3 Kerukunan dalam Bermasyarakat Sub Tema 1 Hidup Rukun Pembelajaran 1 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan    :    SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester    :    V (lima) /1 (satu) - Tema/ST/PB    :    3. Kerukunan dalam Bermasyarakat/1. Hidup Rukun/1 (satu) - Alokasi Waktu    :    1 x pertemuan (5 x 35 menit).

A.    Kempetensi Inti
1.    Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator

Muatan Matematika
KD dan Indikator:
1.    3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala
a.    Menjelaskan perbandingan
b.    Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan
2.    4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya
a.    Menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan.
b.    Menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
c.    Memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD dan Indikator:
1.    3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
a.    Mencari iklan tentang ekspor impor.
b.    Mengamati iklan tentang ekspor impor.
c.    Menuliskan kosakata baru yang digunakan dalam iklan dan artinya.
2.    4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
a.    Menjelaskan isi iklan
C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu mencari iklan tentang ekspor impor dengan teliti
2.    Dengan menggali informasi dari teks bacaan siswa dapat mengamati iklan tentang ekspor impor dengan cermat.
3.    Dengan mencermati sebuah iklan, siswa mampu menuliskan kosa kata baru yang digunakan dalam iklan dan mendefinisikan artinya dengan mandiri
4.    Dengan mencermati iklan dan berdiskusi siswa dapat menjelaskan isi sebuah iklan dengan percaya diri.
5.    Dengan mengolah informasi dari sebuah cerita kontekstual, siswa mampu menjelaskan tentang perbandingan dan menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan dengan cermat
6.    Dengan mencermati tabel informasi harga, siswa mampu menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan dengan percaya diri
7.    Dengan berlatih menyelesaikan soal cerita, siswa mampu memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan dan memeriksa kebenaran jawabannya dengan bertanggung jawab

D.    Materi Pembelajaran
1.    Perbandingan dan skala
2.    Teks paparan iklan

E.    Metode Pembelajaran
1.    Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2.    Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3.    Model: DL, PBL

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media:
a.    buku
b.    teks bacaan tentang ekspor dan impor
c.    isi sebuah iklan
d.    konsep perbandingan

2.    Alat: -
3.    Sumber belajar:
-    Kusumawati, H., dkk. 2014. Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V Tema 3 Kerukunan dalam Bermasyarakat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-    Kusumawati, H., dkk. 2014. Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V Tema 3 Kerukunan dalam Bermasyarakat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1.    Guru mengucapkan salam
2.    Siswa menjawab salam
3.    Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4.    Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
5.    Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
6.    Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
7.    Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan pembelajaran sebelumnya.
-    Siapa yang pernah ke pasar?
-    Siapa saja yang ada di pasar?
8.    Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
-    Apa yang mereka lakukan di pasar?
-    Ya benar menjual dan membeli.
-    Hal itu kalu dilakukan di pasar tradisional, namun jika jual beli itu dilakukan antar Negara, coba siapa yang tahu apa namanya?

Kegiatan Inti (150 menit)
1.    Langkah-Langkah Kegiatan: Mulai kegiatan dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan:
a.    Siswa mengamati kegiatan yang terdapat pada gambar.
b.    Siswa mencermati gambar dan tulisan yang terdapat pada kardus dalam gambar.
c.    Siswa mencatat semua informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan gambar. (Kegiatan Mengamati)
2.    Hasil yang diharapkan:
a.    Pengetahuan siswa tentang kegiatan ekspor dan impor barang
b.    Sikap teliti dan cermat dalam melakukan pengamatan
c.    Keterampilan siswa dalam menjawab pertanyaan.

3.    Langkah-Langkah Kegiatan:
a.    Siswa memperhatikan telepon genggam yang ditunjukkan guru dan gambar telepon genggam pada buku siswa. (Guru dapat membawa beberapa contoh gambar telepon genggam).
b.    Siswa mengamati telepon genggam atau gambar telepon genggam.
c.    Siswa menyebutkan hal-hal yang diketahui tentang telepon genggam.
d.    Siswa menuliskan pertanyaan-pertanyaan atau hal-hal yang ingin mereka ketahui berdasarkan hasil pengamatan mereka pada tabel.
e.    Siswa membuat pertanyaan menggunakan kalimat tanya yang tepat.
f.    Siswa menulis pertanyaannnya dalam kolom yang tersedia di buku siswa. (kegiatan menanya)
4.    Hasil yang diharapkan:
a.    Keterampilan dalam bertanya
b.    Sikap rasa ingin tahu dan percaya diri dalam bertanya

5.    Langkah-Langkah Kegiatan:
a.    Siswa membaca instruksi di buku siswa secara mandiri.
b.    Siswa diberi stimulus rasa ingin tahu dengan menjawab pertanyaan-pertanyan pancingan seperti: Apa arti ekspor dan impor? Mengapa suatu Negara melakukan kegiatan ekspor dan impor?
c.    Siswa mencari informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti.
d.    Siswa menggali informasi tentang manfaat ekspor dan impor dalam suatu negara.
e.    Siswa mengisi tabel di buku siswa.
6.    Hasil yang diharapkan:
a.    Pengetahuan siswa tentang manfaat kegiatan ekspor impor
b.    Keterampilan siswa dalam mencari informasi
c.    Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mencari informasi.

7.    Langkah-Langkah Kegiatan:
a.    Siswa melakukan diskusi tentang bagaimana sebuah barang ditawarkan dan dipasarkan (guru memberi bimbingan dan mengarahkan diskusi ke topik pembicaraan tentang iklan).
b.    Siswa secara mandiri mencari contoh iklan dan menempelkannya pada buku siswa atau buku tugas.
c.    Siswa mengamati contoh iklan tersebut dengan cermat dan menuliskan kosa kata yang mereka temukan dalam iklan tersebut.
d.    Siswa mendiskusikan arti kosa kata dalam iklan yang mereka temukan dan menyajikan hasil diskusinya dalam bentuk tabel.

8.    Hasil yang diharapkan:
a.    Pengetahuan siswa tentang iklan.
b.    Pengetahuan siswa tentang kosa kata yang dipakai dalam iklan.
c.    Keterampilan siswa dalam mencari informasi dan berdiskusi.
d.    Sikap kemandirian dan kecermatan siswa dalam mengerjakan tugas.

9.    Langkah-Langkah Kegiatan:
a.    Siswa mencermati dan memahami cara menuliskan perbandingan harga dua telepon genggam yang tertulis pada buku siswa.
b.    Siswa memahami berbagai kemungkinan perbandingan jika diketahui harga dua telepon genggam.

10.    Kegiatan pengembangan:
a.    Bagaimana bentuk perbandingannya jika harga telepon genggam A dan B masing-masing Rp. 2.000.000,00 dan Rp. 2.500.000,00?
b.    Ayo, Lakukan: Siswa menghitung banyak siswa laki-laki dan perempuan di kelasnya, lalu menuliskan perbandingan-perbandingan yang diminta dalam tabel.

11.    Hasil yang diharapkan:
a.    Pengetahuan siswa tentang konsep perbandingan
b.    Keterampilan siswa dalam menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan.
c.    Sikap teliti dan cermat yang terbentuk ketika membuat perbandingan dan menuliskan hasilnya.
d.    Kemandirian saat menyelesaikan tugas.

Penutup (15 menit)
1.    Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2.    Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3.    Melakukan penilaian.
4.    Mengajak siswa berdo’a bersama.
5.    Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6.    Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.

H.    Pemilaian Pembelajaran
1.    Rubrik Mengamati Gambar. Kompetensi yang dinilai:
a.    Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
b.    Keterampilan siswa dalam mengamati
c.    Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

RPP SD Kelas 5 Tema 3 Kerukunan dalam Bermasyarakat Sub Tema 1 Hidup Rukun Pembelajaran 1


No
Nama Siswa
Aspek
Isi/Pengetahuan
Sikap
Keterampilan
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
1













2













3













4













5













6













7













8













9













10













11













12













13













 
2.    Rubrik Menyelesaikan Soal Cerita Matematika
Kompetensi yang dinilai:
a.    Pengetahuan siswa tentang konsep perbandingan
b.    Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
c.    Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk memecahkan masalah.

RPP SD Kelas 5 Tema 3 Kerukunan dalam Bermasyarakat Sub Tema 1 Hidup Rukun Pembelajaran 1


No
Nama Siswa
Kriteria
Pengetahuan
Ketelitian
Keterampilan
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
1













2













3













4













5













6













7













8













9













10













11













12













13













 
Refleksi:
1.    Guru meminta siswa menyebutkan materi pelajaran pada hari itu.
2.    Guru meminta siswa menyebutkan materi hari itu yang kurang dimengerti

PENGAYAAN
1.    Analisalah peryantaan berikut: “Jumlah ekspor suatu negara mempengaruhi jumlah pendapatan negara.”
2.    Amatilah lingkungan sekitarmu. Temukan 3 contoh perbandingan.

REMEDIAL
1.    Apakah yang dimaksud ekspor itu?
2.    Apakah yang dimaksud dengan import itu?
3.    Bagaimanakah bentuk perbandingannya jika harga sepatu A Rp. 100.000,- dan sepatu B Rp. 150.000,-?

Tambaharjo, 18 Oktober 2014
Guru Kelas V

SUPRIJONO
NIP. 19691111 200801 1 014

Mengetahui,
Kepala Sekolah

RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
RPP SD Kelas 5 Tema 3 Kerukunan dalam Bermasyarakat Sub Tema 1 Hidup Rukun Pembelajaran 1 4.5 5 Unknown Wednesday, October 15, 2014 RPP SD Kelas 5 Tema 3 Kerukunan dalam Bermasyarakat Sub Tema 1 Hidup Rukun Pembelajaran 1 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendi...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar