RPP SD Kelas 2 Tema 3 Tugasku Sehari Hari Sub Tema 1 Tugasku Sehari Hari di rumah Pembelajaran 1 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan : SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester : II (dua) /1 (satu) - Tema/ST/PB : 3. Tugasku Sehari Hari/1. Tugasku Sehari Hari di Rumah/1 (satu) - Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (5 x 35 menit)
A. Kempetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Muatan Matematika
KD:
1. 3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
2. 4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya..
Indikator:
1. 3.5.1 Menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu.
2. 4.5.1 Menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam.
Muatan Pelajaran SBDP
KD:
1. 3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
2. 4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam..
Indikator:
1. 3.3.1 Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
2. 4.11.1 Menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung atau melalui media..
Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1. 3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
2. 4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
Indikator:
1. 3.2.1 Menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2. 3.2.2 Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3. 4.2.1 Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD
1. 3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
2. 4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
1. 3.3.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan anggota keluarga.
2. 4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati teks bacaan “Tugasku di Pagi Hari”, siswa dapat menyebutkan kegiatan pada pagi hari dengan percaya diri.
2. Dengan menanya teman sebangku, siswa dapat menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan disiplin.
3. Dengan menanya teman sebangku, siswa dapat menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
4. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan cermat.
5. Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala dengan percaya diri.
6. Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan badan dengan percaya diri.
7. Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan tangan dengan percaya diri.
8. Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan kaki dengan percaya diri.
9. Dengan melakukan gerakan yang telah dipelajari, siswa dapat berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan disiplin.
10. Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu secara cermat.
11. Dengan memperhatikan gambar jam, siswa dapat menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam dengan disiplin.
12. Dengan menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan anggota keluarga dengan disiplin.
13. Dengan memperhatikan gambar tentang kegiatan Siti, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara cermat.
D. Materi Pembelajaran
1. Satuan waktu
2. Bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari
3. Aturan di rumah
4. Kegiatan di rumah
E. Metode Pembelajaran
1. Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2. Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3. Model: DL, PBL
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Gambar Siti menyapu kamar.
b. Tabel wawancara tugas teman di rumah.
c. Gambar Siti melakukan gerakan.
d. Jam analog.
e. Gambar jam.
f. Gambar kegiatan Siti di rumah.
2. Alat: -
3. Sumber belajar:
- Taufina, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 2 “Bermain di Lingkunganku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1. Guru mengucapkan salam
2. Siswa menjawab salam
3. Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4. Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
5. Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
6. Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
7. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan pembelajaran sebelumnya.
- Apa yang kalian lakukan di rumah setelah pulang sekolah?
- Pernahkah kalian membantu orang tua di rumah?
8. Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
- Kegiatan apa saja yang orang tuamu lakukan di rumah?
Kegiatan Inti (150 menit)
A. Kempetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Muatan Matematika
KD:
1. 3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
2. 4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya..
Indikator:
1. 3.5.1 Menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu.
2. 4.5.1 Menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam.
Muatan Pelajaran SBDP
KD:
1. 3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
2. 4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam..
Indikator:
1. 3.3.1 Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
2. 4.11.1 Menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung atau melalui media..
Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1. 3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
2. 4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
Indikator:
1. 3.2.1 Menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2. 3.2.2 Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3. 4.2.1 Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD
1. 3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
2. 4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
1. 3.3.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan anggota keluarga.
2. 4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati teks bacaan “Tugasku di Pagi Hari”, siswa dapat menyebutkan kegiatan pada pagi hari dengan percaya diri.
2. Dengan menanya teman sebangku, siswa dapat menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan disiplin.
3. Dengan menanya teman sebangku, siswa dapat menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
4. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan cermat.
5. Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala dengan percaya diri.
6. Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan badan dengan percaya diri.
7. Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan tangan dengan percaya diri.
8. Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan kaki dengan percaya diri.
9. Dengan melakukan gerakan yang telah dipelajari, siswa dapat berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan disiplin.
10. Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu secara cermat.
11. Dengan memperhatikan gambar jam, siswa dapat menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam dengan disiplin.
12. Dengan menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan anggota keluarga dengan disiplin.
13. Dengan memperhatikan gambar tentang kegiatan Siti, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara cermat.
D. Materi Pembelajaran
1. Satuan waktu
2. Bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari
3. Aturan di rumah
4. Kegiatan di rumah
E. Metode Pembelajaran
1. Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2. Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3. Model: DL, PBL
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Gambar Siti menyapu kamar.
b. Tabel wawancara tugas teman di rumah.
c. Gambar Siti melakukan gerakan.
d. Jam analog.
e. Gambar jam.
f. Gambar kegiatan Siti di rumah.
2. Alat: -
3. Sumber belajar:
- Taufina, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 2 “Bermain di Lingkunganku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1. Guru mengucapkan salam
2. Siswa menjawab salam
3. Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4. Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
5. Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
6. Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
7. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan pembelajaran sebelumnya.
- Apa yang kalian lakukan di rumah setelah pulang sekolah?
- Pernahkah kalian membantu orang tua di rumah?
8. Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
- Kegiatan apa saja yang orang tuamu lakukan di rumah?
Kegiatan Inti (150 menit)
1. • Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti menyapu di kamar dengan cermat.
2. • Siswa mengamati gambar Siti menyapu di kamar (mengamati).
3. • Siswa membaca teks “Tugasku di Pagi Hari” (mengamati).
4. • Siswa memperhatikan gambar Siti melakukan beberapa gerakan (mengamati).
5. • Siswa menanya tentang gambar Siti menyapu di kamar (menanya).
6. • Siswa menanya tentang tugas siswa di rumah (menanya).
7. • Siswa menyebutkan kegiatan Siti di pagi hari.
8. • Siswa bertanya kepada beberapa temannya tentang tugas temannya di rumah setiap pagi dan menuliskan di kolom yang telah disediakan di buku siswa (menanya).
9. • Siswa menyebutkan beberapa aturan yang berlaku berkaitan dengan tugas teman dalam kehidupan seharihari di rumah (mengasosiasi).
10. • Siswa menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengomunikasikan).
11. • Guru membimbing siswa untuk mempraktikkan beberapa tugas yang dilakukan di rumah ke depan kelas secara bergantian dengan percaya diri.
12. • Siswa mempraktikkan beberapa tugas yang dilakukan di rumah ke depan kelas secara bergantian (mengomunikasikan).
13. • Siswa mengingat kembali gerakan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah seperti gerakan setelah bangun tidur (mengasosiasi).
14. • Siswa mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari (mengasosiasi).
15. • Guru membimbing siswa untuk menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala dengan disiplin.
16. • Siswa menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala (mengumpulkan informasi).
17. • Siswa menirukan gerakan bermain melalui gerakan badan (mengumpulkan informasi).
18. • Siswa menirukan gerakan bermain melalui gerakan tangan (mengumpulkan informasi).
19. • Siswa menirukan gerakan bermain melalui gerakan kaki (mengumpulkan informasi).
20. • Siswa berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengumpulkan informasi).
21. • Siswa menulis yang dirasakannya ketika bangun tidur setelah melakukan gerakan kepala, badan, tangan, dan kaki (mengomunikasikan).
22. • Siswa menulis perbedaan antara melakukan gerakan sesudah bangun tidur dengan tidak melakukan gerakan (mengasosiasi).
23. • Siswa menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu (mengomunikasikan).
24. • Siswa memperhatikan gambar jam analog (mengamati).
25. • Siswa menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam (mengumpulkan informasi).
26. • Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan anggota keluarga pada waktu tertentu (mengumpulkan informasi).
27. • Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat (mengomunikasikan).
Penutup (15 menit)
1. Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3. Melakukan penilaian.
4. Mengajak siswa berdo’a bersama.
5. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6. Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.
H. Pemilaian Pembelajaran
1. Penilain Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan
No Nama Siswa Perubahan Tingkah Laku
Cermat Percaya Diri Bertanggjawab
BT MT MB SM BT MT MB SM BT MT MB SM
1 Ahmad Mujib
2 Mahmud
3 Azam Fajri
4 Bayu Ramadani
5 Devi Tri Widiastuti
6 Eko Satria
7 Fiddotun Nur Saputri
8 Imam Nur Hidayah
9 Mohamad Rois Fauzi
10 Nadia Citra Nariswari
11 Najwa Putri R.
12 Nurotul Abiansyah
13 Nurul Chayati
14 Pandu Setyo Pambudi
15 Rani Vitasari
16 Retno Widiasih
17 sofa Nazilatul Khusna
18 Umni Ainur Rohmah
19 Zahra Ramadani
2. Penilaian Pengetahuan
3. Penilaian Keterampilan
Refleksi:
a. Hal-hal apa saja yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu selama pembelajaran?
....................................................................................................
b. Siswa mana saja yang perlu mendapatkan perhatian khusus?
....................................................................................................
c. Hal-hal apa saja yang menjadi catatan keberhasilan pembelajaran yang telah Bapak/Ibu lakukan?
....................................................................................................
d. Hal-hal apa saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar pembelajaran yang Bapak/ Ibu lakukan menjadi lebih efektif?
....................................................................................................
PENGAYAAN
1. Jika siswa sudah dapat melakukan berbagai gerakan dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan untuk melakukan gerakan yang lebih intensif.
2. Jika siswa sudah dapat menulis teks buku harian dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan untuk membuat teks buku harian yang lebih intensif dalam bentuk tegak bersambung.
3. Jika siswa sudah mengetahui dan memahami kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan berupa soal-soal dalam bentuk lain.
4. Jika siswa sudah dapat menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan yaitu menuliskan aturan yang berlaku di rumah pada buku latihan siswa.
REMEDIAL
1. Jika siswa masih kesulitan untuk mengamati dan melakukan gerakan, maka guru dapat memberikan latihan gerakan terbimbing dan penugasan latihan berkelompok di rumah.
2. Jika siswa masih kesulitan untuk menulis teks buku harian, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam penulisan teks buku harian yang lebih intensif.
3. Jika siswa masih kesulitan untuk mengetahui dan memahami kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu, maka guru melatih siswa dengan mengotak-atik jam analog.
4. Jika siswa masih kesulitan untuk menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah, maka guru dapat memberikan bimbingan dengan mengajukan pertanyaan yang mengarah pada aturan yang berlaku di rumah.
Tambaharjo, ... November 2014
Guru Kelas II
RINOTO
Mengetahui,
Kepala Sekolah
RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar